2 Cara Menghapus Virus Browser Android Paling Mudah

Virus adalah sesuatu yang sangat dihindari. Baik dalam dunia kesehatan, dan juga dalam dunia komputer. Tak terkecuali juga dalam dunia smartphone. Namanya juga virus, yang seringkali menimbulkan masalah. Yah, kecuali virus cinta, yang bisa membuat orang-orang kelepek-kelepek eaaaaaa

ads

Bicara mengenai smartphone, Anda pasti tahu dong smartphone apa yang sedang digandrungi oleh masyarakat saat ini? Yup, smartphone Android. Smartphone yang terinstal salah satu macam sistem operasi open source ini merupakan smartphone yang paling banyak digunakan oleh masyarakat dunia. Hal tersebut dibuktikan dari data yang dihimpun dari kuartal pertama tahun 2009 hingga kuartal kedua tahun 2017.

Data tersebut menunjukkan bahwa smartphone Android mengalami peningkatan pengguna seiring waktu. Bahkan, hingga kuartal kedua tahun 2017, pengguna smartphone Android di dunia yang tercatat mencapai 87,7% dan menduduki peringkat pertama setelah iOS-nya Apple yang tercatat penggunanya sebesar 12,1%.

Selain itu, Android bisa populer karena banyak pengguna yang merasa tampilan Android lebih sederhana dan tidak membingungkan. Yah, meskipun ada kekurangan di sana-sini. Inilah salah satu kelebihan dan kekurangan OS Android yang diketahui oleh semua orang.

Karena kepopulerannya tersebut, maka banyak oknum tidak bertanggungjawab yang mencoba untuk melakukan kejahatan pada pengguna Android. Salah satu caranya adalah mengirimkan virus kepada penggunanya. Virus ini bisa bertujuan untuk sekedar merugikan pengguna, hingga sampai kepada tindak kejahatan (seperti pencurian data pribadi dan sensitif, serta pencurian uang). Mungkin Anda masih ingat kasus virus ransomware WannaCry beberapa waktu lalu? Meskipun virus tersebut menyasar pengguna komputer, namun ada kemungkinan ada virus ransomware serupa yang mengincar pengguna Android.

Sebentar, emang bisa smartphone Android Anda mendapatkan “virus”? Jawabannya bisa. Hal utama yang harus Anda ingat perihal virus di Android adalah, Anda akan diminta terlebih dulu untuk menginstal aplikasi yang sebenarnya berbahaya.

Salah satu media penyebaran virus Android yang digunakan oleh oknum tidak bertanggungjawab tersebut adalah melalui browser. Yup, browser internet yang selalu Anda gunakan untuk berselancar internet ria di smartphone Anda. Lalu, dengan cara apa virus tersebut hingga bisa sampai ke calon korban?

Jika Anda pernah menemui sebuah iklan pop up atau sebuah halaman website yang berisi pesan bahwa smartphone Anda terinfeksi virus dan Anda harus menginstal sebuah aplikasi yang “direkomendasikan” oleh website atau iklan pop up tersebut, maka Anda patut mencurigai hal tersebut sebagai salah satu cara virus untuk menginfeksi smartphone Android Anda melalui browser.


Biasanya, virus browser ini menggunakan trik agar calon korbannya tertipu untuk mengikuti arahan virus ini. Seperti pada contoh kasus dalam paragraf di atas, virus ini akan memberitahukan kepada calon korbannya bahwa smartphone Androidnya telah terinfeksi virus. Dan untuk mengatasinya, calon korban diarahkan untuk mendownload sebuah aplikasi “antivirus” yang direkomendasikan. Padahal, “antivirus” tersebut merupakan langkah selanjutnya bagi pembuat virus untuk mencuri data-data pribadi di smartphone Android korban. Jika sudah begini, Anda perlu tahu cara menghapus virus browser Android.

Adalagi kasus lainnya, dimana virus browser ini memberitahukan calon korban sebagai “pemenang” sebuah undian dan harus mengunjungi sebuah website yang tak jelas asal-usulnya. Yah, siapa sih orang yang tidak kaget mendapat segepok uang secara tiba-tiba? Untuk meramaikan suasana bahagia tersebut, virus browser ini biasanya membuat smartphone Anda bergetar, seakan smartphone Anda ikut “berpesta” atas kemenangan Anda. Jika Anda tidak teliti, Anda bisa kena buaian virus browser ini. Intinya, saran terbaik untuk mencegah Android Anda tidak terinfeksi virus browser ini adalah berpikir dua kali sebelum menginstal aplikasi tidak dipercaya atau mengklik link yang aneh-aneh.

