6 Cara Menghapus Virus Trojan Di PC Paling Mudah

Dalam dunia komputer, virus Trojan merupakan sebuah program malware yang dapat memberikan kerugian kepada orang lain. Program ini memiliki karakteristik seperti virus pada umumnya dan disertai juga kemampuan untuk mengelabui korbannya. Sama seperti virus lainnya virus trojan memiliki dampak yang dapat merugikan korban yang dalam berbagai cara. Istilah kata trojan sendiri diambil dari kisah salah satu perang yang ada di Yunani mengenai keberhasilan Kuda Kayu raksasa dalam mengelabui pasukan yang ada di Kota Troya. Keberhasilan tersebut mengakibatkan kota tersebut diambil alih oleh pasukan musuh.

ads

Virus Trojan memiliki kemampuan untuk  memulai infeksi pada komputer lainnya secara remote atau tanpa harus terhubung secara langsung dengan komputer yang terinfeksi. Hal ini membuat suatu komputer yang berada dalam jaringan tertentu seperti komputer dalam suatu kantor menjadi target yang mudah bagi virus jenis ini.

Virus Trojan biasanya menyebar melalui suatu bentuk media sosial seperti email, messenger ataupun format lainnya. Dalam penyebarannya virus ini akan tampak seperti sebuah lampiran file yang ada pada suatu pesan email. Jika lampiran file tersebut dibuka maka komputer anda akan terinfeksi oleh virus ini. Beberapa dampak negatif yang dapat diberikan oleh virus jenis ini adalah perubahan pengaturan dalam komputer, pemberian akses kepada pihak – pihak yang tidak bertanggung jawab, serta pencurian data – data pribadi yang ada didalam komputer yang terinfeksi. Hal itu akan memungkinkan para pembuat virus tersebut memiliki akses terhadap data- data penting milik  sang korban.

Virus trojan juga memiliki kemampuan untuk menginfeksi perangkat lainnya yang terhubung dalam jaringan yang sama. Biasanya serangan virus ini akan diikuti dengan virus jenis ransomware yang tidak kalah merugikannya bagi sang korban. Jika anda sudah menyadari bahwa komputer anda telah terinfeksi oleh ransomware maka anda dapat mencoba cara menghilangkan virus ransomware.

Virus Trojan di PC

Tidak seperti virus komputer yang sering ditemukan dan juga worms. Trojan biasanya tidak akan mencoba untuk melakukan penginjeksian diri mereka ke dalam file lainnya ataupun sistem lainnya secara otomatis. Proses infeksi akan dimulai ketika ada respon atau interaksi dari penggunanya.

File virus trojan seringkali disembunyikan pada kiriman email ataupun messenger sebagai sebuah lampiran file yang dikirim oleh orang tertentu. Bagi kebanyakan kasusnya infeksi dari program virus trojan dimulai dengan cara membuat entry konfigurasi yang ada pada Windows Registry untuk dapat membuat program ini berjalan pada suatu program Windows ataupun sistem operasi lainnya. Teknik ini seringkali membuat korban – korban dari infeksi virus trojan merasa seperti telah dikelabui. Itulah sebabnya mengapa malware jenis ini disebut sebagai Trojan/ Trojan Horse.

Cara menghapus virus trojan di PC berbeda dengan cara menghapus virus trojan di android oleh karena itu ada beberapa langkah berbeda yang perlu diperhatikan. Jika komputer anda telah terinfeksi oleh virus trojan maka komputer anda akan menunjukkan beberapa ciri – ciri komputer terkena virus.

Sayangnya untuk Sistem Operasi Windows sendiri anda banyak cara yang membuat virus trojan ataupun malware lainnya memulai proses infeksinya sehingga akan sangatlah sulit bagi pengguna komputer kebanyakan untuk mengetahui asal mulai infeksi virus komputer pada perangkat yang digunakan.


