4 Cara Memperbaiki Keyboard Komputer yang Error Paling Mudah

Seperti yang sudah dibahas pada pembahasan lainnya yang berkaitan dengan penyelesaian permasalahan yang ada pada keyboard komputer didalam salah satu artikel yang ada disitus ini. Keyboard laptop merupakan perangkat keras yang sangat penting yang digunakan untuk dapat menginput data ke dalam perangkat komputer. Fungsi tombol keyboard komputer atau laptop adalah hal yang esensial agar komputer atau laptop dapat digunakan sesuai keinginan penggunanya. Jika perangkat ini rusak ataupun bermasalah tentu anda akan mengalami kesulitan. Biarpun telah ada alternatif untuk menggunakan tools Windows seperti On Screen Keyboard, fitur tersebut sangatlah tidak efektif untuk digunakan dalam mengerjakan tugas yang memerlukan penggunaan Keyboard.

ads

Faktor – Faktor yang Membuat Keyboard Menjadi Error

Keyboard yang tidak dapat berfungsi dengan baik atau mengalami error bisa terjadi karena banyak faktor mulai dari karena faktor kelalaian ataupun faktor lingkungan sekitar. Faktor – faktor tersebut seringkali membuat error secara perlahan – lahan ataupun secara langsung sesuai dampak tingkatan kerusakan yang diberikannya. Faktor – faktor yang sudah disebutkan merupakan penyebab keyboard laptop rusak yang dapat ditemukan dengan mudah pada keyboard komputer.

Permasalah paling umum yang dialami oleh pengguna keyboard pada umumnya adalah tidak berfungsinya beberapa tombol yang ada pada keyboard. Sama seperti keadaan keyboard pada komputer ciri – ciri keyboard laptop rusak dapat ditandai dengan adanya permasalahan saat anda menggunakannya.

Cara Memperbaiki Keyboard Komputer yang Error

Sebelum melanjutkan ke tahap selanjutnya menuju cara memperbaiki keyboard komputer yang error, perlu diingat bahwa tidak semua jenis papan keyboard memiliki bentuk dan spesifikasi yang sama. Jangan lupa untuk selalu menyesuaikan metode yang akan dibahas selanjutnya dengan spesfikasi yang dimiliki oleh papan keyboard anda. Jadi langsung saja berikut merupakan cara mengatasi keyboard komputer yang error.

1. Cara mengatasi keyboard laptop error

Jenis permasalahan error pada keyboard komputer error merupakan hal yang sama dengan jenis kerusakan keyboard laptop. Permasalahan keyboard laptop yang berubah menjadi angka biasanya disebabkan oleh fungsi Numslock sedang diaktifkan. Ini seringkali terjadi tanpa disadari oleh penggunanya sehingga tombol – tombol huruf tadi berubah menjadi angka.

Ketika fungsi Numslock diaktifkan beberapa tombol yang ada pada keyboard anda berubah fungsi menjadi fungsi alternatif sesuai dengan karakter yang biasanya ditandai dengan simbol warna biru. Berbeda dengan fungsi normalnya yang berwarna putih. Oleh karena itu tidak heran ketika anda menekan beberapa tombol tertentu seperti tombol m,j,k, dan seterusnya anda akan menemukan hasil yang berbeda pada layar komputer anda

Untuk mematikan fungsi Numsclock pada keyboard laptop ada beberapa cara yang dapat anda lakukan agar bisa mengatasi masalah keyboard laptop Error.

  • Anda dapat menekan tombol keyboard Fn  + F11 pada keyboard anda untu kmematikan fungsi Numslock.
  • Jika sudah anda bisa mengeceknya
  • Tidak semua jenis – jenis laptop memiliki layout tombol keyboard yang sama.
  • Oleh karena itu anda bisa mencari tombol yang memiliki NumLk dan tekan bersamaan dengan tombol Fn.

