8 Cara Membersihkan Layar Laptop dengan Minyak Kayu Putih

Komponen layar adalah salah satu komponen penting di dalam seperangkat laptop. Bagaimana tidak penting, laptop ini ibarat “jendela” yang menghubungkan manusia sebagai pengguna dengan laptop yang memiliki komponen-komponen lainnya. Layar memang menjadi salah satu komponen penting bagi laptop yang terinstal jenis sistem operasi komputer yang antarmukanya berbasis GUI (Graphical User Interface). Eitss, ternyata laptop yang terinstal salah satu dari macam-macam sistem operasi berbasis CLI (Command Line Interface) pun membutuhkan layar untuk operasionalnya. Darimana Anda tahu laptop Anda sedang mengerjakan apa jika Anda tidak mengetahui teks perintah yang Anda ketikkan di laptop Anda? Kan gak lucu hehehe.

ads

Mengingat pentingnya fungsi layar di dalam sebuah laptop, maka layar laptop haruslah dirawat dengan baik. Untuk merawatnya, Anda harus membersihkannya secara rutin. Untuk membersihkan layar laptop, Anda harus melakukan cara-caranya dengan baik dan benar dan menghindari hal-hal tertentu. Jika Anda melakukan sedikit kesalahan, dikhawatirkan nantinya Anda malah bukan membersihkan, tetapi Anda malah membuat layar laptop Anda rusak atau berumur pendek.

Ada banyak peralatan dan cairan khusus pembersih layar laptop yang bisa Anda beli di pasaran. Namun, Anda juga bisa kok menggunakan peralatan yang mudah Anda dapatkan di rumah. Salah satunya adalah minyak kayu putih.

Yup, Anda tidak salah baca. Minyak kayu putih, minyak yang sering digunakan untuk menghangatkan badan atau untuk mengatasi masuk angin, juga bisa digunakan sebagai cairan untuk membersihkan layar laptop. Selain minyak kayu putih, Anda juga bisa menggunakan kain yang memiliki serat halus.

Lalu, bagaimana sih cara membersihkan layar laptop dengan minyak kayu putih? Nah, kali ini kami akan membahasnya untuk Anda semua. Berikut ini adalah cara-caranya:

1. Matikan Laptop

Sebelum Anda memulai membersihkan laptop, tentu saja Anda harus mematikan laptop Anda terlebih dahulu. Langkah ini akan menghindarkan Anda dari potensi terjadinya konsleting pada laptop Anda ketika proses pembersihan laptop dilakukan.

2. Jangan Sentuh Langsung Layar Laptop

Ketika proses pembersihan dilakukan, hindari untuk menyentuh langsung layar laptop Anda. Hal tersebut karena tangan Anda bisa meninggalkan jejak noda dan sidik jari pada layar laptop Anda.

3. Siapkan Kain Halus dan Minyak Kayu Putih

Siapkan kain bersih yang memiliki serat halus. Anda juga bisa menggunakan kain microfiber yang biasa digunakan untuk membersihkan lensa kacamata dan sebagai alat pembersih layar HP. Jangan menggunakan kain yang berserabut kasar karena nantinya kain ini bisa meninggalkan goresan pada layar laptop Anda. Kertas tisu bisa juga sih digunakan untuk membersihkan layar laptop. Tetapi, pilihlah kertas tisu yang halus.

Mengapa pemilihan serabut kain atau kertas tisu ini penting? Alasannya karena layar laptop, yang biasanya menggunakan teknologi LCD atau LED, dibuat dari lapisan yang sangat halus. Itu mengapa, pemakaian kertas tisu atau kain yang berserabut kasar bisa menimbulkan goresan pada permukaan layar dengan mudah. Terlebih lagi, kebanyakan kain dan tisu dibuat untuk membersihkan kotoran atau debu berukuran besar, serta tidak direkomendasikan untuk membersihkan debu pada permukaan halus.


4. Bersihkan Dulu Tanpa Minyak

Sebelum melakukan cara membersihkan layar laptop, bersihkan dahulu layar laptop Anda dari debu-debu yang ada menggunakan kain lap bersih yang halus tanpa harus ditetesi minyak kayu putih. Loh kok tanpa minyak? Prinsipnya kurang lebih sama ketika Anda mengepel lantai, dimana Anda harus menyapu dahulu lantai yang hendak dipel. Tujuannya agar nantinya debu yang terkena cairan tidak meninggalkan bekas setelah dibersihkan dengan cairan pembersih, atau dalam artikel kali ini berarti dengan minyak kayu putih.

