5 Cara Memperbaiki Mouse Wireless yang Tidak Terdeteksi

Saat ini, penggunaan mouse wireless sudah semakin banyak dipakai oleh masyarakat. Gimana tidak banyak dipakai, mouse wireless adalah salah satu jenis mouse komputer yang memberikan keleluasaan kepada penggunanya untuk mengklik dan melakukan scroll halaman dokumen atau website tanpa terganggu dengan kabel yang terbelit atau berantakan. Walaupun praktis, harga mouse wireless biasanya lebih mahal daripada mouse biasa yang menggunakan kabel. Namun, hal tersebut tidak mengurangi minat masyarakat untuk membeli mouse wireless.

ads

Fungsi mouse wireless pastinya sama dengan fungsi mouse pada perangkat komputer. Perbedaan antara mouse biasa dengan mouse wireless adalah adanya perangkat yang berfungsi sebagai receiver (penerima) dan transmitter (pemancar). Transmitternya adalah mouse itu sendiri, dan receivernya adalah dongle yang dihubungkan ke port USB komputer atau laptop. Tentu saja, sebagai perangkat wireless, kelebihan dan kekurangan jaringan wireless juga dimiliki oleh mouse wireless.

Prinsip kerja mouse wireless adalah ketika mouse wireless digerakkan, sensor di dalamnya akan bekerja dan mengirimkan sinyal ke dongle yang telah dihubungkan di port USB komputer atau laptop Anda. Sinyal tersebut akan dikirimkan sebagai perintah masukan, berupa koordinat dari pointer mouse yang selanjutnya akan ditampilkan pada layar komputer atau laptop Anda.

Lalu, pada suatu saat, bisa saja mouse wireless Anda tiba-tiba tidak terdeteksi. Padahal mouse wireless telah dinyalakan dan dongle telah dihubungkan ke port USB. Lalu, gimana sih cara memperbaiki mouse wireless yang tidak terdeteksi? Tenang, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi tersebut. Mari kita simak sama-sama.

Mouse wireless yang tidak terdeteksi bisa diakibatkan oleh beberapa hal. Mouse yang tidak berfungsi ketika akan digunakan ini memiliki beberapa penyebab. Penyebabnya mungkin terlihat simpel dan sederhana, namun ternyata efeknya bisa menyebabkan mouse wireless Anda menjadi tidak dapat berfungsi dengan normal. Berikut ini penjelasan singkat dari penyebab mouse wireless yang tidak terdeteksi:

  • Mouse wireless Anda belum dinyalakan

Penyebab satu ini sekilas terlihat konyol. Tetapi, karena masyarakat sudah terbiasa menggunakan mouse biasa yang menggunakan kabel, dimana saat komputer atau laptop dinyalakan mouse sudah siap digunakan. Sedangkan jika menggunakan mouse wireless, Anda harus menyalakan mousenya terlebih dahulu. Tidak aktifnya mouse wireless bisa jadi adalah penyebab mouse wireless Anda tidak terdeteksi.

  • Penerima sinyal mouse wireless rusak

Biasanya, kasus yang sering terjadi adalah karena penerima sinyal dari mouse wireless tersebut rusak. Dalam beberapa kasus, receiver yang dimiliki oleh mouse tersebut memang kualitasnya tidak bagus.

  • Baterai habis

Nah, ini nih penyebab mouse wireless tidak terdeteksi yang paling gampang ditebak. Mouse wireless bekerja dengan menggunakan daya baterai. Namun, terkadang pengguna tidak menyadari bahwa baterai di dalam mouse wireless sudah habis.


  • Driver mouse wireless belum terinstal dengan baik

Salah satu hal yang menjadi penyebab mouse wireless tidak terdeteksi bisa jadi karena driver mouse wireless belum terinstal dengan baik. Bisa jadi hal tersebut karena port USB yang rusak, atau ketika proses instalasi driver, laptop atau komputer Anda sempat bermasalah.

  • Kualitas mouse wireless tidak bagus

Mungkin kualitas mouse wireless yang Anda miliki memang kurang baik. Itu mengapa, mouse wireless yang Anda miliki tiba-tiba tidak terdeteksi pada komputer atau laptop Anda.

Lalu, bagaimana cara memperbaiki mouse wireless yang tidak terdeteksi? Berikut ini informasinya:

1. Nyalakan mouse wireless Anda

Tentu saja, sebelum menggunakan mouse wireless Anda harus menyalakan dahulu. Biasanya, pada mouse wireless terdapat selector ON / OFF atau ada tombol power. Yang jelas, nyalakanlah mouse wireless Anda sebelum digunakan agar mouse wireless Anda terdeteksi oleh komputer atau laptop Anda.

