Home » Software » Mobile Software » 7 Penyebab Akun Twitter Terkunci, yang Bikin Kamu Panik !

7 Penyebab Akun Twitter Terkunci, yang Bikin Kamu Panik !

by Elang Hendy Subrata

Twitter merupakan salah satu media sosial yang cukup digandrungi para warganet di dunia. Manfaat twitter sama halnya dengan manfaat Facebook, yakni dapat menyebarkan info-info yang menarik dengan sangat cepat. Selain itu keunggulan lainnya dari Twitter adalah dapat menjadi media komunikasi antar sesama. Bahkan banyak para selebritas dan para artis menggunakan twitter sebagai sarana komunikasi antara fans dan si artis tersebut.

Meskipun Twitter sangat mudah dalam pengoperasiannya, tidak jarang ada beberapa akun yang tidak dapat menggunakan Twitter. Banyak orang yang tidak dapat login ke twitter dengan berbagai ceritanya. Pastinya kamu bertanya-tanya, kenapa akun Twitter bisa terkunci dan tidak bisa digunakan. Untuk menjawab peertanyaan tersebut, berikut 7 penyebab akun Twitter terkunci yang tidak disadari oleh para pengguna.

1. Sering login pada perangkat yang berbeda

Cobalah kamu ingat-ingat kembali kapan terakhir login ke Twitter, apakah menggunakan smartphone sendiri atau menggunakan komputer? Perlu kamu ketahui bahwa sistem keamanan Twitter dapat mengetahui akun tersebut login pada perangkat apa, jam berapa, dan berada di lokasi mana akun tersebut aktif. Jika kamu sering login menggunakan perangkat berbeda dalam satu waktu, hal tersebut membuat akun yang kamu gunakan dianggap palsu. Oleh sebab itu, akun tersebut diblokir oleh pihak Twitter.

2. Membuat cuitan yang terlalu banyak

Apakah kamu termasuk orang yang sering melakukan cuitan setiap hari? Kalau benar, berapa kali kamu melakukan cuitan? Di dalam Twitter, jumlah cuitan yang boleh dilakukan tidak terbatas atau dalam artian boleh dilakukan sebebas-bebasnya.

Akan tetapi, jika sang pemilik akun melakukan cuitan terlalu banyak dalam satu hari dan dia selalu melakukan cuitan perdetiknya, maka hal tersebut juga dianggap spam oleh sistem. Akibatnya, akun tersebut juga dianggap penyebar spam dan otomatis dikunci oleh sistem pada Twitter.

3. Akun telah dihack seseorang

Kejadian ini cukup sering terjadi. Ketika kamu mencoba login ke Twitter, tiba-tiba muncul tulisan kalau akun yang kamu gunakan dikunci oleh pihak Twitter. Spekulasi yang bisa terjadi adalah akun milikmu telah dihack oleh seseorang. Sistem pada Twitter pun dapat mengetahui apakah akun tersebut telah dihack atau tidak melalui aktivitas yang dilakukan akun tersebut. Jika kau mengalami ini, sebaiknya gunakan cara menghapus akun twitter yang telah diambil orang lain.

4. Memanggil akun tertentu yang tanpa seizinnya

Salah satu alasan lainnya adalah memanggil akun tertentu tanpa izin dari akun tersebut. Pada beberapa kasus, ketika sebuah akun memanggil akun-akun yang khusus tanpa seizin dari akun tersebut, maka pihak Twitter berwenang untuk menindak akun tersebut sebagai spam. Hal tersebut dilakukan dengan tujuan melindungi akun dari spam atau akun-akun yang bisa jadi dapat meretas akun lainnya.

5. Cuitan kasar, provokasi, dan hal-hal negatif lainnya

Alasan lainnya adalah akun tersebut pernah melakukan cuitan yang mengandung kata-kata kasar, provokasi,  hal-hal mesum, dan cuitan-cuitan negatif lainnya. Sama halnya dengan media sosial lainnya, Twitter memiliki aturan yang tertulis ketika kita akan membuat sebuah akun.

Pada saat kita membuat akun baru, selalu ada sebuah aturan tertulis yang kalau kita teliti membacanya, ada hal-hal yang dilarang dilakukan, salah satunya adalah cuitan-cuitan negatif. Memang saat pertama kali melakukannya tidak akan langsung dikunci secar cepat, akan tetapi melalui proses terlebih dahulu apakah akun tersebut benar-benar melanggar aturan atau tidak.

6. Akun telah lama tidak digunakan

Alasan lainnya adalah akun tersebut tidak digunakan kembali oleh pemilik akun. Jika kamu sudah tidak login selama berhari-hari atau berminggu-minggu, akun masih tetap dapat digunakan. Akan tetapi jika kamu tidak login hingga bertahun-tahun lamanya, maka sistem akan mendeteksi bahwa akun tersebut dianggap akun palsu, spam, dan lain sebagainya.

Oleh sebab itu, saat login kembali, akun sudah dikunci oleh sistem . Kalau memang kamu sudah tidak ingin menggunakan Twitter lagi, kan lebih baik kamu menghapusnya saja.

7. Posting gambar-gambar, video atau hal-hal tanpa seizin pemilik

jika pada poin sebelumnya menyebut akun lain tanpa izin, maka pada poin ini, akun yang kamu gunakan memosting sebuah gambar atau video atau hal-ahal apapun tanpa seizin pemiliknya. Contohnya saja, jika kamu memosting video konser seorang artis padahal sudah ada aturan bahwa konser artis tersebut tidak boleh direkam, maka akun yang kamu gunakan dapat dikunci oleh sistem di Twitter.

Contoh lainnya adalah saat di bioskop, di dalam bioskop sudah sangat jelas tidak boleh ambil gambar maupun video daat pertunjukan berlangsung. Jika kamu memoto atau merekam film yang sedang berlangsung dan kamu memostingnya pada Twitter, maka akun tersebut dapat dikunci oleh sistem karena telah melanggar hak cipta.

Itulah 7 Penyebab akun Twitter terkunci yang tidak disadari oleh pemilik akun. Perlu kamu sadari bahwa terkuncinya akun Twitter terjadi sebagian besar karena melanggar aturan Twitter sendiri. Oleh sebab itu, kamu harus lebih berhati-hati dengan menggunakan akun media sosial lainnya agar masih tetap digunakan dengan aman. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat untuk kamu semua.

You may also like