4 Cara Memperbaiki Komputer yang Tidak Bisa Dimatikan Jarang Diketahui

Salah satu jenis masalah yang bisa terjadi pada komputer yang kita gunakan adalah tidak bisa dimatikan. Maksudnya adalah, komputer yang telah kita gunakan untuk beraktivitas, tidak bisa dimatikan sekalipun telah kita shutdown. Walaupun kita telah menunggu cukup lama, akan tetapi nampaknya proses shutdown tidak berjalan dengan lancar. Tentunya hal ini bisa mengganggu umur komputer sekaligus keamanan data-data yang kita miliki. Oleh karena itulah, bagi para pengguna komputer, cara memperbaiki komputer yang tidak bisa dimatikan bisa menjadi salah satu hal yang harus diketahui. Hal ini disebabkan karena dampak bahaya mematikan komputer tidak sesuai prosedur sangatlah berbahaya.

ads

Bagaimana dengan dirimu? Apakah kamu telah mengetahui apa saja cara memperbaiki komputer yang tidak bisa dimatikan tersebut? Apakah kamu telah mengetahui bagaimana cara untuk mengatasi komputermu yang tidak bisa mati? Apabila kamu belum mengetahuinya, tentunya kamu harus membaca artikel ini sampai tuntas.

Berikut ini adalah beberapa macam cara memperbaiki komputer yang tidak bisa dimatikan dan bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah komputer yang tidak bisa dimatikan dengan cara yang normal.

Selamat membaca!

1. Periksa aplikasi latar belakang yang masih nyala

Salah satu penyebab mengapa komputer kita tidak mati-mati walaupun telah dipencet atau diberikan perintah untuk mati adalah karena terdapatnya aplikasi latar belakang yang masih menyala ketika proses shutdown dan tidak bisa dimatikan oleh komputermu. Oleh karena itulah, salah satu cara yang bisa digunakan untuk memperbaiki komputer yang tidak bisa dimatikan adalah dengan cara melihat apa saja aplikasi latar belakang yang membuat komputer kita tidak bisa dimatikan dengan baik dan benar.

Kamu bisa melihat log pada sistem operasi yang kamu gunakan dan mencoba melihat apa saja aplikasi yang aktif pada saat-saat akhir sistem operasimu hendak dimatikan. Dengan cara inilah kamu bisa mengetahui aplikasi apa saja yang menghambat proses shutdown agar kemudian kamu bisa menguninstall aplikasi tersebut dan membuat proses shutdown bisa berjalan dengan lancar. Apabila kamu tidak bisa melakukannya secara mandiri, mintalah pada teknisi yang ahli untuk memperbaiki komputermu agar komputermu bisa kembali shutdown dengan normal.

2. Update sistem operasi

Masalah berikutnya yang bisa menjadi salah satu penyebab mengapa shutdown tidak bisa berjalan dengan normal adalah karena adanya masalah pada sistem operasi yang kamu miliki. Masalah yang dimiliki oleh sistem operasi ini kadang kala hanya bisa diselesaikan melalui update sistem karena yang diperlukan adalah memperbaiki beberapa file kunci untuk menjalankan sistem dan tidak bisa kita ganti dengan sembarangan. Hal ini apabila dilakukan bisa mengurangi risiko efek komputer tidak pernah dimatikan karena harus bekerja terus menerus.

Untuk melakukan update, kamu hanya perlu pergi ke menu pengaturan dan selanjutnya kamu hanya perlu mengikuti instruksi update yang disediakan oleh sistem operasi yang kamu gunakan. Instruksi ini tidak akan sulit karena biasanya kamu hanya disuruh untuk mengklik start update dan semacamnya, dan setelah itu kamu hanya perlu menunggu beberapa saat sampai proses download selesai dan proses instalasi berjalan. Kamu juga bisa mendownload update pack Windows yang bisa digunakan untuk mengupdate Windows secara menyeluruh tanpa terkoneksi ke internet. Dengan kata lain, kamu bisa menggunakan update pack tersebut secara berulang untuk mengupdate sistem operasi Windows yang kamu miliki di masa depan tanpa perlu online untuk mendownloadnya.


