Ini Dia 6 Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Termudah

Keyboard adalah salah satu komponen pada laptop yang memiliki peran penting. Bagaimana tidak, keyboard ini adalah salah satu input dan output komputer atau laptop yang benar-benar dibutuhkan dalam segala hal, mulai dari mengetik dokumen, browsing internet, menggunakan software video editing, dan lainnya. Meskipun, saat ini sudah ada laptop yang menyediakan keyboard touch screen, namun keberadaan keyboard fisik di dalam seperangkat laptop tetaplah dibutuhkan.

ads

Mengingat pentingnya fungsi keyboard bagi pengguna laptop, maka keyboard laptop haruslah berada dalam kondisi baik dan prima. Jika ada kondisi yang tidak biasa pada keyboard, maka bisa menimbulkan ketidaknyamanan bagi pengguna atau malah pekerjaan yang dilakukan menggunakan laptop bisa tertunda.

Memangnya, apa saja sih potensi kerusakan yang terjadi pada keyboard laptop? Berikut ini adalah jenis-jenis kerusakan keyboard laptop yang biasa dialami oleh para pengguna laptop:

  • Satu atau lebih tombol pada keyboard sangat keras saat ditekan
  • Satu atau lebih tombol pada keyboard bisa ditekan, tetapi tidak muncul karakter yang diketik di layar laptop
  • Keyboard tidak terdeteksi sama sekali
  • Keyboard benar-benar mati total dan tidak bisa digunakan, padahal sudah terdeteksi.
  • Sebagian dari tombol keyboard tidak berfungsi
  • Keyboard laptop tiba-tiba mengetik sendiri (Apa diketik sama hantu yah?? Hiiiii)
  • Tombol yang ada pada keyboard tertukar posisi karakternya.

Dari beberapa masalah yang bisa terjadi pada keyboard laptop tersebut, tentu saja ada penyebabnya. Berikut ini adalah beberapa penyebab keyboard laptop rusak atau bermasalah:

  • Ada debu dan pasir yang menyangkut pada bagian bawah tombol

Biasanya, hal ini terjadi pada laptop yang sering dipakai di luar ruangan atau outdoor, contohnya seperti taman, cafe, tempat bekerja yang memang di luar ruangan, atau lapangan. Debu dan pasir yang menyelip pada bagian bawah tombol keyboard ini biasanya membuat tombol keyboard menjadi sulit untuk ditekan. Jika tombol berhasil ditekan pun, malah tidak dapat memunculkan karakter di layar laptop.

  • Keyboard laptop ketumpahan cairan

Penyebab lainnya dari keyboard laptop yang bermasalah adalah keyboard tersebut ketumpahan cairan, mulai dari air, minuman, atau cairan lainnya. Cairan yang tumpah ke keyboard laptop bisa menyebabkan tombol-tombol pada keyboard tidak dapat ditekan, sehingga karakter yang ditekan malah tidak akan muncul.

  • Terlalu sering memencet salah satu tombol

Bagi Anda para gamer, khususnya yang bermain game PC, nah pasti Anda sering merasakan masalah ini deh. Yup, ketika bermain game, biasanya kita sering menekan beberapa tombol keyboard berkali – kali dan berlangsung secara simultan. Hal tersebut jika dilakukan secara terus menerus, maka bisa membuat tombol keyboard laptop tersebut menjadi rusak. Ciri-ciri keyboard laptop rusak akibat hal ini adalah lama penekanan tombol keyboard yang lebih lama ketika ingin mengetik sesuatu.


  • Masalah pada driver keyboard laptop

Biasanya, akibat kesalahan pada sistem operasi, driver keyboard pada laptop bisa bermasalah. Hal tersebut bisa karena drivernya memang sudah out of date, tidak kompatibel dengan sistem operasi yang terinstal, atau mengalami masalah ketika proses instalasi. Saat driver keyboard mengalami masalah, maka keyboard anda seolah-olah rusak, padahal mah tidak tuh.

  • Karet pada tombol keyboard yang mengalami kerusakan

Kerusakan lainnya pada keyboard laptop juga bisa diakibatkan oleh karet-karet pada tombol keyboard yang sudah rusak. Biasanya masalah ini terjadi karena keyboard laptop Anda sering digunakan secara tidak wajar, atau bisa juga karena faktor usia dari laptop anda. Lama-kelamaan, bagian karet yang terletak di balik tombol keyboard menjadi getas dan menipis akibat umur laptop yang semakin tua. Akibatnya tombol-tombol pada keyboard laptop tidak dapat ditekan dengan optimal.

  • Laptop terjatuh

Nah, kalo sudah begini kemungkinannya bukan hanya keyboard laptop Anda saja yang bermasalah. Bisa jadi, komponen-komponen lainnya di laptop Anda juga bermasalah. Cek saja dahulu fungsi dari semua komponen input dan output pada laptop Anda.

