Home » Jaringan Komputer » Hardware Jaringan » 9 Manfaat LAN Card bagi User

9 Manfaat LAN Card bagi User

by Dini S.Kom

LAN Card, merupakan kartu atau chip yang disematkan ke dalam suatu komputer atau laptop yang berfungsi untuk mentransmisikan jaringan LAN atau Local Area Network. LAN sendiri pada umumnya merupakan salah satu jaringan yang paling banyak digunakan, seperti pada ruangan, warnet, kantor, ataupun sekolah tertentu. Jaringan akses LAN ini memiliki banyak keunggulan. Berikut ini adalah beberapa keunggulan dari jaringan LAN atau Local Area Network:

  1. Memiliki kecepatan yang cukup tinggi.
  2. Dapat mempercepat proses pentransferan data antar komputer di suatu lokasi.
  3. Tidak perlu menggunakan koneksi jaringan WAN yang kebanyakan membutuhkan biaya operator.
  4. Mudah untuk diaplikasikan pada jenis komputer apa saja.
  5. Tidak perlu khawatir dengan gangguan cuaca.

Sejarah LAN Card

lan cardCikal bakal dari LAN Card muncul pada periode tahun 1950-an, ketika apa yang dikenal dengan nama super komputer sudah bisa diciptakan. Hal ini mendukung pemikiran dari para peneliti yang menginginkan agar komputer bisa digunakan dalam waktu yang bersamaan.

Hal ini kemudian menimbulkan wacana berupa sebuah tuntutan bahwa satu komputer harus bisa melayani beberapa terminal sekaligus, karena biaya perakitan dari komputer yang sangat mahal pada masa itu. Dari situlah diciptakan apa yang dikenal dengan Time Sharing System, yang merupakan bentuk pertama dari kemunculan jaringan komputer, yang saat ini sudah berkembang sangat pesat.

Setelah era TSS maka kemudian dikembankan lagi sebuah sistem yang bernama Distribution Process, dimana pada saat ini satu host atau server dapat mengerjakan banyak pekerjaan atau task secara paralel yang terhubung secara serial dengan beberapa komputer dan juga terminal. Pada saat ini penggunaan Distribution Process sudah mulai dimatangkan, dan ketika harga perangkat serta komponen komputer mulai menurun dan sudah banyak produksi dari komputer maka dimulailah pengembangan dari peer to peer system.

Peer to Peer system merupakan suatu pengembangan jaringan dimana antara satu komputer dengan komputer yang lain bisa terhubung secara simultan, dimana kedua komputer bisa berperan sebagai server dan juga user atau client sekaligus. Inilah yang merupakan cikal bakal dari kemunculan jaringan Local Area Network atau yang biasa di kenal LAN yang saat ini sudah mulai berkembang terutama pada warnet-warnet dan juga sekolah-sekolah.

Manfaat dari LAN Card

LAN Card merupakan salah satu perangkat komputer yang memiliki fungsi penting, terutama dalam hal jaringan komputer. Fungsi utam adari LAN Card adalah membantu menghubungkan satu komputer ke dalam suatu jaringan lokal atau Local Area Network. Local Area Network ini merupakan suatu jaringan yang dibuat untuk kepentingan lokal, seperti pada rumah, warnet, kantor, ataupun sekolah, yang dapat membantu setiap komputer di dalam ruangan tersebut menjadi terhubung satu sama lain.

Dengan saling terhubunganya komputer satu sama lain, maka hal ini akan membantu setiap user atau klien untuk:

  1. Mengakses database dari server.
  2. Melakukan sharing data dan juga file dengan cepat dan mudah dalam satu jaringan LAN.
  3. Bermain game atau permainan yang bersifat multiplayer.
  4. Chatting dan juga komunikasi antar komputer tanpa perlu menggunakan jaringan WAN atau Internet.
  5. Untuk memantau atau remote kinerja dan juga penggunaan PC dalam satu jaringan LAN.
  6. Menjaga kerahasiaan data, agar hanya bisa diakses oleh jaringan LAN saja, sehingga tidak boocor ke luar jaringan.
  7. Mengoptimalkan kinerja dari server sebagai penyedia data, agar bisa diakses dengan mudah oleh client.
  8. Untuk memperoleh dan juga menebarkan informasi yang sifatnya internal, tanpa perlu disebar melalui jaringan WAN (Wide Area Network).
  9. Mensharing koneksi Internet dari server ke client, sehingga hanya membutuhkan satu modem dan juga satu server untuk lebih dari 10 komputer.

Jenis – Jenis LAN Card

Seiring dengan berkembangnya teknologi informasi saat ini LAN Card telah mengalami banyak Perkembangan. Perkembangan dan juga perubahan dari LAN Card tersebut terlihat dari perubahan pada Lan Card terlihat dari beberapa jenis LAN Card, seperti:

  1. Lan Card Kabel

Lan Card dengan koneksi kabel merupakan salah satu jenis Lan Card klasik yang masih digunakan hingga saat ini. Lan Card dengan koneksi kabel dapat menggunakan kabel untuk salng menghubungkan satu komputer dengan jaringan LAN atau jaringan lokalnya. Penggunaan lan dengan koneksi kabel saat ini masih banyak digunakan, karena dinilai memilki biaya yang lebih efisien. Lan Card dengan koneksi kabel ini sendiri masih terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu :

  • LAN ISA

Merupakan salah satu jenis Lan Card yang paling awal ditemukan dan diaplikasikan dalam PC dan juga komputer.

  • LAN PCI

Diproduksi sekitar tahun 1992, Lan PCI merupakan penerus dari generasi LAN ISA yang saat ini masih dipergunakan pada komputer dan juga laptop.

  • LAN USB

Merupakan Lan card yang menggunakan teknologi USB sebagai konektivitasnya. Merupakan salah satu jenis Lan Card yang paling simple dan mudah untuk digunakan, karena bisa dilepas dan juga dibawa kemana – mana dengan mudah dan juga praktis.

  1. Lan Card Wireless

manfaat lan-cardSesuai dengan namanya, jenis LAN card yang satu ini merupakan penerus dari LAN Card kabel biasa, dimana konektivitas dari LAN card menggunakan teknologi wireless alias tanpa kabel. LAN Card jenis ini menggunakan anterna sebagai penangkap dan juga pelepas sinyal secara lokal.

Keunggulan dari LAN card jenis ini adalah tanpa menggunakan kabel, sehingga mudah untuk melakukan instalasi dan juga mudah untuk digunakan sehari – hari.

Itulah beberapa manfaat dari LAN Card, pengaplikasiannya, dan juga sejarah singkat mengenai penemuan dan juga pengembangan dari LAN Card. Semoga artikel in idapat bermanfaat bagi anda, dan juga dapat menambah wawasan anda semua. Terima Kasih.

You may also like