15 Kegunaan Ekstranet Bagi Perusahaan

Ekstranet merupakan inftastruktur jaringan pribadi (privat) yang mennggunakan dan mengimplementasikan protokol internet dan sistem telekomunikasi publik sebagai media perantara untuk membagikan sebagian sumber daya informasinya secara aman dan terlindungi ke pihak luar terkait partner perusahan, dalam ini bisa kepada Supplier, Vendor, atau Customer. Perusahaan yang membuat infrstruktur extranet dapat bertukar data berukuran besar dengan memanfaakan EDI (Electronic Data Interchange),  berkontribusi dengan perusahaan lain dalam suatu kelompo intranet yang sama.

ads

Ekstranet, sesuai dengan namanya merupakan teknologi yang berfungsi mirip dengan teknologi Intranet,  hanya saja yang membedakan dari keduanya adalah pada cakupan / jangkauan dan penggunaanya. Ekstranet merupakan jaringan privat yang menggunakan protokol Internet dan sistem informasi global atau publik untuk membagikan sebagian sumber daya kepada jaringan publik, dalam hal ini bisa berupa “informasi” atau “data”. Jadi bisa diartikan Ekstranet merupakan Intranet yang terkoneksi dengan dunia luar atau publik, menggunakan jaringan Internet, yang dengannya bisa terhubung dengan Intranet lain atau LAN yang ditunjuk.

Baca juga :

Batasan Ekstranet

Meski demikian, tidak semua informasi Perusahaan yang akan akan diberikan ke jaringan publik melalui Ekstranet ini. Hanya informasi tertentu saja yang ada di Intranet suatu Perusahaan yang informasinya diijinkan untuk ditransmit ke jaringan Ekstranet, dengan melalui perantara sebuah Firewall router. Di Ekstranet ini Firewall Router memegang peranan penting dalam memantau aktivitas informasi keluar-masuk ke Intranet yang dihubungkan. Informasi yang mencurigakan atau dirasa tidak relevan diblokir, selain  itu, Firewall bertugas membatasi akses dari luar yang ingin mengakses sumber daya informasi di Intranet terkait.

Kegunaan Estranet

1. Kemudahan Pertukaran Informasi

Ekstranet memberikan kemudahan dalam membagikan sumber daya informasi dari Intranet suatu perusahaan ke Intranet perusahaan cabang atau jaringan publik yang mana memiliki geografi lokasi yang cukup berjauhan, dengan melalui jalur publik (Internet) dengan keamanan yang tinggi. Informasi yang diberikan meruapakan informasi yang sudah diatur untuk bisa diakses oleh jaringan luas, dalam dalam ini Ekstranet. Untuk informasi yang tidak di-Exporse maka tidak akan dishare ke publik.

2. Sebagai File Server

Ekstranet mempermudah untuk menjadikan file server perusahaan pusat untuk perusahaan cabang. Perusahaan pusat bisa mengimplementasikan sebuah file server berisi informasi sensitif, confidential, Aplikasi propriteary perusahaan, dan dokumen legalitas yang di-share untuk digunakan oleh perusahaan cabang secara aman melalui protokol Ektranet.

3. Remote jarak Jauh

Dengan menggunakan adanya VPN yang merupaka protokol Ektranet, memudahkan bagi staff berkepentingan dari suatu perusahaan untuk melakukan troubleshooting software, maupun hardware suatu perusahaan, instalasi, dan deinstalasi aplikasi perusahaan, tanpa harus berada di kantor, karena menggunakan aplikasi remote control semacam Teamviewer, untuk melakukan remote jarak jauh terhadap PC perusahan.


4. Media Informasi Perusahaan

Ekstranet bisa digunakan untuk menghemat anggaran dalam membuat  informasi atau company profile suatu perusahaan. Implementasi web server dan file hosting lokal dari Intranet suatu perusahaan, dan aktivitasi untuk bisa diakses dari publik, memungkinkan pembuaan website company profile suatu perusahaan tanpa perlu menyewa jasa web hosting untuk menyimpan File-file website.

