6 Cara Pasang Template Blog WordPress dan Blogger

Blogging adalah salah satu jenis kegiatan yang banyak dilakukan oleh banyak orang dewasa ini. Kemudahan dalam membuat blog, cepatnya belajar masalah blogging, tersedianya akses hosting gratis, dan berbagai macam hal lainnya semakin memudahkan kita semua untuk memiliki blog pribadi sendiri. Oleh karena itulah, tak ayal banyak orang yang saat ini mulai membuat blog sendiri, baik untuk kepentingan bisnis ataupun untuk kepentingan yang lainnya. Misalnya, mereka menerapkan cara menghasilkan uang dari blog Google Adsense. Hal itu tentunya menuntut mereka untuk mengetahui beberapa hal mengenai blogging, termasuk salah satunya bagaimana cara pasang template blog sesuai dengan platform blog yang mereka miliki.

ads

Apakah kamu merupakan salah satu di antara orang-orang yang hobi blogging? Apabila iya, tentu saja kamu harus mengetahui bagaimana cara pasang template blog sesuai dengan platform blog yang kamu pilih. Dua platform blog utama yang mungkin bisa kamu gunakan tentu saja adalah blogger dan juga wordpress. Oleh karena itulah, kamu harus mengetahui bagaimana cara pasang template blog pada blogger dan wordpress yang akan kita bahas berikut ini, selain mengetahui pula ciri ciri blog yang menarik agar bisa mendatangkan pembaca dengan rutin.

Memasang Template Blog di WordPress

WordPress adalah salah satu jenis platform blogging yang cukup populer. Platform blogging yang satu ini gratis dan bisa kamu gunakan sesuai dengan keperluanmu, tentunya ada beberapa fitur lain yang untuk menggunakannya kamu harus membayar terlebih dahulu. Apabila kamu menggunakan WordPress sebagai platform blogging di blogmu, beberapa langkah untuk memasang template blog yang bisa kamu gunakan antara lain adalah sebagai berikut.

1. Login ke Web

Langkah pertama yang perlu diterapkan apabila kamu ingin memasang template baru di WordPress adalah tentu saja masuk ke dasbor pengaturan WordPressmu. Biasanya kamu bisa mengaksesnya melalui alamat http://[nama situsmu]/wp-admin/ atau wp-login. Kamu hanya perlu mengisi username dan juga password yang kamu pakai untuk akunmu tersebut. Setelah itu kamu bisa masuk ke dalam menu dasbor wordpressmu. Perlu diingat bahwa ada perbedaan web dan blog, karena itulah menu dasbor WordPress mungkin tidak sama dengan menu yang biasa kamu gunakan ketika mengatur web.

2. Masuk ke pengaturan tema atau tampilan

Setelah kamu berhasil masuk ke dalam dasbor wordpressmu, maka langkah berikutnya yang perlu kamu lakukan adalah masuk ke dalam pengaturan webmu, khususnya pada bagian pengaturan tema atau tampilan. Setelah kamu masuk ke bagian pengaturan tema, maka langkah berikutnya yang perlu kamu lakukan adalah memutuskan apakah kamu ingin mencari tema secara online ataukah kamu ingin mengupload tema yang sebelumnya telah kamu download. Apabila kamu punya file tema yang sudah didownload, maka kamu bisa mengupload ke hosting blogmu, karena itulah salah satu fungsi web hosting, menyimpan datamu di server.


3. Menginstall tema baru

Download dan install tema online di WordPress.

Setelah kamu masuk ke dalam pengaturan web, maka kamu bisa mencari tema yang bagus secara online dengan mengetikkan kosakata yang ingin kamu cari, atau dengan memilih tema-tema rekomendasi yang telah disediakan oleh WordPress. Untuk menginstall tema secara online, kamu hanya perlu mengklik install pada menu baru yang muncul setelah kamu mengklik bagian tema yang kamu sukai.

