8 Kegunaan Internet dan Intranet

Halo pembaca setia Dosen IT, Pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai intranet dan internet.Intranet adalah jaringan pada sebuah internal dari suatu gedung, organisasi atau sebuah kawasan dengan menggunakan ip address private antar komputer di dalam jaringan tersebut. Internet adalah jaringan komputer yang terhubung secara global menggunakan ip public yang dapat diakses oleh semua perangkat yang terhubung dengan jaringan internet baik melalui media kabel, maupun wireless. Internet dan intranet tentunya memiliki kegunaan masing maisng. berikut kegunaan internet dan intranet yang telah saya rangkum.

ads

Baca Juga:

Kegunaan Internet:

1. Menghubungkan komputer secara global

Jaringan terdiri dari banyak komputer yang saling terhubung satu dengan yang lainnya. sebuah komputer A yang terkoneksi dengan internet dapat terhubung dengan komputer lainnya meski terpisah jarak yang sangat jauh. Perkembangan internet saat ini di indonesia menjadi sangat pesat seiring dengan muncul provider provider yang berlomba lomba untuk menarik para pelanggan dengan menyediakan jasa koneksi internet dengan harga yang murah. Seorang yang bertempat tinggal di daerah terpencil sekalipun, dapat menghubungi sanak saudaranya yang berada pada penjuru lain dunia tanpa merasakan jarak sebenarnya yang memisahkan berkat adanya koneksi internet yang menghubungkan keduanya.

Baca Juga:

2. Menguhubungkan resource dari seluruh penjuru dunia

Pernahkan terpikirkan sebelumnya mengirim dan menerima dokumen dalam waktu yang seketika saja ke seluruh penjuru dunia? Ya benar dengan internet hal tersebut bisa terjadi. Dokumen yang akan dikirimkan dapat kita taruh pada sebuah server yang dapat diakses oleh orang lain di seluruh penjuru dunia. hal ini memungkinkan seorang pekerja menerima dan menyelesaikan pekerjaannya dari penjuru dunia bagian lain lewat perantara internet ini. pesan yang disimpan disimpan di srever pun dapat di terima dan dikirimkan dalam waktu yang hampir instan. Bahkan karena semakin berkembang dan cepatnya kecepatan internet, sesorang sekarang dapat melihat sesuatu yang sedang berlangsung pada bagian lain dari penjuru dunia dengan jalur internet.

3. Menghubungkan jaringan tanpa ada batasan

Dalam jaringan internet, semua perangkat tidak akan dibatasi untuk mengakses perangkat lainnya yang ada di internet. karena sifat internet yang sangat terbuka inilah banyak orang orang yang menyalah gunakan internet untuk melakukan kejahatan terhadap orang atau organisasi lain yang terhubung ke internet. Misalkan sebuah server dari organisasi terhubung ke internet yang memiliki fungsi baik yaitu melayani permintaan request data umum dari sebuah organisasi publik misalkan kantor pajak ke semua perangkat di internet. namun ada seorang hacker yang mengambil alih kontrol server dan mengakses data privat dari perusahaan. memang memungkinkan untuk mengatur pengamanan dari server yang terhubung dengan internet. namun perlu dilakukan cek keamanan secara berkala karena sekali lagi internet memiliki sifat yang sangat terbuka.


Baca Juga:

4. Memungkinkan Akses Anonymous terhadap suatu server

Banyak sekali teknik yang dapat digunakan untuk menyembunyikan informasi tentang keberadaan atau informasi tentang perangkat yang sedang kita gunakan untuk mengakses suatu informasi pada suatu server. Terkadang untuk keperluan tertentu misalkan sebuah polling atau survei pasar diperlukan kerahasiaan dari para pengguna atau peserta dari polling atau survei pasar tersebut. dengan internet, hal tersebut dapat terpenuhi dengan mudah tanpa harus menyiapkan suatu ruangan rahasia untuk mengumpulkan dan meminta informasi dari peserta untuk keperluan semacam itu.

Kegunaan Intranet:

1. Menghubungkan komputer dalam satu organisasi/perusahaan

Jaringan komputer dalam satu organisasi perlu dibedakan dan tidak boleh sampai dapat diakses oleh orang diluar lokasi organisasi atau orang lain yang tidak memiliki akses. oleh karena itu diperlukan jaringan lokal intranet yang menghubungkan antara komputer satu dengan komputer lainnya di dalam organisasi tersebut. dengan terhubung ke jaringan intranet, orang luar yang hendak masuk ke jaringan tersebut haruslah berada pada lokasi organisasi. orang tersebut tidak dapat mengakses jaringan di luar lokasi organisasi yang ditentukan.

2. Menghubungkan resource dalam satu jaringan agar dapat digunakan bersama

Jaringan intranet juga dapat digunakan untuk membagi perangkat keras ataupun perangkat lunak kepada seluruh komputer di dalam satu jaringan intranet. Misal seorang admin ingin membuat sebuah printer dapat digunakan oleh seluruh komputer kantor, membuat sebuah dokumen yang dapat diakses bersama sama, ataupun membuat sebuah aplikasi bersama yang dapat digunakan bersama sama. seperti misalnya aplikasi kasir dari sebuah restaurant yang dapat dicek dari intranet sebuah organisasi restaurant.

3. Mengamankan jaringan dalam organisasi atau perusahaan dari gangguan pihak luar

Intranet lebih aman untuk diterapkan pada perusahaan atau organisasi yang membutuhkan keamanan bagi resource seperti file dokumen, email, dan data data penting lainnya yang tidak boleh sampai ke public. settingan pada intranet tidak memungkinkan koneksi untuk dilakukan dari lokasi yang ditentukan membuat pengawasan terhadap akses dari perangkat yang mengakses file berharga pada perusahaan lebih mudah dan memungkinkan untuk dilakukan.

4. Membatasi akses terhadap resource tertentu

Dengan menggunakan jaringan intranet, administrator jaringan dapat membatasi hak akses yang ada pada sebuah server atau pada jaringan dengan menggunakan data id yang ada pada setiap komputer. karena sifat intranet yang sangat tertutup. Setiap orang yang mengakses intranet pasti memilki id tersendiri berupa IP ataupun ID lainnya yang sifatnya tetap untuk seorang user yang sama. hal ini memungkinkan sistem untuk memberikan resource sesuai dengan apa saja yang telah ditentukan oleh administrator jaringan untuk diberikan terhadap suatu orang pada organisasi. bahkan seorang administrator jaringan yang handal dapat melacak jika sesorang user berusaha untuk mendapatkan akses yang sebenarnya dilarang untuk dirinya dalam mengakses.

Demikian hal yang dapat saya tuliskan mengenai kegunaan internet dan intranet. Kesimpulan yang dapat diambil adalah internet lebih memiliki kegunaan pada aspek umum dimana data yang di bagikan tidak membutuhkan aspek kerahasiaan dan memiliki sebaran lokasi yang luas sedangkan intranet lebih banyak digunakan untuk keperluan lokal yang membutuhkan kerahasiaan data.

Baca Juga :

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Wednesday 30th, August 2017 / 07:19 Oleh :
Kategori : Internet