Macam – Macam Mouse Pada Komputer

Mouse merupakan salah satu jenis perangkat keras komputer yang pastinya sudah tidak asing bagi kita. Mouse adalah salah satu perangkat input pada sebuah sistem komputer, yang memiliki fungsi utama untuk menggerakkan kursor pada display sistem operasi. Pada awalnya, mouse memiliki bentuk yang besar, dan karena berbentuk bulat dan agak panjang, maka dari itu alat ini disebut mouse, karena mirip dengan hewan tikus.

ads

Mouse merupakan alat bantu input yang sangat berguna, selain keyboard, yang mulai banyak digunakan setelah penggunaan sistem operasi komputer mulai banyak dikembangkan dan juga digunakan. Mouse juga merupakan salah satu syarat cara menggunakan komputer sesuai dengan prosedur yang benar, karena sebagai salah satu hardware pelengkap komputer untuk menjalankan komputer tersebut.

Berikut ini adalah beberapa fungsi utama dari mouse pada komputer:

  • Untuk menggerakan kursor atau pointer pada layar display
  • Melakukan seleksi item
  • Membuka menu option dari sebuah aplikasi
  • Memindahkan aplikasi dan juga objek di dalam komputer
  • Membuat objek, seperti garis, kotak, dan objek lainnya
  • Menggerakkan kamera pada saat bermain game
  • Membantu membuat objek, gambar dan juga benda lainnya lebih presisi
  • Tentu saja sangat membantu dan juga mempermudah pekerjaan user di depan komputer.

Dari pertama kali dicitptakan dan juga banyak digunakan, hingga saat ini mouse sudah banyak berkembang baik dari segi fungsi, bentuk dan juga teknologi yang digunakan. Hal ini memunculkan banyaknya jenis-jenis mouse yang biasa digunakan. Berikut ini adalah beberapa jenis mouse apabila dilihat secara fisik, teknologi inputnya, fungsi, jenis port yang digunakan, dan juga konektivitasnya.

Mouse Secara Fisik

Secara fisik, mouse bisa terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

  1. Mouse Standar

Mouse standar adalah jenis mouse yang paling umum digunakan. Mouse jenis ini bisa berupa mouse wireless ataupun kabel, dan juga bisa berupa mouse optic ataupun trackball dan juga bisa berupa mouse dengan port PS/2 ataupun Port USB. Mouse jenis ini banyak digunakan pada komputer Desktop PC, yang mana tidak terlalu sering dibawa-bawa pergi.

Mouse jenis ini memiliki ukuran yang besar, kira-kira berukuran sama panjang dengan tangan manusia, dan memang didesain khusus agar pas dengan seluruh telapak tangan manusia.

  1. Mouse Mini

Mouse mini memiliki ukuran yang lebih kecil daripada mouse standar. Mouse ini kebanyakan menggunakan konektivitas wireless dan menggunakan port USB sebagai konektornya. Selain itu, mouse ini juga menggunakan teknologi optic untuk inputnya. Mouse mini ini mudah untuk dibawa kemanapun dan juga praktis, sehingga banyak digunakan untuk keperluan laptop dan komputer jinjing.


  1. Mouse Fancy

Mouse fancy sebenarnya bukan jenis mouse resmi, namun banyak ditemukan di toko komputer. Mouse ini biasanya memiliki bentuk-bentuk yang unik, bisa berbentuk seperti mobil, baju, dan sebagainya, ataupun mouse biasa dengan tambahan karakter kartun. Bisa berkuran normal ataupun kecil, kebanyakan menggunakan port USB, dan banyak digunakan pada laptop dan notebook.

Mouse Dilihat dari Segi Teknologi Inputnya

Apabila diliat berdasarkan teknologi input dari sebuah muse, maka mouse bisa dibedakan menjadi dua jenis mouse, yaitu:

  1. Mouse Trackball

Sepertinya saat ini mouse dengan teknologi trackball sudah tidak dijual lagi di pasaran, karena memiliki respon yang lambat dan mudah mengalami kerusakan. Mouse jenis ini menggunakan sejenis bola karet pada bagian bawah mouse, sebagai input pergerakan kursornya.

  1. Mouse Optic

Merupakan jenis mouse yang paling banyak digunakan, dan sepertinya hampir semua mouse di dunia menggunaka teknologi optic sebagai metode inputnya. Dengan menggunakan teknologi optic, maka bobot mouse dapat berkurang sangat banyak, dan ukuran mouse bisa dibuat menjadi lebih kecil. Respon dari mouse optic pun menjadi lebih baik dan juga cepat.

Mouse Berdasakan Fungsinya

Meskipun memiliki fungsi utama yang sama, namun secara spesifik mouse memiliki beberapa fungsi tambahan yang berbeda-beda. Berikut ini adalah macam-macam mouse berdasarkan fungsi tamabahan yang dimiliki:

  1. Mouse Standar

Mouse standar adalah jenis mouse yang biasa kita gunakan sehari-hari, tanpa fitur tambahan. Hanya terdiri dari dua tombol dan juga satu tombol tambahan untuk melakukan scrolling.

  1. Mouse Gaming dan Design

Merupakan jenis mouse yang lebih expert, didesain untuk keperluan gaming dan juga design, yang membutuhkan presisi tinggi, dan juga sensitivitas. Mouse ini merupakan jenis mouse yang sangat ergonomis dan nyaman untuk digenggam. Memiliki banyak tombol tambahan, seperti pengatur sensitivitas, tombol back dan next, hingga tombol khusus untuk select.

Mouse Berrdasarkan Jenis Port yang Digunakan

Mouse juga dapat dibedakan berdasarkan jenis port yang digunakan oleh mouse tersebut. Berkut ini adalah dua jenis mouse bedasarkan port yang digunakan:

  1. Mouse dengan Port PS/2

PS/2 merupakan konektor yang sudah jadul dan jarang digunakan. Kebanyakan komputer port PS/2 ini hanya terdapat pada komputer PC desktop lawas, dan beberapa PC desktop masa kini. Konektor berbentuk bulat dengan beberapa pin di dalamnya dan menggunakan kabel yang tebal.

  1. Mouse dengan Port USB

Mouse dengan port USB banyak digunakan pada laptop dan komputer desktop modern. Menggunakan port USB, mouse ini mendukung konektivitas wireless maupun kabel, dan tentunya kabel yang digunakan akan menjadi jauh lebih tipis daripada port PS/2.

(baca juga: fungsi port pada komputer)


Mouse Berdasarkan Konektivitas

Saat ini mouse juga sudah dikembangkan memiliki konektivitas yang berbeda. Apabila dilihat berdasarkan konektivitasnya, maka mouse dapat terdiri dari dua jenis, yaitu:

  1. Mouse Kabel

Mouse yang menggunakan kabel. Saat in masih banyak digunakan, dan menggunakan teknologi optic, serta port USB. Memiliki harga yang lebih murah apabila dibandingkan dengan wireless.

  1. Mouse Wireless

Merupakan jenis mouse tanpa kabel, hanya mendukung port USB dan juga sistem input yangmenggunakan optic. Bisa berukuran besar hingga kecil, dan juga mendukung penggunaan pada mouse gaming.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Monday 12th, October 2015 / 09:19 Oleh :
Kategori : Mouse