Emang, apa sih yang bisa virus browser lakukan pada smartphone Android kita? Sebagian besar virus di Android difokuskan pada mencuri informasi korbannya. Mungkin hal terburuk yang bisa terjadi pada saat ini adalah virus tersebut mengirim pesan SMS ke nomor premium tanpa sepengetahuan pengguna. Umumnya, virus yang menginfeksi Android akan melakukan setidaknya salah satu hal berikut:

  • Mengumpulkan dan mengirim koordinat GPS, daftar kontak, alamat e-mail, dan lainnya kepada pihak ketiga
  • Kirim SMS ke nomor premium
  • Berlangganan layanan premium
  • Percakapan telepon dicatat dan ada kemungkinan disadap
  • Ambil kontrol smartphone dari pengguna aslinya
  • Men-download virus lain untuk ditularkan ke smartphone lainnya
  • Menampilkan “iklan pemberitahuan”, maksudnya virus ini akan memberikan peringatan ke bar notifikasi Android, ketika pengguna menggeser layar ke bawah untuk menampilkan bar pemberitahuan dari bagian atas layar. Nah, iklan ini muncul di bawah pemberitahuan.

Lalu, bagaimana cara menghapus virus browser dari ponsel Android Anda? Pada bagian ini, kami berikan informasi seputar cara menghapus virus browser Android Anda. Pastikan Anda telah melakukan semua langkah dalam urutan yang benar di bawah ini.

1. Uninstall aplikasi berbahaya dari ponsel Android Anda

Smartphone Android biasanya bisa terinfeksi virus karena adanya aplikasi berbahaya pada smartphone tersebut. Pada langkah pertama ini, Anda akan mencoba untuk mengidentifikasi dan menghapus aplikasi berbahaya yang mungkin dipasang di smartphone Android Anda. Cara ini juga bisa menjadi cara agar HP Android tidak lemot karena terinstal aplikasi yang sebenarnya tidak Anda butuhkan.

  1. Untuk menghapus aplikasi berbahaya dari smartphone Android Anda, silahkan ke menu Settings atau Pengaturan, kemudian klik pada Apps atau Manajer Aplikasi. Nama dari menunya akan berbeda-beda, tergantung dari jenis smartphone yang digunakan dan macam user interface Android yang Anda gunakan. Namun, intinya tetap sama kok.
  2. Selanjutnya akan muncul daftar aplikasi yang diinstal pada smartphone, termasuk juga aplikasi berbahaya. Coba Anda cek, apakah ada aplikasi tidak dkenal yang tidak pernah Anda download dan instal sebelumnya (kecuali aplikasi bawaan smartphone). Jika Anda tidak dapat menemukan aplikasi berbahaya namun virus browser mulai menginfeksi smartphone Android Anda, kami merekomendasikan untuk menghapus semua aplikasi yang baru saja Anda instal.
  3. Sentuh aplikasi yang ingin Anda uninstall. Tenang, hal ini tidak akan menjalankan aplikasi, tetapi akan membuka jendela App Info atau Informasi Aplikasi.
  4. Kemudian klik pada tombol “Uninstall” di layar smartphone Anda
  5. Sebuah dialog konfirmasi akan ditampilkan untuk menanyakan perihal uninstall aplikasi berbahaya ini. Pilih “OK” untuk menghapus aplikasi berbahaya dari smartphone Android Anda.
  6. Reboot smartphone Android Anda

2. Lindungi Android Anda dengan Antivirus

Seperti yang kita ketahui, bahwa penjahat cyber telah mulai menargetkan pengguna Android melalui virus Android paling berbahaya, baik malware, trojan, dan lainnya. Oleh karena itu, dalam langkah terakhir ini, Anda harus memberikan perlindungan pada smartphone Android Anda dengan menggunakan antivirus. Anda juga bisa memindai smartphone Android Anda dari malware dengan antivirus ini. Untuk kali ini, kami akan mencontohkan untuk menginstal antivirus Avast Free Mobile Security pada smartphone Android Anda. Anda bebas untuk memilih antivirus lain yang cocok untuk smartphone Android Anda. Intinya, pastikan antivirus tersebut dirilis oleh perusahaan terkemuka yang bisa dipercaya. Berikut ini cara-caranya:


  1. Download “Avast Free Mobile Security” dari Google Play Store
  2. Sentuh pada tombol “Instal”. Ketika izin aplikasi ditampilkan, sentuh pada “Terima/Accept” untuk memulai proses instalasi Avast Free Mobile Security di smartphone Android Anda.
  3. Avast Free Mobile Security selesai diinstal pada smartphone Anda. Biasanya, proses instalasi ini hanya akan memakan waktu beberapa detik, namun itu semua tergantung dari kualitas koneksi internet yang Anda gunakan.
  4. Setelah diinstal, Avast Free Mobile Security akan secara otomatis memperbarui database definisi virus, dan kemudian akan mulai memindai smartphone Android Anda dari malware dan aplikasi berbahaya.
  5. Scan mungkin akan memakan waktu beberapa menit, tergantung berapa banyak aplikasi yang telah diinstal. Jika ada aplikasi berbahaya yang terdeteksi, Avast Free Mobile Security secara otomatis akan menghapusnya dari smartphone Android Anda.
  6. Selamat, smartphone Android Anda kini sudah terlindungi dari virus. Sebagai langkah pencegahan, lakukan selalu update berkala pada antivirus di smartphone Android Anda.

Sekian artikel kami kali ini seputar cara menghapus virus browser Android. Semoga artikel kami kali ini dapat membantu Anda untuk membasmi virus browser yang mengganggu pada smartphone Android Anda.

, ,
Oleh :
Kategori : Andoid