12 Cara Menghapus Virus Trojan dengan Smadav

Siapa yang tak tahu Smadav? Yup, antivirus buatan asli Indonesia ini bisa dibilang adalah antivirus yang lebih ampuh ketimbang antivirus-antivirus lokal lainnya. Malah, antivirus-antivirus lokal tersebut tidak begitu dikenal oleh masyarakat Indonesia. Alasannya lebih pada faktor tampilan, pemakaian, proses instalasi dan yang paling utama, seberapa aktif antivirus lokal tersebut dalam memerangi virus jaman now.

ads

Dari segala aspek, Smadav merupakan antivirus lokal gratis yang pemakaiannya pun bisa dibilang mudah, cepat dan tampilannya sederhana. Yah, meskipun begitu, keampuhan dari Smadav bisa dibilang cukup ampuh jika dibandingkan dengan antivirus dari luar negeri.

Selain itu, antivirus ini juga bisa diandalkan untuk mengembalikan data-data di komputer atau laptop yang di-hidden oleh virus. Jadi, Anda bisa mengembalikan data-data yang disembunyikan virus meskipun sumber virusnya belum bisa dibersihkan secara langsung. Oleh karena itu, sebaiknya antivirus ini didampingi oleh salah satu antivirus dari luar negeri.

Sebentar, kenapa ga sekalian aja memakai antivirus luar negeri? Antivirus luar negeri memang diakui sangat ampuh untuk membasmi virus komputer kekinian yang semakin membandel. Namun terkadang, antivirus dari luar negeri ini langsung menghapus data yang terjangkit virus tanpa meminta persetujuan pengguna. Hal tersebut sepertinya sudah menjadi pengaturan bawaan dari antivirus tersebut.

Sekarang begini, jika misalnya ada data penting milik Anda yang susah dicarinya, mungkin Anda akan berpikir seribu kali untuk mencegah agar data tersebut tidak terinfeksi virus dan masih bisa diselamatkan jika sewaktu-waktu terinfeksi virus. Oleh karena itu, sebaiknya komputer Anda perlu didampingi oleh antivirus Smadav ini. Alasannya, karena dukungan Bahasa Indonesia yang pasti (jelas lah, kan buatan Indonesia), cara scanning, serta penghapusan virus yang akan diberitahukan kepada penggunanya terlebih dulu. Sehingga, antivirus lokal ini terkesan lebih ramah kepada penggunya agar bisa menyelamatkan data-datanya yang terinfeksi virus.

Sebaliknya, antivirus Smadav ini masih jauh untuk dibilang sempurna. Alasannya karena kurang efektifnya antivirus ini untuk mencegah virus yang masuk dan dalam hal membasmi virus. Oleh karena itu, peran antivirus dari luar negeri masih dibutuhkan. Termasuk jika Anda hendak melakukan cara menghilangkan virus ransomware yang sedang ramai diperbincangkan saat ini.

Walaupun begitu, Smadav seiring waktu memperbaiki kekurangannya agar bisa semakin efektif dalam mengamankan komputer atau laptop dari infeksi virus komputer paling mematikan di dunia, yang semakin lama semakin canggih saja. Salah satu virus yang masih dikenal akan kecanggihannya adalah virus trojan.


Yup, virus trojan ini saat ini sudah semakin beragam variasinya. Bahkan, kini sudah mulai menjurus ke pemalakan uang korbannya. Siapa yang tak ingat kasus ransomware WannaCry yang membuat korban-korbannya harus mentransfer sejumlah bitcoin kepada pembuat virus tersebut? Yup, ransomware tersebut merupakan salah satu contoh dari virus trojan yang sempat eksis.

Walaupun kecanggihan virus trojan saat ini sudah semakin menggila, Smadav sebagai salah satu macam software utility lokal ternyata memiliki kemampuan untuk mendeteksi dan menghilangkan virus trojan di komputer atau laptop. Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas seputar cara menghapus virus trojan dengan Smadav. Simak yuk cara-caranya di bawah ini:

