9 Kelebihan dan Kekurangan Bridge

Bridge adalah salah satu perangkat keras jaringan komputer yang memiliki fungsi yang cukup penting di dalam jaringan komputer. Bridge memiliki fungsi yang mirip seperti jembatan, yaitu menjembatani beberapa jaringan sehingga menjadi satu jaringan yang luas. Biasanya bridge digunakan pada sebuah jaringan LAN, dimana terdapat banyak jaringan LAN, yang ingin digabungkan menjadi satu buah jaringan LAN yan besar. (baca juga: Fungsi LAN)

ads

Fungsi bridge juga memiliki tugas yang ganda, yaitu sebagai penghala atau router dalam sebuah jaringan. Karena bridge yang bertindak sebagai penghubung tentunya memiliki keterkaitan dengan hardware jaringan lainnya.

Bridge mengandalkan baik jaringan kabel maupun jaringan wireless, dan bisa diaplikasikan baik pada jaringan yang sifatnya local, maupun jaringan yang sifatnya jauh, misalnya berada di luar kota ataupun di luar pulau. Manfaat bridge sangat di gunakan oleh user dalam menghubungkan jaringan kecil menjadi jaringan yang besar, terlebih pada jaringan LAN.

Kelebihan Bridge

Ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh perangkat keras jaringan yang satu ini. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari bridge :

  1. Mempermudah proses monitoring pada sebuah jaringan

Salah satu hal yang dapat diandalkan dari penggunaan bridge sebagai perangkat keras jaringan adalah dapat mempermudah proses monitoring sebuah jaringan. Jadi dengan adanya bridge, setiap jaringan yang saling terhubung ini bisa diawasi dan dimonitor, apakah ada jaringan yang mengalami gangguan, kondisi taffic dari sebuah jaringan, hingga penambahan dan pengurangan jaringan yang ada, terutama pada jaringan local.

  1. Dapat membantu kemanaan data dari sebuah organisasi

Bridge merupakan salah satu alternative perluasan sebuah jaringan, namun tetap dengan mempertahankan aspek internal. Sehingga meskipun dengan menggunakan bridge, sebuah jaringan bisa ditarik keluar pulau, namun jaringan tersebut tetap menggunakan prinsip LAN dan intranet, sehingga hal ini akan tetap menjaga keamanan dari data juga informasi dari sebuah organisasi agar tidak mudah bocor ke public.

Hal ini tentunya sangat menguntungkan untuk user, karena kemanan data yang ada terjaga dan lebih efisien dalam penggunaannya. Sehingga user tidak perlu repot dalam menambahkan keamanan pada jaringan komputer mereka. Terlebih penambahan firewall, fungsi firewall sangatlah mendasar untuk keamanan sebuah jaringan komputer. (baca juga: cara menjaga keamanan jaringan komputer)

  1. Dapat diaplikasikan pada jaringan LAN, salah satunya adalah intranet

Bridge bisa diaplikasikan di berbagai macam jaringan, salah satunya adalah jaringan LAN, terutama yang masih menggunakan prinsip kerja intranet. Meskipun seringkali perannya tergantikan oleh prangkat keras jaringan lain, seperti router, tetapi bridge juga masih banyak digunakan hngga saat ini.


artikel terkait:

  1. Dapat ditarik secara jarak jauh, dengan menggunakan bridge wireless

Kelebihan lainnya dari bridge adalah dapat diaplikasikan pada jaringan yang luas, yang merupakan jaringan yang berjarak jauh. Jadi anda juga bisa menggunakan bridge wireless utnuk menarik jaringan yang anda miliki.

Bridge wireless di gunakan untuk hotspot yang menghubungkan koneksi kabel juga koneksi tanpa kabel dan memiliki peranannya masing-masing. Seperti menggunakan kabel untuk menangkap sinyal yang ada, dan tanpa kabel untuk mentransmisikan data.

Baca juga: (kelebihan dan kekurangan jaringan wireless)

  1. Dapat memecah jaringan LAN menjadi jaringan yang lebih kecil

Kelebihan bridge berikutnya adalah dapat memecah – mecah jaringan LAN menjadi jaringan lainnya yang lebih kecil. Dengan begitu, setiap jaringan LAN yang sudah ada bisa saling terhubung menjadi satu, dan membentuk sebuah jaringan LAN atau jaringan local yang besar.

  1. Menghemat biaya operasional

Karena dapat menggabungkan dan memecah jaringan menjadi bentuk jaringan yang lebih kecil, maka hal ini tentu saja akan sangat menghemat biaya operasional dari suatu organisasi atau perusahaan, karena tidak perlu menginvestasikan lebih dari satu buah server.

Dengan adanya bridge, maka semua jaringan yang terhubung dengan organisasi atau perusahaan tersebut bisa menggunakan satu server saja. Bridge yang menjadi salah satu perangkat untuk mengakses internet ini, tentunya jika harganya murah dan terjangkau akan sangat memudahkan bagi user.


  1. Mudah dalam mengaplikasikan bridge

Bridge juga merupakan salah satu perangkat keras jaringan komputer yang mudah untuk diaplikasikan. Tidak seperti router yang membutuhkan kerumitan akan tabel routing, maka brdge lebih mudah diaplikasikan, karena merupakan perangkat keras yang PNP aliasn plug n play, sehingga tidak sulit untuk menginstall perangkat keras jaringan ini.

Kekurangan Bridge

Meskipun memiliki beberapa kelebihamn, akan tetapi brdge juga memiliki beberapa kelemahan, tertuama ketika dibandingkan dengan perangkat keras jaringan yang kita kenal dengan nama router. Berikut ini adalah beberapa kekurangan dari bridge :

  1. Fiturnya kebanyakan hanya terbatas pada konektivitas LAN
  2. Tidak selengkap router dalam hal fitur – fiturnya

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Wednesday 13th, January 2016 / 05:51 Oleh :
Kategori : Hardware Jaringan