Pengertian Brainware Menurut Para Ahli dan Contoh-contohnya !

Apakah kamu pernah mendengar istilah brainware? Mungkin untuk orang yang tidak terlalu bergelut di dunia komputer masih asing dengan istilah ini. Biasanya orang-orang lebih kenal dengan istilah pengertian software dan juga hardware. Padahal brainware juga merupakan salah satu unsur yang penting.

ads

Brainware sendiri secara umum adalah manusia yang mengendalikan atau memegang kendali komputer. Dari pengertian tersebut bisa disimpulkan jika semua orang yang menggunakan ataupun mengoperasikan sebuah komputer bisa disebut sebagai brainware. Akan tetapi, tidak hanya manusia saja. Ketika suatu saat ada sebuah mesin atau sebuah kecerdasan buatan yang mampu mengendalikan sistem komputer secara otomatis, maka mesin atau kecerdasan buatan tersebut bisa dikategorikan sebagai brainware.

Pengertian brainware sendiri sebenarnya masih bisa lebih khusus lagi. Contohnya pengertian brainware dari sisi perusahaan adalah seseorang yang memiliki keahlian dalam menggunakan atau mengendalikan komputer baik secara hardware maupun software. Sedangkan dalam dunia bisnis, brainware sendiri adalah seseorang atau sekelompok orang yang mempunyai kecerdasan maupun keahlian dalam menganalisis suatu jaringan komputer. Menurut beberapa ahli, pengertian brainware sebagai berikut.

  • Azhar Susanto (2004)

Azhar susanto berpendapat bahwa brainware seseorang yang dapat menciptakan, mengatur, dan mampu untuk menjalankan sebuah sistem informasi.

  • Edi Purwono (2004)

Menurut Edi Purwono brainware adalah seorang ahli profesional yang secara langsung terlibat dalam pengolahan sebuah sistem informasi. Orang-orang yang ahli tersebut antara lain bagian sistem analis dan juga programmer.

Meskipun memiliki berbagai macam makna yang berbeda, namun intinya tetap sama yaitu orang yang memakai komputer. Menurut barinware versi perusahaan, ada beberapa bagian yang harus ada, antara lain sebagai berikut.

1. Operator

Operator adalah seseorang atau beberapa orang yang bertugas untuk melakukan pelayanan dengan menggunakan sistem komputer. Pelayanan di sini bisa berhubungan dengan karyawan di dalam perusahaan tersebut atau bisa juga pelayanan kepada masyarakat luar. Tugas operator hanyalah menjalankan sistem komputer yang ada berdasarkan petunjuk. Dia tidak berhak untuk memodifikasi sistem yang ada kecuali mendapatkan izin dari programmer.

2. Programmer

Programmer adalah seseorang yang memiliki intelektual ataupun keahlian dalam sistem komputer, khususnya dalam bagian software. Programmer sendiri memiliki beberapa bagian yakni bagian depan atau biasa disebut frontend dan juga bagian backend. Frontend sendiri adalah suatu pelayanan yang ditunjukan untuk pengunjung sebuah aplikasi ataupun website. Sedangkan backend adalah pelayanan yang ditunjukan kepada admin sehingga pengunjung tidak dapat melihatnya.

3. Administrator

Nah, administrator atau bisa juga disingkat admin ini adalah seseorang maupun beberapa orang yang bertugas untuk menjaga sistem yang sudah dibuat oleh programmer. Selain menjaga, admin ini juga berkuasa penuh untuk menambahkan atau menghilangkan bagain-bagian yang dianggap penting terhadap suatu sistem. Apabila ada kesalahan di dalam sistem, maka itu merupakan tanggung jawab administrator.

4. Sistem analis

Sistem analis adalah orang yang bertanggung jawab dalam sebuah perencanaan mengenai sistem operasi server, mengetahui macam-macam database, cara memilih komputer server, dan lain-lain. Oleh sebab itu, seorang sistem analis harus memiliki kemampuan analisis yang akurat dan juga tepat. Jangan sampai analisisnya meleset karena hal tersebut akan berdampak besar dengan hasil rancangan sistemnya.

5. Konsultan

Konsultan di sini adalah orang yang memiliki pengetahuan yang luas dalam bidang komputer sehingga dia dapat memberikan jalan keluar atau solusi ketika ada masalah pada sistem. Setiap perusahaan pasti membutuhkan sosok konsultan ini karena dapat memberikan jawaban yang tepat dan juga akurat sehingga permasalahan pun dapat diselesaikan dengan cepat.

6. Teknisi

Jika programmer bertugas dalam mengatasi hal-hal yang berhubungan dengan software, maka teknisi adalah orang atau beberapa kelompok yang bertugas mengatasi hal-hal di bagian hardware. Contohnya seperti kerusakan pada layar monitor, CPU, kabel-kabel, dan lain sebagainya. Seorang teknisi harus mampu memperbaikinya agar bisa kembali normal seperti sedia kala.


7. Desain grafis

Desain grafis adalah orang yang bertugas untuk membuat desain menjadi lebih menarik. Desain grafis pada umumnya harus mampu menguasai software-software yang diperuntukan membuat desain grafis seperti Adobe Photoshop, Corel Draw, dan lain-lain. Selain membuat desain secara gambar, desain grafis juga diharapkan mampu untuk membuat animasi yang menarik.

8. Trainer

Sosok trainer juga penting karena dia harus mampu mendidik dan juga memiliki pengetahuan yang banyak. Hal ini bertujuan agar akan selalu ada regenerasi di dalam perusahaan. Dengan begitu, orang-orang yang sebelumnya tidak mengenal dunia komputer menjadi ahli di bidang tersebut.

9. Pemimpin proyek (project manager)

Di dalam suatu proyek, pasti ada satu sosok pemimpin di dalamnya. Ya, pemimpin proyek atau biasa disebut sebagai project manager adalah seorang mandor yang bertugas mengendalikan sekaligus juga mengawasi suatu proyek agar bisa sejalan dengan apa yang sudah direncanakan.

Itulah pengertian brainware menurut para ahli dan juga bagian-bagiannya.  Jika ditarik kesimpulan, fungsi brainware sangat penting di dalam dunia teknologi dan informasi. Dengan adanya brainware, jalannya jaringan teknologi dapat lancar, pelayanan yang berhubungan dengan komputer dapat disalurkan dengan baik, dan dapat memberikan informasi yang akurat dan juga tepat.

, ,