2. Cara memperbaiki beberapa tombol keyboard komputer yang tidak berfungsi 

Ketika anda yakin bahwa yang rusak adalah beberapa tombol keyboard anda. Anda dapat mencoba cara dari beberapa langkah berikut

  1. Cek semua tombol keyboard anda untuk mengetahui tombol mana yang tidak berfungsi jika anda tidak tahu tombol mana saja yang tidak berfungsi pada keyboard komputer anda.
  2. Anda dapat  meggunakan Onscreen keyboard untuk membantu anda mengetahui tombol mana yang tidak berfungsi.
  3. Jika anda sudah mengetahui tombol mana saja yang tidak dapat berfungsi , tandai tombol keyboard anda.
  4. Buka dengan hati – hati keyboard yang bermasalah dengan menggunakan kuku, atau obeng kecil.
  5. Setelah terbuka bersihkan tombol keyboard anda dari debu dan kotoran yang mungkin ada dibawahnya.
  6. Jika papan keyboard telah bersih dari kotoran atau debu anda bisa pasang kembali tombol keyboard tersebut pada tempatnya. Jangan lupa untuk mengecek kembali apakah tombol tersebut dapat berfungsi kembali atau tidak.
  7. Debu dan kotoran seringkali menjadi permasalahan fisik yang mengganggu tombol keyboard sehingga tombol tersebut tidak dapat lagi digunakan.

3. Cara Memperbaiki Keyboard komputer yang Error Karena Tumpahan Cairan 

Untuk memperbaiki keyboard komputer yang error karena tumpahan cairan anda harus lebih sigap atau lebih cepat dalam melakukan penanganannya. Berikut merupakan lankgah – langkah yang dapat anda lakukan untuk mengatasi keyboard komputer yang error karena tumpahan cairan :

  • Segera setelah laptop anda mengalami tumpahan cairan matikan papan keyboard anda dan putuskan semua aliran listrik yang mungkin terhubung dengan papan keyboard tersebut anda.
  • Setelah itu lepas papan keyboard dari papan keyboard komputer anda anda secepatnya.
  • Setelah anda mengetahui cara membuka papan keyboard. Setelah terlepaskan bersihkan cairan dan kotoran yang menempel pada papan keyboard komputer anda. Pastikan bahwa tidak ada lagi cairan yang tersisa sebelum anda menyambungkannya kembali.
  • Anda bisa menggunakan pengering berupa hair dryer untuk memastikan tidak ada lagi cairan yang tersisa dari keyboard komputer anda.
  • Jangan lupa untuk memasang kembali komponen yang sudah anda lepaskan tadi.

4. Cara memperbaiki keyboard komputer error karena masalah software

Permasalahan keyboard komputer yang error dapat juga disebabkan oleh permasalahaan software. Permasalahan seperti tidak terupdatenya driver keyboard anda maupun kesalah sistem aplikasi yang ada pada komputer anda. Berikut merupakan beberapa hal yang penting untuk diperhatikkan :

  • Apabila permasalahan keyboard laptop error terjadi setelah anda menginstall suatu aplikasi atau software tertentu. Maka dapat dipastikan bahwa jika terjadi permaslaahan pada sistem software anda.
  • Oleh karena itu untuk dapat menyelesaikan permasalahan tersebut anda perlu untuk mengembalikan sistem anda pada keadaan dimana sebelum anda menginstall software yang membuat masalah tadi.
  • Ini dapat dilakukan dengan menggunakan fitur system restore yang ada pada komputer anda.
  • Jika keyboard permasalahan keyboard laptop anda disebabkan oleh permasalahan software lainyna anda perlu memperbaikinya dengan mengecek apakah keyboard driver anda dapat berjalan dengan baik. Anda dapat mengupdate driver keyboard anda pada Windows.
  • Kemungkinan terburuk jika permasalahan pada keyboard komputer anda masih belum bisa teratasi adalah anda harus membeli keyboard komputer yang baru.

Meskipun anda sudah memiliki keyboard yang baru akan sangat penting untuk selalu merawat keyboard komputer anda jika anda tidak ingin sering – sering melakukan pembelian keyboard komputer. Dengan mengetahui cara menjaga keyboard agar tidak cepat rusak akan membantu anda mengetahui hal – hal apa saja yang dapat membuat keyboard anda menjadi lebih awet dan lama untuk digunakan.

Itu tadi pembahasan mengenai cara memperbaiki keyboard komputer yang error yang bermasalah atau rusak. Semoga pembahasan ini dapat memberikan manfaat dan juga membantu komputer anda menyelesaikan masalah yang dapat terjadi. Sampai jumpa lagi di pembahasan selanjutnya.

, , ,
Oleh :
Kategori : Keyboard