Jika mouse wireless Anda menggunakan bluetooth, pastikan Anda telah melakukan cara menghidupkan bluetooth di laptop.

2. Ganti baterai

Jika masalahnya hanya gara-gara baterai pada mouse wireless yang sudah habis, yah Anda tinggal mengganti baterainya dengan baterai yang baru. Patut diperhatikan, baterainya yang baru yah, bukan baterai bekas ataupun baterai yang sudah dijemur di bawah terik matahari. Karena hal tersebut tidak akan banyak membantu, karena baterai-baterai tersebut biasanya sudah memiliki nilai tegangan yang rendah.

Kecuali, jika mouse wireless yang Anda pakai dapat menggunakan baterai isi ulang. Itu artinya, Anda tinggal mengisi ulang saja baterai tersebut hingga penuh. Namun, kebanyakan mouse wireless yang beredar di pasaran saat ini lebih banyak menggunakan baterai biasa yang hanya sekali pakai saja.

3. Lepas pasang dongle mouse wireless

Jika baterai mouse wireless Anda sudah diganti (atau diisi ulang jika Anda menggunakan baterai yang bisa diisi ulang), namun mouse wireless Anda masih tidak terdeteksi, maka Anda bisa mencoba untuk melepas dongle atau penerima sinyal dari mouse wireless. Lalu setelah beberapa saat, Anda bisa kembali memasangkan dongle tersebut ke port USB di komputer atau laptop Anda. Cara ini biasanya berhasil pada perangkat yang tiba-tiba hilang komunikasi, termasuk untuk perangkat komputer menggunakan kabel ataupun tidak.

4. Instal ulang driver mouse wireless

Jika ternyata masalah utamanya adalah driver dari mouse wireless yang tidak terinstal dengan baik, Anda bisa kok menginstalnya kembali. Cara mengecek apakah driver dari mouse wireless Anda terinstal dengan baik atau tidak adalah sebagai berikut:

  • Hubungkan dongle mouse wireless Anda ke port USB laptop atau komputer Anda.
  • Buka Start Menu
  • Klik kanan pada “My Computer” atau “Computer” (untuk Windows 7 ke atas)
  • Pilih “Properties”, lalu pada kolom yang muncul, pilih “Device Manager”
  • Selanjutnya akan muncul jendela Device Manager. Pada jendela tersebut, periksa pada bagian “Universal Serial Bus Controller” apakah terdapat tanda seru berwarna kuning atau tidak.
  • Jika tidak, berarti mouse wireless Anda sudah terdeteksi. Apabila ternyata jawabannya iya, itu artinya driver USB atau driver mouse wireless Anda bermasalah.
  • Untuk memperbaikinya, instal ulang driver USB pada komputer atau laptop Anda serta instal ulang driver mouse wireless Anda. Biasanya, setelah melakukan langkah ini, mouse wireless Anda bisa kembali terdeteksi di komputer atau laptop Anda.

5. Beli mouse wireless baru

Jika semua cara-cara di atas telah dilakukan, dan mouse wireless Anda masih tidak terdeteksi di laptop atau komputer Anda, maka Anda mau tidak mau harus mengganti mouse wireless anda dengan mouse yang baru. Intinya, beli mouse wireless baru. Lebih baik lagi jika Anda membeli mouse wireless yang memiliki fitur yang lebih baik ketimbang mouse wireless sebelumnya.


Solusi untuk mencegah mouse wireless Anda tidak terdeteksi. Pertama, simpanlah mouse wireless Anda dengan baik. Kedua, gunakan mouse wireless Anda dengan hati-hati. Dan ketiga, pastikan untuk mengganti baterai mouse wireless secara rutin. Hal-hal tersebut adalah cara-cara merawat mouse wireless Anda agar tidak cepat mengalami kerusakan atau masalah paling sering terjadi adalah tidak terdeteksi.

Sekian artikel kami kali ini seputar cara memperbaiki mouse wireless yang tidak terdeteksi. Jika Anda merasa mouse wireless atau mouse biasa Anda perlu diperbaiki, Anda bisa membaca artikel kami seputar cara memperbaiki mouse yang ada di situs ini. Selamat mencoba dan semoga sukses.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Mouse