  1. Yang pasti, download dulu software Smadav di internet
  2. Instal software Smadav di laptop atau komputer Anda.
  3. Setelah terinstal, klik icon Smadav yang muncul di layar desktop komputer atau laptop Anda
  4. Saat pertama dibuka, Anda akan melihat jendela untuk memilih bahasa yang akan digunakan oleh Smadav. Ada dua pilihan bahasa, yaitu Bahasa Indonesia dan English (Bahasa Inggris). Pilihlah bahasa yang Anda pahami. Sebagai catatan, pemilihan bahasa hanya ada pada Smadav versi 8.8 dan 8.9 ke atas. Jadi, jika Anda masih menggunakan Smadav versi lama, Anda bisa langsung lanjut ke langkah selanjutnya. Lebih baik, Anda mengupdate Smadav Anda agar komputer atau laptop Anda bisa terlindungi secara maksimal.
  5. Pilihlah lokasi data-data yang akan dilakukan scanning. Caranya, centang pada lokasi data-data Anda yang akan discan.
  6. Pilih “Quick Scan” jika Anda ingin sekedar melakukan scan pada beberapa data Anda. Jika Anda ingin memastikan bahwa sistem Anda terbebas dari virus, pilihlah “Full Scan”. Untuk menghapus virus trojan, kami rekomendasikan untuk memilih opsi “Full Scan”, karena opsi ini akan mendeteksi virus di semua lokasi data-data, termasuk pada sistem komputer atau laptop Anda.
  7. Klik Scan untuk memulai proses scanning virus. Cara menghapus virus trojan dengan Smadav ini harus banget Anda lakukan
  8. Tunggu proses scan sampai selesai. Lebih baik saat proses scan sedang dilakukan, Anda tidak sedang menggunakan komputer atau laptop Anda. Anda bisa bersantai-santai dulu atau mungkin mengerjakan pekerjaan lain.
  9. Setelah selesai, coba Anda perhatikan hasil-hasil scanning / pemandaian yang dilakukan oleh Smadav. Hasil-hasil tersebut akan memberitahukan virus yang terdeteksi, registry yang rusak, dan file tersembunyi yang disembunyikan oleh virus. Hasil-hasil tersebut bisa Anda lihat dengan cara mengklik tombol “Hasil>>>”
  10. Jika pada tab-tab tersebut terdapat virus, registry, dan file tersembunyi, maka pilih tab yang memuat daftar hasil scan. Anda bisa mengeceknya di tab Virus, Registry, dan File Tersembunyi.
  11. Untuk menghapus virus yang terdeteksi oleh Smadav, pilih “Clean All” pada tab Virus. Untuk memperbaiki registry yang rusak, pilih “Repair All” pada tab Registry. Untuk mengembalikan folder atau file yang disembunyikan oleh virus, pilih “Unhide All” pada tab File Tersembunyi.
  12. Khusus untuk virus, ada beberapa virus yang masuk dalam karantina. Maksudnya, virus tersebut baru sekedar dicurigai sebagai virus dan menunggu update terbaru untuk mengetahui apakah file yang dicurigai tersebut adalah virus. Jika Anda sangat yakin jika file yang dicurigai tersebut adalah virus, maka Anda bisa menghapusnya dengan cara pilih menu Settings, lalu pilih tab Quarantine. Tab ini akan menampilkan daftar hasil scan dari file-file yang dicurigai sebagai virus. Untuk menghapus file tersebut dari sistem, klik “Delete”.

Setelah Anda selesai melakukan pembersihan virus, sebaiknya Anda jangan tenang dulu. Anda perlu melakukan kembali scanning virus untuk benar-benar memastikan bahwa virus pada komputer atau laptop Anda benar-benar bersih. Namun jika Anda masih menemukan file dengan nama virus yang sama seperti hasil scan sebelumnya dan file tersebut termasuk dalam jenis “virus” bukan “suspected virus”, maka sudah saatnya untuk menggunakan antivirus luar negeri yang Anda instal di komputer atau laptop Anda untuk menyelesaikan masalah tersebut.


Jadi, meskipun Smadav masih memiliki kekurangan dalam segi keampuhan jika dibandingkan dengan antivirus luar negeri, antivirus asli buatan Indonesia ini sudah terbukti keampuhannya untuk sekedar menghilangkan virus yang efeknya tidak terlalu besar bagi komputer atau laptop Anda. Meskipun begitu, pihak pengembang Smadav sendiri sudah berupaya agar pengguna antivirus mereka bisa tetap terlindungi dari ancaman virus yang semakin lama semakin menggila dampaknya. Sehingga, menggunakan Smadav bisa menjadi salah satu cara menghapus virus malware dan trojan yang cukup terpercaya.

Sekian artikel kami pada kali ini seputar cara menghapus virus trojan dengan Smadav, antivirus lokal terampuh saat ini. Semoga artikel kami dapat membantu Anda untuk menghilangkan virus trojan di komputer atau laptop Anda. Jika ternyata virus trojan pada komputer atau laptop Anda masih ada, mungkin Anda bisa mencoba cara menghapus virus trojan secara manual yang telah kami bahas di situs ini.

, , , ,
Oleh :