Jangan Panik, Ini Dia 5 Cara Mengatasi Keyboard Android Tidak Muncul

Seperti halnya fungsi keyboard dan mouse pada komputer, keyboard pada smartphone menjadi komponen yang sangat penting bagi smartphone Android. Karena kebanyakan smartphone Android menggunakan layar sentuh atau touch screen, maka keyboard di Android tersedia dalam bentuk aplikasi.

ads

Tanpa aplikasi keyboard di smartphone, kita jadi tidak bisa melakukan banyak hal. Mulai dari mengirim SMS, mengirim pesan via WhatsApp, update status Facebook, bahkan sampai cara cek kuota XL pun juga pasti membutuhkan keyboard untuk mengetik nomornya. Oleh karena itu, jika aplikasi keyboard di perangkat Android bermasalah, maka akan sangat menyulitkan kita sebagai pengguna dalam menggunakan perangkat tersebut.

Seperti halnya sebuah aplikasi pada umumnya, aplikasi keyboard juga bisa bermasalah dari sisi software. Anda bisa menilai sendiri kelebihan dan kekurangan OS Android dari masalah aplikasi keyboard yang Anda gunakan.

Memang apa saja masalah yang biasa terjadi pada aplikasi keyboard di perangkat Android? Berikut ini adalah masalah-masalahnya:

  • Keyboard tiba-tiba menghilang atau tidak muncul. Hal ini biasanya terjadi ketika pengguna sedang menggunakan aplikasi keyboard, lalu tiba-tiba keyboard hilang sendiri.
  • Keyboard tiba-tiba berhenti. Gejalanya yaitu saat sedang digunakan, hasil ketikan keyboard tidak muncul di layar dan aplikasinya tidak bisa dihilangkan dengan tombol back.
  • Keyboard tidak bisa digunakan. Gejalanya, aplikasi keyboard tidak bisa dibuka ataupun diatur.
  • Keyboard tiba-tiba force close. Saat sedang digunakan, tiba-tiba keyboard menghilang dan ada pesan “Force close” dari Android
  • Keyboard android hilang. Gejalanya, setelah menyentuh kolom untuk isian, aplikasi keyboard malah tidak muncul.

Apakah aplikasi keyboard di perangkat Android Anda mengalami masalah seperti di atas? Jika iya, Anda tak perlu khawatir. Karena pada kesempatan kali ini, kami akan membahas seputar cara mengatasi keyboard Android tidak muncul. Cara-cara yang akan kami jelaskan di bawah ini bisa diaplikasikan di semua perangkat Android dari merk apa saja, mulai dari Xiaomi, Sony, Motorola, Samsung, Lenovo, Nokia, Oppo, LG, Advan, Asus, Vivo, ZTE, Evercross, OnePlus, dan merek perangkat Android lainnya. Baiklah, berikut ini cara-caranya:

1. Hapus Cache Aplikasi Keyboard

Aplikasi keyboard yang bermasalah di perangkat Android terkadang diakibatkan oleh beberapa hal sepele. Salah satunya adalah cache aplikasi yang sudah menumpuk. Jika penyebab masalah aplikasi keyboard Anda karena cache aplikasi yang sudah menumpuk, maka cara penanganannya cukup mudah, yaitu dengan menghapus cache dari aplikasi tersbeut.

Untuk menghapus cache aplikasi keyboard di perangkat ber-OS Android, Anda bisa melakukannya tanpa harus menggunakan aplikasi tambahan. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Pada tampilan awal Android, buka daftar aplikasi
  • Pilih “Pengaturan”, “Settings”, atau “Setelan”
  • Pilih “Aplikasi” atau “Apps”
  • Cari nama aplikasi keyboard yang Anda gunakan. Contohnya GBoard atau LG Keyboard.
  • Setelah ketemu, pilih aplikasi keyboard yang Anda gunakan. Lalu sentuh tombol “Hapus cache”.
  • Untuk menguji keberhasilan langkah di atas, coba buka aplikasi chatting dan masuk ruang obrolan. Jika berhasil, aplikasi keyboard yang awalnya tidak muncul kini sudah bisa digunakan kembali.

2. Hapus Data Aplikasi Keyboard

Jika cara pertama yang kami sebutkan sebelumnya tidak dapat mengatasi masalah pada aplikasi keyboard di perangkat Android Anda, mungkin cara satu ini bisa Anda praktekkan. Cara kedua ini juga bisa dibilang cukup simpel untuk dilakukan, seperti halnya cara pertama.

Sebuah aplikasi smartphone terkadang menjadi crash dan error karena banyaknya data yang menumpuk. Hal serupa pun bisa terjadi pada aplikasi keyboard. Untuk mengatasinya, Anda dapat melakukan cara memperbaiki software HP yang rusak satu ini, yaitu menghapus data dari aplikasi keyboard yang Anda gunakan.

