Inilah 5 Cara Mengubah Mouse Biasa Menjadi Macro

Mouse adalah salah satu perangkat keras komputer yang sering digunakan. Fungsi mouse pada perangkat komputer adalah sebagai penunjuk ke sebuah perintah yang ada di dalam komputer berbasis Graphical User Interface (GUI). Jenis-jenis mouse komputer sangatlah beragam. Mulai dari mouse biasa (yang memiliki kabel), mouse wireless, hingga mouse macro. Lah apaan tuh mouse macro?

ads

Bagi para gamer, mouse macro pasti sudah tidak asing lagi. Mouse tersebut memiliki banyak tombol yang bisa menggantikan fungsi dari beberapa tombol keyboard. Dengan begitu, Anda bisa melakukan banyak hal hanya dengan satu tangan saja melalui mouse Anda. Tak hanya bagi gamer, mouse macro ini juga sering digunakan oleh pekerja kantoran, hingga internet marketer.

 

Keterbatasan dalam perlengkapan sebuah komputer untuk melakukan pekerjaan, misalnya dengan menggunakan mouse biasa, mungkin saja membuat orang yang menggunakannya menjadi nyaman dan senang. Hanya saja beberapa orang mulai mencari cara untuk mengubah pengaturan mouse biasa mnjadi mouse macro. Tujuannya agar pekerjaannya bisa dilakukan secara efektif dan efisien hanya dengan mouse di tangan saja. Apalagi bagi seorang gamer, dimana kendali hanya menggunakan satu tangan sangat dibutuhkan.

Beberapa orang mungkin tidak punya uang yang cukup untuk bisa membeli gaming mouse macro untuk bisa memainkan game, utamanya game FPS. Anda mungkin hanya memiliki mouse biasa tapi memiliki keinginan untuk bermain dengan fitur macro shotgun.

Lalu apakah mouse biasa dapat berfungsi seperti mouse macro juga? Jawabannya bisa. Anda bisa menjadikan mouse biasa Anda memiliki fungsi layaknya mouse macro. Caranya dengan menggunakan salah satu macam software utility untuk mouse, yaitu beberapa software mouse macro yang akan kami ulas berikut.

Selain memberikan informasi seputar software mouse macro, kami juga akan memberitahu cara mengubah mouse biasa menjadi macro. Berikut ini cara-caranya:

1. Download dan Instal Software Mouse Macro

Untuk membuat mouse biasa Anda dapat berfungsi layaknya mouse macro, Anda perlu menginstal salah satu software yang kami sampaikan di bawah ini.

  • Macro Dollar

Perangkat lunak telah dibuat sejak 15 tahun yang lalu. Macro Dollar awalnya dibuat untuk keperluan paid to surf, yaitu program untuk mengklik bar iklan yang diinstal pada komputer. Karena software ini bisa merekam aktivitas mouse dan keyboard, maka bisa diblang Macro Dollar adalah salah satu software mouse macro yang bisa dipertimbangkan. Fitur unik yang ada di software ini adalah “Shake”, di mana kursor mouse Anda akan bergetar ketika perekaman sedang dijalankan oleh Macro Dollar ini.


  • WinMacro

WinMacro ini juga merupakan software yang sudah cukup lama dirilis. Bahkan, software ini dapat bekerja dengan baik saat dicoba dijalankan di komputer yang terinstal sistem operasi Windows 7. Untuk menggunakan WinMacro, Anda cukup melakukan tiga hal, yaitu pilih lokasi penyimpanan file rekaman, klik tombol rekam, dan tekan hotkey yang telah diatur sebelumnya. Setiap Anda ingin memutar rekaman tersebut, Anda dapat mencari file yang sudah disimpan dan klik tombol Playback.

  • GhostMouse

GhostMouse adalah sebuah software macro mouse yang cocok untuk digunakan dalam jangka waktu singkat. Software sederhana ini yang hanya menyediakan dua tombol, yaitu tombol Play dan Record saja. Sehingga, jika Anda hendak mengotomatisasi tugas secara berulang-ulang, lebih baik Anda tidak menggunakan GhostMouse. Alasannya karena software ini tidak menyediakan pengulangan. Salah satu fitur unik GhostMouse adalah kemampuan untuk melakukan daftar tindakan, seperti mematikan komputer saat pemutaran lengkap sedang dilakukan.

  • Do It Again

Software Do It Again memiliki daftar rekaman macro yang dapat ditampilkan melalui software ini. Hal ini tentu memudahkan pengguna menjalankan tugas berbeda tanpa harus memuat skrip ke software secara manual. Keunggulan lainnya yang ditawarkan oleh software ini adalah hasil rekaman yang disimpan dalam file berekstensi .DIA (bukan dia pujaan hati Anda wkwkwk) dimana, file ini disimpan dalam format teks, sehingga Anda bisa mengubah tugas yang akan dijalankan dengan mudah.

  • Mini Mouse Macro

Software mouse macro ini merupakan software besutan SourceForge. Fungsi dari software ini adalah merekam tindakan dari mouse dan keyboard dan mengulang pemutaran dari hasil rekaman tersebut. Namun, Mini Mouse Macro juga dilengkapi dengan kemampuan untuk mengedit tindakan. Jadi, Anda bisa menambahkan, menghapus, atau mengedit tindakan yang diambil oleh mouse dan keyboard Anda.