Upload tema WordPress

Sementara itu, kamu juga bisa mengupload tema yang telah kamu download sebelumnya. Caranya juga cukup mudah, kamu hanya perlu mengklik pada bagian upload. Setelah kamu selesai mengupload, maka secara otomatis WordPress akan menginstall tema yang baru saja kamu upload tersebut. Dengan demikian, kamu bisa dengan mudah mendapatkan tema baru yang sesuai dengan apa yang kamu inginkan.

Memasang Template Blogger

Selain WordPress, Blogger adalah salah satu jenis platform blog yang banyak digunakan oleh orang di luar sana untuk ngeblog, bahkan mungkin platform ini lebih dahulu dikenal daripada WordPress. Untuk memasang tema di blogger, kamu membutuhkan cara yang berbeda daripada yang kamu lakukan di WordPress. Berikut in adalah beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk memasang template baru di Blogger.

1. Login ke blogger

Sebagaimana memasang tema di WordPress, untuk memasang template di Blogger, kita juga perlu terlebih dahulu login ke dalam dasbor blog kita. Dengan login ke dasbor web, maka kita bisa melakukan pengaturan sesuai dengan yang kita inginkan, termasuk memasang tema baru yang sesuai dengan kebutuhan kita. Untuk login ke blogger, kamu bisa masuk terlebih dahulu ke blogger.com, atau langsung saja mengunjungi situs blogmu untuk kemudian masuk dengan mengklik link login yang tersedia di sidebar. Masukkan username dan password yang kamu miliki, setelah itu kamu sudah selesai masuk ke platform blogmu.

Menu pengaturan Blogger

2. Masuk ke menu pengaturan

Setelah masuk ke dasbor blog, langkah berikutnya yang bisa dilakukan adalah masuk ke menu pengaturan tema atau appearance yang bisa ditemukan di sebelah kiri sidebar. Dari menu pengaturan tersebut, kamu bisa melihat menu untuk mengatur template blog yang kamu punyai.

Tombol pemulihan/backup tema

3. Mengubah template blog

Setelah kamu masuk ke menu pengaturan template, kliklah bagian pojok kanan atas, yaitu bagian yang bertuliskan backup / restore. Setelah kamu klik, maka akan muncul menu baru untuk merestore template blog yang kamu inginkan. Dengan memanfaatkan fasilitas restore inilah kamu bisa mengubah template blogmu dengan cara mengubah file XML template blog yang kamu punyai.

Menu backup/pulihkan Blogger

Selain menggunakan menu restorasi di atas, kamu juga bisa mengubah template blogmu dengan memanfaatkan pengaturan Edit HTML yang tersedia pada bagian pengaturan template. Untuk melakukan hal ini, tentunya kamu harus mengetahui bagimana cara untuk melakukan koding HTML yang sesuai dengan platform blog agar template yang kamu masukkan bisa di load oleh blogger dengan mudah dan cepat.

Mengedit template blog sendiri

Itulah beberapa macam cara pasang template blog di blog yang kamu miliki. Dengan melakukan beberapa hal di atas, pastinya kamu bisa mengubah template blogmu agar lebih sesuai dengan kebutuhan yang kamu miliki. Tentunya kamu harus mengetahui bahwa template blog yang cocok dan membuat pembaca nyaman, akan membuat traffic ke blogmu menjadi lebih tinggi pula. Dengan demikian, kamu bisa mendapatkan trafik yang lebih tinggi dan tentunya kamu akan menjadi lebih populer karenanya. Semoga dengan melakukan beberapa hal di atas, kamu bisa menyesuaikan template blog yang kamu miliki agar sesuai dengan kebutuhanmu. Jangan lupa untuk mempelajari tips-tips blogging yang lainnya, seperti misalnya cara memperbanyak followers Twitter agar blogmu makin dikenal.

Selamat mempelajari blogging dan semoga blogmu banyak dibaca oleh orang!

 

, ,
Oleh :
Kategori : Web