7 Persamaan Internet dan Intranet Harus Dipahami

Internet dan intranet merupakan dua bidang teknologi jaringan yang menghubungkan berbagai device membentuk suatu kumpulan dari link yang disebut network. Keduanya berada pada cakupan yang berbeda, Intranet itu menghubungkan PC-PC yang lokasinya berdekatan dan biasa nya skala penggunaaanya masih kecil, seperti intranet Perusahaan, Retailer, Toserba. Sedangkan Internet itu menghubungkan PC-PC yang  lokasinga berjauhn, lintas negara, lintas benua. Jadi bisa dilihat perbedaannya darj segi cakupunnya .

ads

Baca juga :

Meskipun keduanya memiliki perbedaan dilihat dari segi luas wilayah dan cakupannya, tetapi ada persamaan diatara keduanya, baik dari sisi teknologi yang digunakan,  penerapan aplikasi clientnya, dan parameter yang lainnya.

Definisi Internet dan Intranet

Tapi sebelum mulai masuk pada pembahasan artikel kali ini, ada baiknya Kita memahami dasar dari defisini Masing-masing Internet dan Intranet. Internet adalah kumpulan dari berbagi WAN diseluruu dunia membentuk sebuah Jaringan Komputer dunia, artinya Internet adalah jaringan dunia. Sedangkan Intranet adalah Internet yang cakupannya lebih kecil dan terbatas, biasanya digunakan pada skala korporasi dan retailer. Penggunaan Intranet didasarkan akan kebutuhan distribusi sistem informasi pada lingkung yang lebih terbatas dan terpisah atau terfilter dari adanya kemungkinan informasi bisa terkirim ke dunia luar, dalam hal ini internet.

Jadi walaupun dalam suatu korporasi dirancang Internet sedemikian rupa, tidak menjadi user Intranet tidak bisa mengakses berbagai konten yang ada di Internet. User Intranet dalam hal ini seluruh resource di korporasi yang bersangkutan, tetap bisa mengakses Informasi di dunia luar dengan bantuan router modem yang kebanyakan sudah memiliki fitur built in firewall sebagai pengaman sehingga informasi yang keluar dan masuk bisa dikendalikan di filterkan.

Mungkin itu sekilas tentang definisi kedua teknologi tersebut. Persamaan keduanya akan diulas di artikel kali ini. Selamat membaca.

Persamaam Internet dan Intranet

1. kesamaan Konten (Audio / Visual)

Meski keduanya berbeda dari segi  cakupan wilayah, penggunaan konten dari keduanya adalah sama. Baik untuk konten Audio, Video, Grafik, Dokumen, dan Lain-lain. Keduanya tetap menggunakan konten tersebut untuk berbagai keperluan distribusi data antar node. Distribusi berbagai konten tersebut dimungkinkan dengan artikel Internet Intranet ini.


2. Aplikasi yang digunakan sama

Selain kesamaan konten, kesaman dari keduanya adalah dari sisi penggunaan aplikasi (dalma hal ini aplikasi Client) Baik Internet maupun Intranet, Sama-sama memanfaatkan jenis aplikasi yang sama. Aplikasi jenis Web Browser untuk membuka laman terdistribusi, aplikasi E-Mail client yang bisa Kita gunakan oleh korporasi dalam pemanfaatan media komunikasi antar staff dengan domain internal yang dimilki oleh perusaan, aplikasi client untuk sharing konten menggunakan protokol FTP dan STP yang dibutuhkan oleh visi IT dalam troubleshooting aplikasi client yang terjadi di perusahaan tersebug, dan masih banyak lagi contoh yang lainnya.

3. Menggunakan protokol jaringan yang sama

Baik Internet maupun Intranet,Sama-sama menggunakan teknologi yang ada saat jni seperti HTTP, TCP/IP, SMTP, POP3, sehingga dimungkinkan pemanfaatan aplikasi yang sama diantara keduanya. Meski demikian, konfigurasi dan pemilihan aplikasi yang tepat yang akan digunakan tetap perlu dilakukan mengingat aplikasi yang ada saat ini memiliki kelebihan dan kekurangan Masing-masing. Tentu rasanya agak mubazir menggunakan aplikasi E-Mail yang lengkap jika hanya digunakan untuk keperluan berbasis Intranet, sedangkan tidak semua fitur tersebut akan Kita gunakan.

4. Dapat menghubungkan antar komputer

Kesamaan yang keempat adalah bahwa keduanya baik Internet maupun Intranet dapat menghubungkan antara node yang satu dengan node yang lain untuk bisa saling berkomunikasi, mendistribusikan data, membagikan konten, dan Lain-lain. Dalam hal ini node yang dimaksud adalah Komputer. Sehingga dikatakan bahwa dengan adanya kedua teknologi tersebut, berbagai konten bisa dilewatkan antar node melalui link yang ada hanya dalam waktu yang singkat. Hal ini ditunjang dengan perkembangan teknologi, arsitektur aplikasi, media fisik / cabling (fiber-optic) data dan masih banyak lagi.

Baca juga :

5. Sama-sama menggunakan teknogi keamanan berbasis Firewall

Karena keduanya bekerja pada distribusi jaringan yang saling terhubung, maka sudah menjadi hal yang pasti dibutuhkan untuk memanfaafkan teknologi keamanan Jaringan. Keduanya, baik Internet maupun Intranet Sama-sama menggunakan teknologi keamanan baik berupa Firewall untuk mengamankan jaringan yang ada, maupun Enkripsi untuk pengkodean konten tertentu agar hanya user tertentu saja yang bisa membuka konten tertentu yang dibagikan lewat jaringan, menggunakan security key yang diberikan oleh pengirim. Dengan demikian, keamanan jaringan keduanya pun terjamin berkat pengadaan sistem keamanan tersebut.

6. Lintas Platform Sistem Operasi

Persamaan yang keenam adalah bahwa kedua teknologi jaringan tersebut adalah sama sama bisa dijalankan pada lintas platform . Artinya baik internet maupun Intranet bisa menggunakan Sistem Operasi yang berbeda seperti Windows dengan Linux. Kedua platform tersebut Bisa saling berkomunikasi karena mennggunakan protokol yang sama yaitu HTTP dan protokol jaringan lainnya.

Baca juga :


7. Adanya Client dan Server

Persamaan yang ketuhuh adalah bahwa keduanya mendukung adanya node yang difungsikan sebagai Server dan Node-node lain yang difungsikan sebagai Client. Servee berperan menyediakan berbagai layanan yang dibutuhkan seperti File Sharing, Print Sharing, Keamanan Firewall, dan masih banyak lagi, sedangkan Client-lah yang merequest permintaan pada Server. Hal ini bersifat kesinambungan dan Terus-menerus. Hal yang demikian banyak Kita lihat pada penerapan Korporasi dimana pada arsitektur Intranet nya pasti disediakan sebuah Server untuk tujuan penyediaan layanan.

Dmikianam Intranet. Semoga artikel ini bisa memberi pengetahuan dan wawasan tambahan terhadap para pembaca sekalian akan fungsi dan batasan cakupan diantara kedua teknologi jaringan tersebut. Dengan demikian pembaca mampu memiliki gambaran dan wawasan yang cukup tentang apa itu Internet dan Intraner dan pemanfataanya dalam kebutuhan komputasi Sehari-hari.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Monday 28th, August 2017 / 07:39 Oleh :
Kategori : Konsep Jaringan