Sponsors Link

3 Fungsi Web Hosting Bagi Pengguna

Bagi mereka yang sudah sering aktif di dunia jaringan, tentu saja sudah tidak asing lagi dengan sesuatu yang bernama web hosting. Blogger, atau para pemilik website pribadi sepertinya juga sudah tidak asing lagi dengan istilah itu. Dengan kemajuan teknologi saat ini, web hosting menjadi salah satu teknologi yang sudah umum dan bahkan menjadi prasyarat agar suatu perusahaan, media, atau bahkan personal untuk menjangkau orang lain dengan mudah melalui situs yang mereka buat sendiri.

ads

Dari segi definisi, web hosting atau lebih sering disingkat dengan sebutan hosting saja merupakan sebuah sebuah layanan yang digunakan untuk menyimpan data dari sebuah situs (yang berisi halaman web, kode CSS, script PHP) dan lain sebagainya ataupun aplikasi online agar dapat diakses melalui internet oleh orang lain ketika mengunjungi alamat situs atau aplikasi online tersebut. Hosting memiliki perang yang tidak dapat diragukan lagi, sangat penting dalam perkembangan web karena semua data yang diperlukan untuk mengakses situs tersebut nantinya disimpan di dalam sebuah web hosting sehingga bisa diakses dimana saja melalui internet.

Baca juga:

Perusahaan-perusahaan yang menyediakan layanan jasa web hosting akan menyediakan server-server yang bisa disewakan kepada pengguna yang membayar atau ingin menggunakan jasa hosting tersebut sehingga masing-masing orang dapat menempatkan data mereka pada web hosting tersebut. Ukuran kapasitas penyimpanan yang berbeda biasanya diberikan oleh penyedia jasa web hosting karena para pengguna membayar dengan dengan tarif yang berbeda, atau bila tidak demikian, hal itu dilakukan sebagai wujud kesesuaian layanan mereka dengan filosofi yang mereka yakini.

Bagi kita yang ingin belajar tentang dunia jaringan, terutama jaringan internet, memahami atau mempelajari tentang web hosting termasuk salah satu hal yang penting karena dengan demikian kita dapat memahami apa yang diperlukan untuk membuat sebuah website dapat berjalan, apa bedanya hosting dengan domain, dan lain sebagainya. Pada artikel ini kita akan mempelajari apa itu fungsi web hosting dalam dunia internet sehingga kita bisa memahami dengan pasti posisinya dalam sistem jaringan internet.

Baca juga:

Berikut ini adalah beberapa fungsi web hosting yang dapat kamu ketahui.

1. Penyimpanan data

Fungsi utama dari web hosting sebenarnya adalah untuk menjadi tempat penyimpanan segala file yang dibutuhkan untuk memungkinkan suatu website atau aplikasi online milik pengguna dapat dijalankan oleh pengguna yang lainnya. Web hosting dapat diibaratkan sebagai sebuah perpustakaan, dengan situs atau data-data web sebagai sebuah buku. Perpustakaan menyediakan tempat, seperti rak, fasilitas seperti meja baca, dan akses seperti jam berkunjung yang memungkinkan seseorang untuk mengakses berbagai macam buku yang ada di perpustakaan tersebut. Web hosting, kurang lebih juga berfungsi seperti itu. Dengan penyimpanan ini para pengguna atau pemilik website dapat menyediakan data-data yang dibutuhkan oleh pengunjung website mereka.


Baca juga:

2. Alamat akses data situs

Web hosting juga berfungsi sebagai redireksi akses situs dari DNS tertentu. Maksudnya begini, misalkan situsmu memiliki alamat “abcd.com”. Situs abcd tersebut memiliki alamat domain yang teregister ke dalam DNS tertentu. Saat kamu berusaha untuk mengakses situs tersebut, maka server atau penyedia domain dari situsmu tersebut akan mengakses alamat hosting yang kamu gunakan untuk menjalankan situsmu tersebut. Tanpa adanya web hosting, walaupun alamat situsmu terdaftar dalam list DNS yang kamu gunakan, akan tetapi web atau situsmu tidak akan dapat diakses. Bahkan mungkin akan memunculkan error tidak ada alamat terhubung dan semacamnya ketika kamu berusaha mengakses webmu tersebut.