Berita baiknya saat ini telah banyak tersedia program – program yang didesain untuk mendeteksi infeksi – infeksi virus termasuk virus trojan yang ada di PC. Program – program tersebut dapat mendeteksi sebagian besar virus yang tersebar di internet termasuk virus komputer paling mematikan di dunia.

Cara Menghapus Virus Trojan di PC

Cara paling mudah untuk menghapus virus trojan di PC adalah dengan menggunakan program virus removal yang dapat dengan mudah ditemukan di Internet. Program virus removal yang banyak digunakan oleh orang lain adalah program MalwareBytes. Berikut merupakan cara menghapus virus trojan di PC dengan menggunakan antivirus atau virus removal

  1. Langkah pertama yang anda perlu lakukan adalah merestart komputer anda jika anda sedang menggunakannya. Proses restart akan dibutuhkan apabila anda mengalami kesulitan untuk menutup aplikasi – aplikasi yang sedang berjalan pada komputer anda. Dengan melakukan hal ini anda akan menutup semua aplikasi yang sedang berjalan termasuk aplikasi yang berjalan dibelakang layar (background).
  2. Jika komputer anda mengalami infeksi virus yang cukup berat sehingga performa komputer anda menjadi lambat, sebaiknya jalankan kembali komputer anda melalui fitur “Safe Mode”. Fitur ini akan memuat fungsi – fungsi esensial yang dibutuhkan oleh sistem operasi yang anda gunakan. Fitur ini juga akan membuat proses penghapusan virus trojan di PC akan menjadi lebih efektif. Karena ada beberapa virus yang kadang dapat mengelabui program virus removal ataupun antivirus.
  3. Setelah selesai melakukan restart. Jalankan antivirus yang anda gunakan (kalau bisa gunakan antivirus yang sudah memiliki reputasi yang baik seperti Avast, AVG, MalwareBytes, AdwareCleaner dan sejenisnya). Tunggu hingga antivirus ataupun virus removal yang anda gunakan telah benar – benar selesai termuat. Pendeteksian virus oleh masing – masing antivirus ataupun virus removal memiliki tingkatan yang berbeda – beda tergantung developernya. Oleh karena itu biasanya beberapa orang lebih memilih untuk menggunakan beberapa software sekaligus untuk menghilangkan infeksi virus pada komputer mereka. Akan tetapi perlu diingat hindari penggunaan dua jenis atau lebih antivirus secara bersamaan karena hal ini akan menyebabkan konflik antar masing – masing software yang tentunya akan berdampak pada performa komputer. 

  4. Jika telah terbuka dan siap untuk digunakan. Jalankan proses scanning pada komoputer yang anda gunakan untuk mendeteksi trojan ataupun jenis virus lainnya.
  5. Tunggu hingga proses scanning selesai.
  6. Jika virus trojan telah terdeteksi, tutup aplikasi antivirus pada komputer anda. Dan lakukan proses restart pada komputer anda untuk memastikan bahwa virus trojan tersebut benar – benar telah terhapus. Dan bila perlu kosongkan recycle bin pada komputer anda jika proses restart telah selesai dilakukan.
  7. Kemudian matikan fitur System Restore jika anda menggunakan sistem operasi Windows. Untuk melakukannya pergi ke menu Start pada bagian bawah layar, kemudian klik kanan pada bagian icon My Computer untuk pergi ke Properties. Dari sana centang Turn Off System Restore di bawah bagian tab System Restore yang ada di Jendela Properties, kemudian untuk menyelesaikannya tekan Apply untuk mengkonfirmasi tindakan yang anda inginkan. Dari sana lalu Klik Yes dan OK.

Dengan memperhatikan keamanan komputer anda dan menjaga kebiasaan browsing internet sehat anda dapat mencegah komputer anda terinfeksi oleh virus komputer paling mematikan di dunia. Itu tadi pembahasan mengenai cara menghapus virus Trojan di PC sampai jumpa lagi di pembahasan selanjutnya.

, , , ,
Oleh :