Cara Memperbaiki Harddisk Raw

Hard disk adalah hardware (perangkat keras komputer) yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data pada komputer seperti dokumen, gambar, musik, video, program komputer hingga jenis sistem operasi komputer. Mengingat semuanya tersimpan dan terekam di dalam hard disk menjadikan bagian perangkat komputer ini sangat penting.

ads

Tidak sedikit pengguna yang membutuhkan hard disk eksternal untuk menunjang pekerjaan mereka. Pengguna dengan mobilitas yang tinggi akan sangat terbantu karena fleksibilitas dari hard disk eksternal. Atau dengan kata lain dapat dibawa kemana-mana.

Namun, berbagai masalah seringkali terjadi pada penggunaan perangkat keras komputer. Mulai dari bad sector pada hard disk internal hingga hard disk eksternal yang lemot dan mengganggu kinerja komputer dalam menunjang pekerjaan pengguna.

Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas masalah seputar hard disk eksternal dan cara memperbaikinya. Penasaran? Yuk simal artikel di bawah ini!

Hard disk berubah menjadi RAW

Mungkin kalian pernah mengalami masalah dimana hard disk yang anda koneksikan dengan komputer atau laptop anda berubah menjadi format RAW. RAW adalah sebuah file system yang berarti sebuah hard drive masih dalam keadaan 0 byte atau belum diapa-apakan dan masih mentah.

Begini, ketika anda menghubungkan harddisk pada komputer anda akan menemukan sebuah peringatan yang berbunyi “You need to format disk in drive (nama drive): before you can use it”. Artinya ada perintah untuk memformat harddisk anda jika anda ingin menggunakannya. Dan tentu saja dengan memformat drive, anda akan kehilangan semua data yang ada di dalamnya.

Ketika file system hard disk berubah menjadi RAW maka hard disk sama sekali tidak dapat di akses. Jika anda melihatnya di properties drive maka anda akan menenukan 0 bytes pada used space dan 0 bytes pada free space. Bisanya hal ini terjadi pada hard disk eskternal. Jadi ketika hard disk eskternal dihubungkan pada komputer ia menjadi tidak terbaca dan data di dalamnya tidak dapat diakses.

File system yang seharusnya adalah NTFS atau singkatan dari New Technologi File System yang merupakan salah satu jenis file system dengan performa lebih baik dibandingkan pendahulunya FAT32. Jenis file system ini lebih unggul dalam hal akses data dan tidak memiliki keterbatasan dalam melakukan format data.

Jadi, ketika file system hard disk anda berubah menjadi RAW, sedangkan seharusnya NTFS maka secara langsung hard disk anda tidak akan dapat diakses atau dengan kata lain memiliki masalah.

Penyebab kerusakan harddisk atau Perubahan file system ini dapat disebabkan oleh sistem operasi yang digunakan (umumnya windows) yang tidak dapat membaca drive (hard disk eksternal) dalam bentuk RAW. Oleh karena itu, ketika hard disk dihubungkan, komputer tidak dapat membaca dan memverifikasi semua data dalam hard disk eskternal. Dalam banyak kasus, windows akan memberi perintah untuk melakukan format pada hard disk. Masalah ini biasanya terjadi karena :

  • Cara memutuskan koneksi partsisi (Hard disk) dengan komputer yang tidak benar
  • Daya yang terputus secara tiba-tiba
  • Masalah umum lain pada komputer

Hal yang dapat kita lakukan untuk menghindari terjadinya masalah tersebut pada hard disk kita adalah dengan melakukan hal-hal di bawah ini :

  • Selalu gunakan fasilitias “safely remove hardware” untuk memutuskan koneksi hard disk dengan komputer
  • Pekalah untuk mengganti kabel USB dengan yang baru jika sudah mulai timbul tanda-tanda kerusakan fisik atau tanda-tanda mulai tidak terbaca
  • Jangan mencabut USB driver secara tiba-tiba karena akan adanya masalah daya yang membuat perangkat rusak

Tentunya anda tidak ingin kehilangan semua data, bukan? Apalagi jika data di dalamnya merupakan data pekerjaan atau data-data penting lainnya. Lalu bagaimana caranya untuk mengatasi masalah file system RAW ini? Penjelasan di bawah ini bisa membantu anda menyelesaikan masalah tersebut.

