Home » Kuliah IT » Web » 6 Cara Membuat Blog Menarik Pengunjung Betah Berlama-lama

6 Cara Membuat Blog Menarik Pengunjung Betah Berlama-lama

by Elang Hendy Subrata

Seiring dengan perkembangan jaringan komputer, saat ini sudah banyak orang-orang yang membuat konten untuk dapat menarik pembaca atau pengunjung. Pada dasarnya, blogging sendiri sudah ada sejak beberapa tahun yang lalu. Akan tetapi, seiring dengan semakin mudahnya masyarakat dalam mengakses internet, maka semakin mudah orang-orang dalam membangun “relasi” di dalam dunia maya.

Jauh sebelum Youtuber merajalela, dulu orang-orang membuat konten-konten yang menarik menggunakan blog. Dari sanalah istilah blogger muncul. Isi di dalam blogger bermacam-macam. Mulai dari konten makanan, tempat-tempat wisata, review sebuah film. Atau bahakan curhatan seseorang.

Akan tetapi, tidak semua para blogger sukses dalam membuat konten blognya. Terkadang ada beberapa blog yang sudah lama ada namun memiliki sedikit pengunjung atau jika meminjam istilah Twitter adalah follower. Kalau kamu berkeinginan membuat konten blog, sebaiknya ikuti terlebih dahulu beberapa cara berikut agar blog yang kamu buat bisa ramai oleh pengunjung dan mereka pun betaj di dalmnya.

1. Gunakan SEO

SEO atau singkatan dari Serach Engine Optimization merupakan hal yang sangat vital dala dunia blog. Ramai tidaknya suatu blog sangat ditentukan dengan seberapa banyak kata kunci yang kamu pakai saat situs mesin pencari bekerja. Contohnya, kamu menggunakan nama blog bernama “ABC”, nah cobalah kamu ketik nama situs “ABC” di Google. Jika tidak muncul nama blogmu, maka bisa dipastikan kamu belum berhasil memaksimalkan SEO pada blogmu sendiri.

Salah satu cara agar meningkatkan SEO ini adalah dengan meninggalkan tautan di berbagai media sosial yang kamu punya. akan tetapi janganlah terlalu sering melakukannya karena sistem akan menganggap kamu melakukan spam. Sebainye beri jeda selama 1 jam sekali saat memosting di media sosial.

2. Buat konten secara jelas dan konsisten

Sama halnya dengan konten Youtube. Kamu harus paham konten yang dinginkan di dalam blog tersebut. Jangan sampai kamu membuat konten makanan namun isi di dalam blog lebih banyak membahas permusikan. Tentunya hal tersebut terjadi ketidak konsistenan. Jika kamu memiliki isi konten yang sama dengan blog yang lain, maka kamu harus membuat sesuatu yang berbeda atau istilahnya memiliki ciri khas yang akan dikenang para pembaca.

Selain itu, pastikan juga kamu selalu konsisten dalam membuat konten. Konsisten di sini sebisa mungkin kamu selalu update mengenai konten baru. Hal ini juga berkaitan dengan SEO yang sudah dibahas pada poin pertama. dengan konten yang selalu konsisten update, kamu akan semakin dikenal Goggle dan kemungkinan besar blogmu juga dikenal banyak pembaca.

3. Gunakan Social Media

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, media sosial juga bisa menjadi jalan alternatif untuk memroposikan blog yang kamu buat. Yang paling mudah adalah kamu bisa promosikan kepada teman-teman di media sosial yang kamu punya dengan mengirimkan tautan blogmu. Aka tetapi kamu harus memerhatikan dulu norma-norma kesopanan. Jangan sampai temanmu malah terganggu dengan tautan yang kamu kirim.

Selain melaui teman, kamu juga bisa kirim tautan melalui status di media sosial. Baik itu Facebook, Twitter, Instagram, dan berbagai media sosial lainnya. Kamu dapat mengirim status yang berisi tautan blog yang kamu buat.

4. Sebarkan di komunitas online

Salah satu manfaat perkembangan komputer adalah dapat terjalinnya suatu komunitas secara online. Jika kamu masuk sebagai anggota komunitas online, maka kamu jga dapat mengirikam tautan di sana. Akan tetapi, biasanya di dalam komunitas memiliki peraturan untuk tidak menyebarkan tautan yang tidak berhubungan dengan tema komunitas tersebut. Oleh karena itu, sebaiknya kamu harus hati-hati agar tidak asal sebar tautan.

5. Selalu balas komentar dari pengunjung

Di dalam suatu blog biasanya disediakan kolom komentar untuk pembaca. Kolom komentar ini merupakan sebuah cara untuk berkomunikasi antara admin dan pengunjung. Para pengunjung pun dapat mengeluarkan pendapatnya mengenai isi blog yang kamu buat. Ketika pengunjung mengeluarkan pendapat, baik itu positif maupun negatif.

Sebisa mungkin kamu harus membalasnya. Dengan membalas komentar pengunjung, hal tersebut dapat memberikan kesan tersendiri pada pengunjung. Hal ini juga akan memberikan kesan positif pada pengunjung lain melalui mulut ke mulut. Dengan begitu, sedikit-demi sedikit blogmu akan dikenal.

6. Berikan kualitas konten terbaik

Ciri ciri blog yang menarik sangat tergantung padama kualitas konten yang kamu buat. Sebanyak apapun para pengunjung blogmu, mereka akan menghilang dengan sendirinya jika kuaiitas konten yang kamu berikan sangat buruk. Oleh sebab itu, ketika kamu membuat konten, sebaiknya buatlah sedetil mungkin tapi tidak berkesan berlebihan. Dan hal yang penting adalah tidak melakukan plagiat isi konten.

Jika kamu ingin membuat konten blog yang berkualitas, kamu bisa mencoba cara mengecek plagiarisme online yang tersebar di internet. Selain itu, untuk membuat pengunjung betah, kamu juga bisa menggunakan template pada blog. Pelajarilah cara pasang template blog agar tampilannya lebih menarik pengunjung.

Itulah cara membuat blog menarik pengunjung dan betah di dalamnya. Jika kamu sudah memiliki followers yang cukup banyak, jangan lupa untuk pelajari cara menghasilkan uang dari blog google adsense. Semoga bisa memberikan manfaat.

You may also like