Patut diingat, menghapus data pada aplikasi bukan berarti menghapus atau meng-uninstall aplikasi tersebut. Jadi, cara satu ini aman untuk dilakukan dan tidak akan menghilangkan aplikasi keyboard Anda.

Untuk menghapus data aplikasi keyboard, ikut cara di bawah ini:

  • Pada tampilan awal Android, buka daftar aplikasi
  • Pilih “Pengaturan”, “Settings”, atau “Setelan”
  • Pilih “Aplikasi” atau “Apps”
  • Cari nama aplikasi keyboard yang Anda gunakan. Contohnya LG Keyboard atau GBoard.
  • Setelah ketemu, pilih aplikasi keyboard yang Anda gunakan. Lalu sentuh tombol “Hapus data”.
  • Untuk menguji keberhasilan langkah di atas, coba buka aplikasi chatting dan masuk ruang obrolan. Jika berhasil, aplikasi keyboard yang sebelumnya tidak muncul kini sudah bisa digunakan kembali.

3. Hentikan Secara Paksa Aplikasi Keyboard

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah pada keyboard Android adalah dengan menghentikan aplikasi keyboard di perangkat Android Anda secara paksa. Langkah-langkah yang bisa Anda ikut adalah sebagai berikut:

  • Pada tampilan awal Android, buka daftar aplikasi
  • Pilih “Pengaturan”, “Settings”, atau “Setelan”
  • Pilih “Aplikasi” atau “Apps”
  • Cari nama aplikasi keyboard yang Anda gunakan. Contohnya LG Keyboard atau GBoard.
  • Setelah ketemu, pilih aplikasi keyboard yang Anda gunakan. Lalu sentuh tombol “Hapus data”.
  • Untuk menguji keberhasilan langkah di atas, coba buka aplikasi chatting dan masuk ruang obrolan. Jika berhasil, aplikasi keyboard yang awalnya tidak muncul kini sudah bisa digunakan kembali.

4. Restart Perangkat Android Anda

Jika ketiga cara yang telah kami jelaskan di atas tidak mampu untuk mengatasi masalah aplikasi keyboard yang tidak muncul perangkat Android Anda, coba Anda melakukan cara mengatasi keyboard Android tidak muncul satu ini. Anda hanya perlu melakukan restart pada perangkat Android yang Anda gunakan. Langkah-langkahnya pasti Anda sudah tahu dong??? Cukup menekan lama tombol power pada perangkat Android Anda, lalu pilih “Matikan daya” atau “Mulai ulang perangkat”.

5. Download Aplikasi Keyboard Lainnya

Aplikasi keyboard sudah dihapus cachenya? Sudah dihapus datanya? Sudah dihentikan paksa? Perangkat Android Anda juga sudah direstart? Tetapi aplikasi keyboard Anda masih tidak muncul juga? Mungkin memang sebaiknya Anda menggunakan aplikasi keyboard lain, karena aplikasi keyboard yang Anda gunakan saat ini tidak cocok dengan perangkat Android Anda. Mungkin karena versi Android yang perangkat Ada gunakan sudah tidak cocok dengan aplikasinya, atau mungkin juga karena ada spesifikasi perangkat Anda yang tidak cocok dengan aplikasi keyboard tersebut.

Tenang, saat ini cukup banyak kok aplikasi keyboard yang bisa Anda download di Google Play Store, diantaranya adalah SwiftKey Keyboard dan GBoard. Oh iya, pastikan sebelumnya Anda sudah melakukan cara mengaktifkan Play Store yahh.


Untuk mendownload aplikasi keyboard di Google Play Store, langkah-langkahnya cukup mudah kok. Ini dia langkah-langkahnya:

  • Pada tampilan awal Android, buka daftar aplikasi
  • Buka Google Play Store
  • Masuk ke tab “Produktivitas” pada halaman awal aplikasi Google Play Store. Di tab tersebut, biasanya akan tersedia banyak pilihan aplikasi untuk produktifitas perangkat Anda, termasuk aplikasi keyboard.
  • Cara lainnya, saat di halaman awal aplikasi Google Play Store, sentuh kolom pencarian. Lalu ketik “keyboard” (tanpa tanda kutip). Selanjutnya, Anda akan melihat beberapa aplikasi keyboard dari hasil pencarian. Oh iya, cara ini bisa dilakukan jika aplikasi keyboard di perangkat Android Anda bisa muncul di aplikasi Play Store, namun tak bisa muncul di aplikasi lain.
  • Setelah Anda menemukan aplikasi keyboard yang Anda inginkan, sentuh tombol “Instal” pada halaman aplikasi tersebut untuk memulai proses download aplikasi keyboard tersebut.

Sekian informasi yang bisa kami berikan seputar cara mengatasi keyboard Android tidak muncul. Semoga informasi yang kami berikan bisa bermanfaat untuk Anda semua.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Andoid