Setelah tadi kita mempelajari beberapa penyebab dari bermasalahnya keyboard laptop, kali ini kami akan memberikan informasi seputar cara memperbaiki keyboard laptop berdasarkan penyebab yang telah kami sebutkan di atas. Berikut ini informasinya:

1. Bersihkan keyboard laptop Anda

Untuk mengatasi masalah keyboard laptop yang terselip debu dan pasir, tentu saja caranya dengan membersihkan keyboard laptop Anda. Anda bisa menggunakan kuas halus untuk membersihkan debu dan pasir yang berada di sela-sela tombol laptop. Anda juga bisa membuka atau mencongkel bagian tombol keyboard (pada beberapa laptop, tombolnya bisa dicongkel tanpa perlu membuka semua bagian keyboard) yang terselip debu dan pasir, lalu bersihkan hingga keyboard laptop bisa berfungsi kembali dengan normal.

Jika ingin lebih bersih lagi, Anda bisa menggunakan vacuum cleaner yang diperuntukan khusus bagi keyboard laptop. Malahan, vacuum cleaner bisa menjangkau bagian yang sulit dicapai oleh kuas halus. Untuk penjelasan selengkapnya, Anda bisa menyimak bahasan kami sebelumnya seputar cara membersihkan keyboard di situs kami ini.

2. Bongkar keyboard laptop

Jika keyboard laptop Anda bermasalah karena terkena cairan, maka cara yang bisa dilakukan sama seperti cara di atas, yaitu membuka atau mencongkel tombol-tombol keyboard laptop, lalu membersihkan bagian yang kotor dan terkena tumpahan cairan. Khusus untuk satu ini, Anda sebaiknya mematikan laptop Anda terlebih dahulu untuk menghindari cairan pada keyboard yang dapat mengenai bagian dalam dari laptop.

3. Gunakan keyboard eksternal

Untuk masalah beberapa tombol keyboard yang sudah mulai rusak akibat pemakaian, cara memperbaikinya cukup sulit, karena hal tersebut akan berkaitan langsung dengan keseluruhan sistem keyboard pada laptop. Cara memperbaiki keyboard laptop yang bisa Anda lakukan adalah mengganti keyboard laptop yang mulai mengalami kerusakan tersebut. Sebagai langkah pencegahan agar kerusakan yang timbul tidak semakin parah, Anda bisa mengurangi penggunaan keyboard pada laptop Anda, dengan cara menggunakan keyboard eksternal yang dihubungkan ke port USB laptop Anda.

4. Instal ulang driver keyboard laptop

Nah, jika masalah keyboard laptop Anda adalah masalah driver, maka cara yang Anda lakukan akan sangat mudah. Anda cukup melakukan instal ulang driver keyboard laptop Anda, atau Anda dapat melakukan update dari driver keyboard laptop anda. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Buka Start Menu
  • Klik kanan pada “My Computer” atau “Computer” (untuk Windows 7)
  • Pilih “Device Manager”
  • Pada jendela Device Manager, cari bagian keyboard.
  • Setelah ketemu, klik device yang berada pada bagian keyboard
  • Lakukan uninstall atau update driver.

5. Pastikan pengaturan keyboard Anda QWERTY

Jika masalah yang dialami oleh keyboard laptop Anda ternyata adalah posisi tombol keyboard yang tertukar, cara memperbaiki keyboard komputer yang error tersebut adalah mengecek pengaturan layout karakter pada keyboard Anda. Caranya pada OS Windows 7 adalah sebagai berikut:

  • Buka Start Menu
  • Klik “Control Panel” > “Region and Language”
  • Pilih tab “Keyboard and Languages”
  • Klik “Change Keyboard”
  • Selanjutnya, Anda akan disuguhkan beberapa pilihan bahasa. Jika Anda menggunakan bahasa “English (US)”, pastikan Anda memilih tata layout keyboard “US”, bukan “United States – Dvorak” atau selain nama “US”

6. Ganti tombol keyboard laptop baru

Jika semua cara di atas telah dilakukan namun keyboard laptop Anda tetap bermasalah, maka anda dapat mengganti tombol keyboard tersebut dengan tombol yang baru dan original. Atau jika kerusakannya sudah parah, mau tidak mau Anda harus membeli keyboard internal laptop terbaru yang sesuai dengan tipe dari laptop Anda. Lebih baik lagi jika membelinya dari tempat resmi penyedia sparepart dari merk laptop yang Anda gunakan.

Sekian informasi yang bisa kami berikan seputar cara memperbaiki keyboard laptop. Semoga informasi kami kali ini bisa membantu Anda dalam memperbaiki keyboard laptop. Selamat mencoba dan semoga sukses

, , , ,
Oleh :
Kategori : Keyboard