5. Fitur Keamanan yang komplit

Ekstranet ditunjang dengan fitur keamanan yang cukup ketat. Tingkat akses dan batasan akses tiap pengguna atau kelompok pengguna dapat di kelola dan diatur melalui interface yang ada.

Baca juga :

6. Waktu yang lebih efisien

Waktu yang digunakanuntuk menjalankan bisnis bersama mitra menjadi lebih efisien, hal ini didapat karena Ekstranet menjanjikan kemudahan dan kecepatan information exchange (pertukaran) antara perusahaan dengan mitra dapat berlangsung dengan baik.

7. Kemudahan dalam Maintenance

Extranet juga memberikan kemudahan dalam pengelolaan infrastuktur, termasuk tapi tidak terbatas pada pengembangan hardware, jumlah link, node-to-node, dan Lain-lain.

8. Membangun sebuah industri Ekstranet

Beberapa Intranet. Dengan menggunakan Intranet Kita bisa membangun sebuah industri Ekstranet yang merupakan gabungan beberapa Ekstranet yang memiliki Ekstranet, yang berguna untuk mempermudah komunikasi.

9.Membangun Kemitraan Bisnis Digital

Dengan membangun sebuah Ekstranet maka memudahkan untuk membuat sebuah infastruktur jaringan yang menjembatani komunikasi digital dengan mitra bisnis perusahaan, baik, vendor, supplier, maupun customer.

10. Meningkatan efektivitas berbisnis

Dengan menggunakan infrastruktur Ekstranet tentu akan memberikan kemudahan dalam meningkatkan efektivitas berbisnis.

11. Akses Informasi dimana saja (portabilitas).

Dengan adanya Infastruktur Ekstranet, maka informasi yang disediakan bisa diakses dengan menggunakan berbagai perangkat seperti Handphone, Tablet, Laptop. Sehingga informasi yang disediakan bisa diakses kapan saja, dimana saja.

12. Perluasan jaringan lokal perusahaan

Dengan menggunakan Ekstranet, maka Perusahaan bisa memperluas cakupan jaringannya yang semula hanya jaringan Intranet menjadi jaringan yang lebh luas lagi. Dengannya, cakupan informasi yang bisa dijangkau akan lebih luas lagi.

13. Berbagi katalog produk dengan mitra dagang

Adapun dengan diadakannya infrastuktur Ekstranet memungkinkan perusahaan dan mitra dagangnya untuk saling berbagi katalog produk. Katalog yang ada akan selalu up-to-date dan confidential dimana informasi yang diberikan bersifat rahasia dan aman terlepas dari media yang digunakan untuk menjangkau informasi merupakan media publik yang sejatinya merupakan dimana informasi. 


14. Menjalankan operasi bisnis yang lebih baik, dan hubungan jangka panjang dengan customer.

Hubungan jangka panjang bisa diraih dengan adanya sarana komunikasi yang efektif dan efisien. Ekstranet menjanjikan platform komunikasi yang lebih baik dan lebar daripada Intranet, sehingga memmudahkan Kita dalam mendapatkan informasi ada dengan efektif dan efisien.

15. Customer mudah mendapatkan informasi

Para customer bisa dengan mudah mengamses berbagai informasi terkait sumber daya informasi internal perusahaan, jadwal atauu event kedepan, basis data media internal, dan berbagai informasi lainnya melalui jaringan Ekstranet.

Kesimpulan

Ekstranet merupakan infrastruktur jaringan yang sangat memudahkan Perusahaan dalam menjalin informasi dan komunikasi dengan berbagai mitra dagangnya, tanpa mengenal batas wilayah dan geografis yang ada. Informasi antar kedua belah pihak bisa tersampaikan dengan cepat dan aman sekalipun menggunakan media jaringan terbuka. Selain itu, dukungan protokol keamanan tak lupa disematkan pada teknologi Ekstranet ini, dengan bantuan Firewall Router.

Meskipun Ekstranet menjanjikan kemudahan penyampaian informasi, tetap menjadi hal yang penting untuk selalu merencanakan konsep infrastruktur dengan baik bagi mereka yang akan memperluas intranetnya dengan dukungan Ekstranet.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Sunday 17th, September 2017 / 10:23 Oleh :
Kategori : Internet