3 Cara Download YouTube Go (Aplikasi dan Video Offline)

Anda suka menonton video? Atau manfaat Youtube bagi Anda adalah sebagai media hiburan dan informasi? Tetapi, Anda seringkali dengan masalah koneksi internet yang kurang mumpuni untuk menonton video? Atau, kuota internet Anda tidak cukup untuk memuaskan dahaga Anda akan video-video favorit Anda di Youtube? Tenang, saat ini Google telah meluncurkan aplikasi YouTube Go, yaitu aplikasi streaming video “ramah data”. Loh apa itu maksudnya “ramah data”?

ads

Jadi, aplikasi ini ditujukan untuk masyarakat yang tinggal di daerah yang tidak memiliki kecepatan internet yang baik. Aplikasi ini sebenarnya sama saja dengan aplikasi YouTube biasa yang ada saat ini, yang memiliki fungsi utama untuk streaming video. Hanya saja, perbedaan YouTube Go terdapat pada adanya berbagai fitur untuk menghemat data internet.

Salah satu fitur yang dimiliki oleh YouTube Go adalah fitur preview video dalam bentuk slideshow layaknya seperti file presentasi. Dengan fitur ini, pengguna bisa mendapatkan gambaran dari video yang akan ditonton. Fitur lainnya dari YouTube Go adalah pengguna bisa mendownload video yang ada melalui YouTube Go. Fitur ini menjadikan pengguna hanya menggunakan data internet untuk streaming video cukup sekali saja.

Menariknya, pengguna bisa melihat ukuran file dari video yang akan didownloadnya. Jika pengguna ingin menghemat kuota internet, pengguna bisa mendownload video yang ukuran filenya paling kecil. Tentu saja, ada konsekuensi yang harus diterima, yaitu video dengan ukuran file terkecil memiliki resolusi yang rendah.

Selain itu, sebelum mulai mendownload video, aplikasi YouTube Go akan memberitahu pengguna soal kapasitas penyimpanan yang masih tersedia di perangkat Androidnya. Di dalam aplikasi ini juga terdapat fitur untuk mengirimkan video yang sudah didownload ke smartphone lainnya dengan memanfaatkan teknologi Bluetooth.

Dari semua fitur-fitur yang dimiliki oleh YouTube Go, pasti Anda lebih tertarik pada fitur untuk mendownload videonya kan? Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi seputar cara download YouTube Go, mulai dari cara download aplikasi hingga download videonya. Oke, mari kita simak infonya sama-sama.

1. Cara Download Aplikasi YouTube Go

Aplikasi YouTube Go tidak sembarang bisa didapatkan di semua negara. Hanya ada dua negara saja yang berkesempatan untuk menikmati fitur-fitur unggulan dari aplikasi satu ini, yaitu India dan Indonesia. Nah, karena aplikasi tersebut sudah ada di negara kita, berikut kami sampaikan langkah-langkah mendownloadnya melalui Google Play Store:

  • Dari tampilan awal Android Anda, buka daftar aplikasi
  • Pilih Google Play Store
  • Pada kotak pencarian, ketik “Youtube Go” (tanpa tanda kutip) lalu tekan Enter
  • Pilih “Youtube Go” pada hasil pencarian
  • Sentuh tombol “Instal” pada halaman detail aplikasi.
  • Tunggu proses download dan instalasi hingga selesai
  • Voila, kini Anda sudah memiliki aplikasi YouTube Go di perangkat Android Anda.

Sebelum memulai langkah-langkah di atas, pastikan Anda telah melakukan cara mengaktifkan Play Store di perangkat Android Anda. Caranya bisa disimak di situs kami ini.

2. Cara Download Video di Youtube Go

Dengan aplikasi YouTube Go, Anda bisa mendownload video untuk ditonton secara offline. Lalu, gimana sih langkah-langkahnya? Yuk simak di bawah ini:

  • Buka aplikasi YouTube Go di perangkat Android Anda
  • Sentuh video yang ingin didownload di tab Beranda atau di halaman hasil pencarian.
  • Sentuh gambar thumbnail video.
  • Pilih kualitas video yang ingin didownload, lalu pilih “Download”. Kualitas standar biasanya akan terpilih secara default. Oleh karena itu, Anda harus memilih dulu kualitas video yang akan didownload.
  • Proses download akan dimulai. Tunggu sampai selesai.
  • Selanjutnya, tombol Download di bawah video akan berwarna biru saat proses download selesai.

