Cara Mengatasi Laptop Tidak Mau Menyala Lampu Indikator Hanya Berkedip

Bagi kamu yang memiliki laptop, pastinya pernah mengalami masalah ketika laptop tidak mau menyala lampu indikator hanya berkedip. Masalah tersebut merupakan salah satu jenis masalah yang tentunya sangat membuat kita khawatir, kalau-kalau laptop kita mengalami kerusakan yang cukup parah. Tentunya ada baiknya apabila kita mengetahui apa saja penyebab dan cara mengatasi laptop yang kita miliki apabila mengalami masalah tersebut, sehingga kita bisa menghadapi masalah tersebut dengan tepat.

ads

Dengan mengetahui apa saja penyebab laptop tidak mau menyala lampu indikator hanya berkedip, kita juga bisa menghindari masalah yang mungkin bisa menyebabkan laptop kita mengalami masalah ini. Lantas, apa saja penyebab laptop tidak mau menyala lampu indikator hanya berkedip dan bagaimana saja cara yang bisa kita gunakan untuk mengatasinya? Selamat membaca di bawah ini ya!

Penyebab Laptop Hanya Berkedip

Apa saja penyebab laptop hanya berkedip dan tidak bisa menyala dengan benar? Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

1. Baterai habis

Salah satu sebab mengapa laptop tidak menyala dan lampu indikatornya hanya berkedip adalah karena baterinya telah habis. Tentu saja, baterai laptop yang habis tentunya tidak akan cukup untuk memulai laptopmu bukan? Oleh karena itulah para produsen laptop biasanya akan menyematkan fitur untuk mencegah baterai habis sepenuhnya dengan cara mencegah laptop menyala dan hanya akan menampilkan indikator berupa lampu yang hanya berkedip untuk beberapa saat ketika kamu mencoba untuk menyalakan laptopmu. Tentu saja ini berarti bahwa masalah ini hanya mungkin terjadi ketika laptopmu sedang menyala dengan menggunakan daya dari baterai.

2. BIOS rusak

BIOS yang mengalami kerusakan juga bisa menjadi salah satu sebab laptop tidak mau menyala lampu indikator hanya berkedip. Bahkan apabila sudah parah, bisa jadi laptopmu tidak akan merespons sama sekali ketika kamu berusaha untuk menyalakannya. Oleh karena itulah kita sangat perlu menghindari penyebab kerusakan motherboard.

Untuk mengatasi BIOS yang rusak ini, sayangnya akan sangat sulit karena kemungkinan besar kamu tidak akan bisa melakukan restorasi BIOS kecuali ada backup, ataupun tidak bisa melakukan flash BIOS baru karena tidak bisa masuk ke BIOS yang sebelumnya. Oleh karena itulah, ada baiknya apabila kamu memeriksakan ke service center yang ahli dan terpercaya untuk dicek apakah BIOSnya mengalami kerusakan atau tidak dengan melakukan tes-tes tertentu.

3. RAM rusak

RAM yang mengalami kerusakan juga bisa menjadi salah satu sebab mengapa laptop yang kamu miliki tidak bisa menyala dengan baik dan benar. Indikator RAM yang mengalami kerusakan biasanya adalah lampu indikator hanya berkedip, layar bisa menyala, kipas menyala tetapi laptop tidak masuk tes post ataupun sistem operasi. Gejala ini cukup berbeda dengan kerusakan BIOS yang tidak akan sampai membuat laptopmu bisa memberikan indikator seperti lampu LED berkedip ataupun yang lainnya.


4. HDD rusak

HDD yang rusak juga bisa menjadi salah satu sebab mengapa laptop tidak mau menyala dan lampu indikatornya hanya berkedip. Akan tetapi, salah satu indikator lain yang menunjukkan kerusakan dari HDD adalah pesan yang muncul pada layar laptop menyebutkan bahwa HDD tidak terdeteksi dan semacamnya. Tentunya hal ini bisa berbeda-beda pada tiap laptop, oleh karena itulah kamu perlu mendeteksinya dengan lebih detail seperti misalnya melakukan check-up pada HDD yang kamu miliki untuk mengetahui apakah terdapat kerusakan atau tidak. Kamu juga bisa menerapkan cara mengecek harddisk rusak atau tidak.