Baca juga:

3. Menjaga situs tetap online

Fungsi ini adalah fungsi yang sangat penting dan dimiliki oleh web hosting saja. Dengan mengaktifkan web hosting, maka situs yang kamu miliki akan tetap online selama penyedia layanan hosting yang kamu miliki tersebut senantiasa terjaga dengan baik. Dengan demikian situsmu pasti dapat diakses oleh siapa saja dan kapan saja tanpa perlu khawatir situsmu tiba-tiba akan mati. Pada beberapa kasus memang situsmu akan benar-benar mati, akan tetapi hal itu berpeluang lebih kecil apabila kamu menggunakan layanan yang berbayar dan memiliki garansi uptime sangat tinggi. Bila kamu ingin memiliki situs untuk kepentingan profesi, atau bisnis, maka sangat disarankan kamu menggunakan situs yang tahan banting, dalam arti dapat senantiasa online sekalipun banyak user yang melakukan akses dan lain sebagainya.

Jenis Web Hosting

Itulah beberapa fungsi web hosting yang dapat kamu ketahui. Selain mengetahui fungsi di atas, kamu juga sebaiknya mempelajari macam-macam web hosting yang beberapa di antaranya jenisnya adalah sebagai berikut:

Virtual hosting

Virtual (shared) hosting merupakan jenis web hosting yang paling banyak digunakan oleh kebanyakan orang. Di dalam satu server terdapat banyak hosting dan salah satu dari hosting tersebut adalah milik kita sendiri serta terdapat juga banyak hosting yang lain. Biaya sewa hosting ini relatif murah dan oleh karena itulah banyak orang menggunakan jenis hosting ini untuk kepentingan keseharian mereka.

Hosting gratis

Hosting gratis atau free hosting, seperti namanya, merupakan hosting yang tidak memerlukan biaya sewa jasa untuk menjalankan hosting ini, Hosting gratis merupakan salah satu jenis hosting yang paling banyak digunakan para pemula karena tidak banyak risiko yang perlu diambil untuk sekedar membuat layanan website yang mereka inginkan. Akan tetapi kebanyakan layanan seperti ini menampilkan banyak iklan dan juga memiliki keterbatasan-keterbatasan tertentu seperti jumlah bandwidth, dan lain sebagainya. 


Selain dua jenis hosting di atas, masih ada lagi hosting dengan nama collocated dan dedicated hosting. Bagi kamu yang ingin membeli hosting, perhatikan kapasitas, backbone atau teknologi yang digunakan , layanan support, backup, database, dan juga bandwidth karena semua itu sangat mempengaruhi kenyamananmu dalam mengelola situsmu serta mempengaruhi kenyamanan pengguna yang ingin mengakses web yang kamu miliki tersebut. Tanpa dukungan yang baik, maka situsmu akan sangat sulit untuk dikendalikan serta sangat tidak ramah bagi para pengunjung karena sering down, sering bandwidth limit exceeded, akses lama, dan lain sebagainya. Tentunya apabila hal itu terjadi sudah pasti sangat merugikan bukan? Sudah jelas membayar eh ternyata fiturnya sangat tidak mendukung.

Itulah beberapa pembahasan tentang fungsi web hosting yang dapat kita pelajari di sini. Semoga dengan membaca artikel ini pengetahuanmu tentang dunia jaringan semakin bertambah ya. Selamat belajar!

Artikel lain yang bisa kamu baca:

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Sunday 17th, September 2017 / 10:31 Oleh :
Kategori : Internet