  • Macro Toolworks

Macro Toolworks hadir dalam tiga varian, yaitu free (gratis), standard, dan professional. Software ini memiliki kelebiha berupa mendukung lebih dari seratus perintah makro. Mulai dari variabel, menemukan sebuah gambar pada layar, mengirim email, FTP, dan memanipulasi Windows. Namun, jika Anda menggunakan versi gratis dari software ini, Anda hanya dapat mengirim perintah atau merekam tindakan dari mouse saja.

  • Mouse Recorder Pro

Pada software ini, terdapat 5 tombol yang berfungsi untuk merekam, bermain, menyimpan, dan memutar ulang rekaman. Jadi, Mouse Recorder Pro ini adalah aplikasi yang cukup mumpuni untuk merekam segala tindakan mouse Anda. Selain itu, interface dari Mouse Recorder Pro cukup sederhana dan mudah digunakan oleh orang awam.

  • Perfect Automation

Software ini dilengkapi dengan script editor, launcher, scheduler, dan perekam aktivitas mouse dan keyboard. Software mouse macro ini memiliki kelebihan untuk merekam pergerakan mouse di koordinat relatif, bukan di koordinat absolut. Artinya, software ini maish bisa bekerja pada jendela aktif, bahkan ketika dipindahkan ke bagian layar yang berbeda.

  • Tiny Task

Software mouse macro ini memiliki ukuran file yang sangat kecil, hanya 33 Kb saja. Pantas saja, karena TinyTask adalah software sederhana yang menyediakan dua fungsi, yaitu merekam dan memutar saja. Ketika dijalankan, TinyTask menyediakan interface dengan resolusi 137 x 48 piksel. Ada enam tombol yang ada di TinyTask, yang berfungsi untuk membuka dan menyimpan rekaman, merekam dan memainkan, kompilasi macro untuk mengeksekusi file, serta pilihan untuk mengubah kecepatan memutar, mengulangi pemutaran dan mengubah hotkeys.

  • Pulover’s Macro Creator

Pulover’s Macro Creator memberikan fitur untuk kompilasi file executable, pemutar ulang, mengedit macro, pilihan untuk memulai / berhenti / memutar, menyesuaikan hotkeys, scheduler, mengatur tingkat kecepatan memutar, dan penggunaan memori.

  • X Button Mouse Control

Software mouse macro ini bisa dibilang adalah software mouse macro populer di kalangan gamer. Alasannya, karena gamer bisa menyesuaikan hotkeys mouse dengan fungsi kontrol di dalam game kesukaannnya. Cara-cara mengaturnya akan kami sampaikan di bagian selanjutnya di artikel ini.

2. Tambahkan file .exe dari Software

Untuk menjelaskan cara mengubah mouse biasa menjadi macro, kami memberikan contoh untuk mengatur mouse biasa menjadi macro menggunakan software X Button Mouse Control. Setelah didownload dan diinstal, bukalah software tersebut. Lalu pilih “Add” di bagian kiri bawah. Lalu klik tombol […] dan cari alamat file game kesukaan Anda. Contohnya PointBlank.exe atau SpecialForce2.exe. Intinya adalah file tersebut harus berekstensi .exe. Alamat filenya bergantung dari folder instalasi game yang Anda instal. Untuk game Point Blank, Anda bisa mencarinya di: C:\Program Files (x86)\GarenaPBID\gamedata\Apps\PBID\PointBlank.exe.

3. Lakukan Simulasi

Buka tab di layer 2. Pada list kiri bawah, pilih “Simulated Keys (underfined)”. Tujuannya, untuk melanjutkan kembali ke proses selanjutnya yang lebih efektif. Kemudian, masukkan kode “{WAITMS60}{MWDN}{WAITMS60}{MWUP}” pada kolom pertama. Lalu pada kolom di bawahnya, ubah menjadi “4 In another thread as mouse button is pressed”.

4. Lakukan proses hotkeysnya

Klik pada tombol “Settings” di bagian bawah kiri. Selanjutnya, Anda pilih tab “hokeys”, lalu kemudian centang pada tulisan “Enable Global….” dan juga klik pada “ Switch at layer 1 “. Atur tombol yang akan dijadikan fungsi mouse macro dengan cara menekan tombol Ctril + Alt +1. Kemudian klik pada “Switch pada layer 2”atur fungsi tombol mouse macro dengan cara menekan tombol Ctrl + Alt + 2. Untuk menyimpan pengaturan tersebut, klik Apply.


5. Uji Coba

Untuk proses pengaturan mouse biasa menjadi mouse macro, biasanya berbeda tergantung dari merk mouse yang Anda gunakan. Contohnya untuk setting mouse macro XMBC, Anda bisa menggunakannya dengan lebih mudah. Anda bisa menekan langsung tombol Ctrl + Alt +1.

Tetapi, ketika anda memerlukan QQ macro pada start game, anda bisa menekan Ctrl + Alt +2 karena Anda sudah melakukan pengaturan. Jangan lupa untuk menekan kembali tombol Ctrl + Alt + 1 setelah selesai bermain game.

Jadi, Anda tak perlu lagi merogoh kocek uang yang cukup banyak hanya untuk sekedar membeli mouse macro, apalagi sampai membeli macam-macam mouse macro. Karena dengan mouse biasa, Anda sudah bisa mendapatkan fungsi mouse macro. Yah, tapi Anda boleh kok sembari mengumpulkan uang untuk membeli mouse macro idaman Anda.

Sekian artikel kami seputar cara mengubah mouse biasa menjadi macro. Semoga artikel kami kali ini dapat bermanfaat bagi Anda. Jika mouse Anda bermasalah, Anda bisa menyimak juga cara memperbaiki mouse yang pernah kami bahas di situs ini.

, ,
Oleh :
Kategori : Mouse