3. Gunakan antivirus

Pada beberapa kasus, masalah shutdown yang tidak bisa lancar disebabkan karena adanya virus yang menyerang sistem operasimu. Virus-virus tersebut akan memasukkan perintah atau command pada memori ketika proses shutdown berjalan, sehingga komputer yang terkena virus-virus tersebut tidak akan bisa melakukan proses shutdown dengan normal layaknya komputer pada umumnya. Oleh karena itulah, perlu dilakukan suatu usaha untuk memperbaiki hal tersebut supaya sistem operasi yang kamu miliki bisa kembali shutdown dengan normal.

Cara yang cukup mudah tapi efektif dalam mengatasi masalah virus adalah dengan memanfaatkan antivirus. Antivirus dewasa ini bisa mengatasi berbagai macam jenis virus yang mungkin bisa menyebabkan proses shutdown komputermu menjadi terganggu. Adapun beberapa hal yang bisa dilakukan adalah menginstall antivirus, menjalankan scanning, dan menghapus atau mengkarantina file-file yang terduga sebagai virus. Setelah itu cobalah untuk shutdown. Akan tetapi, ingatlah bahwa hal ini hanya bisa membantu mengatasi masalah shutdown yang tidak normal karena masalah virus, bukan karena sebab yang lainnya.

4. Install ulang sistem operasi

Cara lain yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah komputer yang tidak bisa dimatikan adalah dengan menginstall ulang sistem operasi yang kamu gunakan pada komputer tersebut. Dengan menginstall ulang sistem operasi, maka kamu bisa memperbaiki masalah shutdown yang disebabkan karena kerusakan pada file-file sistem operasi yang kamu miliki. Dengan kata lain, apabila kerusakan atau masalah shutdown ini tidak disebabkan karena sistem operasi yang bermasalah, maka melakukan install ulang pun tidak akan membantu.

Oleh karena itulah kamu harus memastikan terlebih dahulu bahwa yang menjadi penyebab dari komputermu yang tidak bisa mati dengan sempurna itu adalah karena masalah kerusakan pada sistem operasi. Selain itu, perlu juga diketahui bahwa kadang kala kamu membutuhkan update untuk mengatasi masalah shutdown yang tidak bisa berjalan dengan lancar dan bukannya melakukan install ulang. Kamu juga bisa mencoba automatic repair, yang apabila bermasalah bisa kamu tangani dengan cara mengatasi preparing automatic repair Windows 10.

5. Install ulang driver

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah komputer yang tidak bisa dimatikan adalah dengan cara menginstall ulang driver. Hal ini bisa dilakukan apabila masalah yang membuat komputermu tidak bisa dimatikan dengan normal adalah karena driver yang bermasalah dan tidak bisa berfungsi dengan baik atau dimatikan ketika komputer sedang proses shutdown. Untuk mengetahui ada atau tidaknya driver yang bermasalah dan menghambat proses shutdown, kamu bisa melihat pada log sistem operasi yang kamu miliki.

Apabila sudah pasti bahwa driver hardware tertentu yang menjadi penyebab macetnya shutdown yang kamu lakukan, maka tentu saja kamu harus mencari driver yang tepat untuk diinstall ulang agar masalah shutdown yang kamu hadapi bisa selesai, dan tentu saja masalah drivermu juga bisa teratasi. Pada umumnya driver yang bermasalah pasti akan menyebabkan hardware tertentu menjadi tidak bisa berfungsi dengan baik. Oleh karena itulah gejala driver yang bermasalah biasanya juga terlihat. Di sisi lain, driver yang bermasalah juga bisa menjadi penyebab komputer mati sendiri.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara memperbaiki komputer yang tidak bisa dimatikan. Dengan cara-cara di atas, semoga kita bisa mengatasi masalah shutdown yang mengganggumu dan tentu saja membuat komputermu jadi tidak bisa mati sehingga masalah tersebut bisa selesai. Jangan lupa untuk meminta bantuan yang ahli apabila kamu tidak bisa mengatasinya secara mandiri ya. Kamu juga bisa mempelajari penyebab laptop mati tiba tiba sebagai tambahan apabila kamu mengalami masalah laptop tiba-tiba mati setelah kamu gunakan dengan normal.

Selamat memperbaiki komputermu!

, , , ,
Oleh :
Kategori : Troubleshooting