Cara memperbaiki Hard disk RAW menjadi NTFS

Untuk mengembalikan fungsi harddisk pada komputer seperti semula tanpa harus melakukan formating pada kasus ini bisa saja dilakukan dengan cara merubah file systemnya menjadi NTFS kembali. Terdapat beberapa cara untuk mengatasinya, baik tanpa atau menggunakan software. Tapi dalam beberapa kasus dibutuhkan tahap keduanya untuk mengembalikan fungsi hard disk.

Cara pertama adalah dengan menggunakan CMD (Command Prompt). Langkah-langkahnya adalah :

  1. Pastikan hard disk yang bermasalah telah terhubung dengan perangkat komputer
  2. Tekan Tombol windows + R pada keyboard secara bersamaan
  3. Kemudian ketikan ‘cmd’ dan tekan enter pada keyboard
  4. Untuk masuk ke dalam halaman CMD juga dapat dilakukan dengan cara mencari program pada menu start.
  5. Setelah berada pada jendela CMD, ketikan chkdsk /r /f K: lalu tekan Enter pada keyboard. (K adalah nama Drive. Sesuaikanlah dengan nama drive pada komputer anda
  6. Tunggu hingga proses yang sedang berjalan selesai. Biasanya proses ini memakan waktu yang lumayan lama. Sesuai dengan besar kapasitas drive juga banyaknya file yang ada di dalamnya.

Itulah cara memperbaiki hard disk raw tanpa menggunakan software tambahan. Hanya perlu menggunakan CMD yang pasti sudah ada pada komputer. Langkah lainnya untuk memperbaiki hard disk RAW adalah dengan menggunakan software.

Jenis software yang dapat digunakan sebenarnya berbeda-beda. Terdapat beberapa software yang bisa anda dapatkan secara bebas dengan mendownloadnya di internet. Salah satunya adalah software M3 Raw Drive Recovery.

Inilah langkah-langkah penggunaan software M3 Raw Drive Recovery untuk mempebaiki hard disk raw menjadi NTFS :

  1. Pastikan M3 Raw Drive Recovery telah terinstal di kompter anda.
  2. Jalankan aplikasi tersebut kemudian letakkan kursos pada hard disk eksternal.
  3. Klik tombol “Next”
  4. Pop Up windows akan menunjukan proses recovery.
  5. Harap tunggu beberapa saat setelah selesai Klik “Fix Done”
  6. Kemudian lihat hasilnya.

Software lain yang dapat digunakan untuk memperbaiki masalah hard disk RAW ini adalah Power Data Recovery. Sama halnya dengan software M3 Raw Drive, software ini dapat membantu mengtasi masalah hard disk yang tidak dapat di akses namun dengan cara membackup data-data yang hilang.

Jadi, dengan menggunakan software ini, anda dapat melakukan proses backup pada drive yang tidak dapat diakses seperti biasanya. Penasaran? Begini langkah-langkahnya :

  1. Pastikan komputer anda telah terinstall sofware Power Data Recovery yang dapat anda download secara bebas di Internet.
  2. Jalankan aplikasinya
  3. Setelah aplikasi terbuka pilih Tool “Advanced Recovery”
  4. Pilih Drive yang ingin anda backup (Hard disk anda yang bermasalah)
  5. Kemudian pilih tombol “Scan”
  6. Tunggu samapi prosesnya scanning selesai
  7. Setelah proses scanning selesai maka semua data anda akan kembali. Pilih semua data yang ingin anda selamatnya, kemudian backup atau pindahkan pada Drive yang tidak bermasalah.
  8. Setelah itu, ubah file system hard disk RAW menjadi NTFS dengan menggunakan CMD lalu pindahkan kembali data yang telah di backup ke hard disk anda yang sudah bisa digunakan kembali

Meski cenderung lebih rumit karena harus melakukan proses backup dan mengubah file system secara terpisah tetapi dengan menggunakan software Power Data Recovery ini data anda akan lebih aman.

Itulah penjelasan lengkap mengenai masalah hard disk yang berubah menjadi RAW serta cara mengatasinya. Semoga Artikel ini bermanfaat dan dapat membantu masalah yang anda alami.

, ,
Oleh :
Kategori : Harddisk