5. VGA rusak

VGA yang rusak juga bisa menjadi salah satu penyebab mengapa laptop tidak mau menyala dan hanya lampu indikatornya saja yang menyala. VGA yang rusak pada prinsipnya akan membuat display output dari komputermu mengalami gangguan sehingga terlihat seolah-olah laptopmu tidak menyala ketika hendak dinyalakan. Akan tetapi masalah ini bisa jadi sangat jarang mengingat dewasa ini laptop-laptop menggunakan kartu grafis internal yang berada pada CPU, sehingga apabila hal ini rusak, bisa jadi prosesor pun rusak. Bisa jadi kamu ingin memeriksa bagaimana cara memperbaiki VGA onboard.

Cara Mengatasi Laptop Hanya Berkedip

Apa saja cara yang bisa kita gunakan untuk mengatasi laptop yang tidak mau menyala dan hanya menyala lampu indikatornya saja? Ada beberapa hal yang setidaknya bisa kita jadikan sebagai salah satu solusi untuk mengatasi laptop yang hanya berkedip. Beberapa cara tersebut di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Ganti mainboard

Mengganti mainboard atau motherboard bisa menjadi salah satu solusi ketika yang menjadi penyebab laptop berkedip adalah kerusakan motherboard, kerusakan CPU, kerusakan VGA, kerusakan konektor display dan berbagai macam kerusakan lainnya. Perlu diperhatikan bahwa mengganti mainboard pada dasarnya kurang lebih sama dengan ‘membeli ulang’ laptopmu karena memang perangkat laptop yang tersolder pada mainboard sangat sulit untuk diganti secara manual dan sangat sulit mencari processor atau perangkat lain yang sesuai dengan jenis mainboard yang kita miliki. Jangan lupa untuk menerapkan cara mengetahui motherboard rusak.

2. Charge ulang

Charge ulang bisa kamu gunakan untuk mengatasi laptop yang tidak mau menyala karena kehabisan baterai. Cara yang sangat sederhana ini nyatanya merupakan satu-satunya solusi yang mudah dilakukan ketika kamu berhadapan dengan laptop yang tidak bisa menyala karena kehabisan baterai. Apabila baterai laptop benar-benar habis, ada baiknya apabila kamu mengisi ulang atau mencharge sembari mematikan laptop agar daya yang masuk benar-benar optimal.

3. Ganti RAM

Ganti RAM bisa kamu lakukan apabila yang menjadi penyebab laptop rusak adalah karena kerusakan pada RAM, dan apabila RAM laptopmu tidak tersolder. Dengan mengganti RAM sesuai dengan RAM yang cocok dengan laptopmu, maka kamu bisa memulai menjalankan laptopmu yang awalnya tidak bisa menyala karena lampu indikatornya hanya berkedip tersebut.

Cara ini tentunya sangat efektif apabila penyebab laptopmu tidak menyala adalah murni karena RAM yang mengalami kerusakan dan bukan karena penyebab lain yang juga perlu ditangani dengan tepat. Agar kamu tidak sia-sia membuang uang membeli RAM yang baru, ada baiknya apabila kamu meminjam RAM pada temanmu yang lain terlebih dahulu untuk diuji coba pada laptop yang kamu miliki.

4. Ganti HDD

Ganti HDD bisa kita gunakan untuk mengatasi masalah laptop yang tidak mau menyala dan hanya berkedip apabila yang menjadi penyebab dari masalah ini adalah hardisk yang mengalami bad sector, atau bahkan sudah rusak total. Tentunya kamu harus mengganti hardisk secara menyeluruh karena tidak mungkin diganti bagian-bagian tertentu dari hardisk saja. Oleh karena itulah kamu harus benar-benar memastikan apabila yang menjadi penyebab kerusakan laptopmu yang tidak mau menyala tersebut adalah karena HDD yang bermasalah sebelum benar-benar menggantinya ya.

Itulah beberapa macam cara mengatasi laptop tidak mau menyala lampu indikator hanya berkedip yang bisa kita gunakan untuk mengatasi masalah laptop kita. Jangan lupa untuk mempelajari pula penyebab kerusakan processor pada laptop ya. Selamat mengatasi masalah laptopmu!

, , , ,
Oleh :
Kategori : Troubleshooting