5. Basahi Kain dengan Minyak Kayu Putih

Basahi kain halus yang sudah Anda siapkan dengan minyak kayu putih. Cara membasahinya adalah teteskan minyak kayu putih secukupnya pada sebagian kain. Ingat, jangan membasahi semua bagian kain yang akan dipakai nanti dan pastikan kain tersebut tidak lagi memiliki tetesan minyak.

6. Jangan Usapkan Langsung ke Layar Laptop

Mungkin Anda bertanya-tanya, mengapa Anda perlu meneteskan minyak kayu putih terlebih dahulu ke kain halus, padahal kan Anda bisa mengusapkan minyak kayu putih secara langsung ke layar laptop? Eitss, jangan pernah coba-coba untuk menyemprotkan cairan atau mengusapkan minyak kayu putih secara langsung ke layar laptop, meskipun itu tujuannya untuk membersihkan layar laptop dari noda. Jika Anda masih melakukannya, hal tersebut malah bisa membuat nodanya menjadi lebih sulit dibersihkan. Selain itu, mengusapkan minyak kayu putih secara langsung ke layar laptop berpotensi menambah resiko kerusakan layar laptop.

Mengapa bisa seperti itu? Memang sih Anda bisa melakukannya pada layar berteknologi CRT yang terbuat dari kaca tebal. Tetapi, masa iya sih ada laptop yang layarnya menggunakan teknologi CRT? Rasanya seiring perkembangan teknologi, hal tersebut sudah mustahil terjadi deh.

Monitor layar datar yang ada di pasaran kali ini menggunakan teknologi LCD (Liquid Crystal Display) atau LED (Liquid Emerald Display), dimana layar tersebut terdiri dari lapisan yang berbahan dasar plastik, kaca, perekat, dan elemen tampilan yang halus dan tipis. Jika Anda menggunakan minyak kayu putih atau cairan pembersih apapun itu saat membersihkan layar, cairan tersebut bisa mencapai tepi layar. Cairan tersebut bisa masuk ke bagian dalam layar dengan mudah karena melewati lubang-lubang kapiler yang tersembunyi pada layar. Hal tersebut bisa menyebabkan timbulnya area blank pada layar laptop Anda. Meskipun nantinya cairan itu nantinya akan menguap dan area yang blank akan berkurang, namun sisa kerusakannya tetap tidak bisa dihilangkan.

7. Bersihkan secara Perlahan

Oke, sekarang kita mulai masuk ke tahap pembersihan. Usapkan kain ke layar laptop Anda secara perlahan. Usahakan usapan yang Anda lakukan bergerak dalam satu arah, yaitu dari bawah ke atas. Pastikan Anda tidak menekan layar laptop Anda ketika melakukan proses pembersihan, karena tindakan ini bisa menimbulkan terjadinya kerusakan pada layar laptop Anda. Jika Anda tidak berhati-hati, Anda bisa membuat LCD laptop pecah.

8. Diamkan Laptop Beberapa Saat

Setelah layar laptop selesai dibersihkan, biarkan layar laptop dalam keadan terbuka selama beberapa saat. Tujuannya untuk mengeringkan layar laptop Anda sebelum Anda menutup kembali layar laptop. Setelah layar laptop kering, pastikan kembali tidak ada minyak kayu putih yang tersisa. Jika Anda menutup layar laptop Anda dalam kondisi layar tersebut masih tersisa minyak kayu putih, maka bisa saja laptop Anda mengalami kerusakan dan dapat menjadi salah satu penyebab laptop mati total. Oh iya, selama proses pengeringan, jangan dahulu menggunakan laptop Anda sampai layar laptop benar-benar kering.


Pada beberapa kasus, biasanya pada layar laptop terdapat bekas noda keyboard yang muncul pada layar laptop Anda. Noda tersebut biasanya cukup sulit dibersihkan dan sering dialami oleh para pengguna laptop. Nah, untuk mencegah noda tersebut muncul semakin banyak, Anda bisa memberikan sebuah kain halus yang bersih atau kain penghalang yang dapat memisahkan layar laptop dengan keyboard pada saat layar laptop ditutup.

Sekian artikel kami kali ini seputar cara membersihkan layar laptop dengan minyak kayu putih. Semoga informasi yang kami berikan pada artikel kali ini bisa membantu Anda dalam merawat laptop kesayangan Anda. Selamat mencoba.

, , , ,
Oleh :