Oh iya, jika koneksi internet yang Anda gunakan tiba-tiba terputus saat mendownload video, proses download akan dilanjutkan secara otomatis ketika Anda terhubung kembali ke internet. Tetapi jika koneksi internet Anda terganggu padahal kondisi jaringan sedang bagus, mungkin Anda harus mengecek kuota Anda. Salah satunya dengan cara cek kuota AXIS bagi Anda pengguna AXIS, atau untuk provider lain bisa menyesuaikan.

Sebagai informasi, video yang sudah download di YouTube Go bisa diputar secara offline hingga 29 hari. Setelahnya, Anda harus menghubungkan kembali perangkat Android Anda ke jaringan seluler atau Wi-Fi setiap 29 hari setelah video didownload.

YouTube Go akan menggunakan data seminimal mungkin untuk memeriksa perubahan pada video atau ketersediaannya untuk didownload. Jika video yang didownload sudah tidak lagi tersedia untuk pemutaran offline, maka video akan dihapus dari perangkat Android pada sinkronisasi berikutnya.

Untuk menonton video hasil download, Anda bisa menemukannya di tab Download. Tetapi, Anda harus login dulu dengan akun Google. Pastikan Anda telah melakukan cara mendaftar akun Google yang telah kami bahas di situs ini.
Oh iya, untuk login ke akun Google Anda, berikut ini caranya:
  • Buka Menu (ikon tiga titik) di bagian atas halaman aplikasi.
  • Pilih “Setelan”.
  • Di bagian “Profil”, Anda akan melihat akun Google yang sudah login ke aplikasi tersebut.

Sebagai informasi bagi Anda, video yang telah didownload di YouTube Go tidak bisa ditampilkan di aplikasi Foto atau Galeri di perangkat Android Anda. Hal tersebut karena video yang didownload dari Youtube Go telah dienkripsi agar bisa diputar hanya di aplikasi YouTube Go. Oleh karena itu, video-video hasil download Anda hanya bisa ditonton dengan aplikasi YouTube Go.

3. Download video di YouTube Go ke Kartu SD

Anda juga bisa mendownload video dari YouTube Go ke kartu micro SD di perangkat Android Anda. Nah, untuk memastikan video yang Anda download sudah tersimpan di kartu micro SD, pastinya Anda harus memasang kartu micro SD di perangkat Android Anda. Tetapi, Anda harus mengakftifkan penggunaan kartu micro SD terlebih dulu di aplikasi YouTube Go. Jika Anda tidak melakukannya, video yang didownload akan tersimpan di memori internal perangkat Android Anda. Berikut ini cara mengaktifkannya:

  • Buka Menu (ikon tiga titik) di bagian atas aplikasi YouTube Go.
  • Sentuh “Setelan”.
  • Di bagian “Penyimpanan Video,” pilih Kartu SD.
  • Pilih untuk menyimpan video ke memori kartu SD.

Oh iya sebagai catatan, Jika Anda mencabut kartu micro SD dan memasangnya di perangkat Android lain, video YouTube Go yang disimpan di kartu micro SD tersebut tidak akan bisa diputar. Jangan lupa, pastikan kartu micro SD yang Anda gunakan untuk mendownload video memiliki cukup ruang kosong. Satu lagi, setelah menggunakan kartu micro SD, Anda tidak bisa memutar video yang disimpan di lokasi penyimpanan lainnya. Jika kartu micro SD Anda tidak terdeteksi, bisa jadi kartu tersebut rusak. Baca aja cara memperbaiki kartu memori yang rusak di situs ini.


Oke, sekarang kami akan tunjukkan cara mendownload video YouTube Go untuk disimpan di kartu micro SD. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi YouTube Go di perangkat Android Anda.
  • Buka video yang ingin didownload ke kartu micro SD.
  • Sentuh video 1 kali.
  • Pilih kualitas video yang diinginkan, yaitu kualitas dasar atau standar.
  • Sentuh “Download”.
  • Anda bisa melihat proses download video di layar Beranda atau di tab Download. Selanjutnya, video yang didownload akan disimpan di kartu micro SD.

Oh iya, Anda tidak bisa langsung memindahkan video ke lokasi penyimpanan lainnya seperti yang kami tuliskan sebelumnya. Untuk memindahkan video yang didownload dari memori internal perangkat Android ke kartu micro SD, Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Hapus dahulu video yang didownload dari memori internal perangkat Android Anda.
  • Ganti lokasi penyimpanan video ke kartu SD.
  • Download lagi video yang dihapus barusan.

Sekian informasi yang bisa kami berikan seputar cara download YouTube Go. Semoga informasi kali ini bisa bermanfaat untuk Anda.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Internet