5 Manfaat Bridge pada Jaringan Komputer

Apabila anda mendengar kata bridge mungkin anda langsung bepikir ke arah jembatan. Namun demikian, bridge pada ilmu komputer bukanlah meupakan suatu jembatan meskipun masih memiliki fungsi utama untuk membantu menghubungkan, sama seperti fungsi jembatan secara harafiah. Bridge sendiri secara teoritis bridge merupakan suatu perangkat jaringan yang digunakan untuk memecah jaringan-jaringan yang besar.

ads

Jadi ketika dalam suatu lokasi terdapat beberapa jaringan yang besar dan ingin dipecah menjadi beberapa jaringan yang kecil, maka disitulah bridge bekerja. Berbeda dengan fungsi hub dan fungsi switch guna untuk membangun jaringan kecil, bridge digunakan untuk memecah jaringan yang sudah anda.

Mengapa Bridge Diperlukan?

Sejak pertama kali sistem jaringan komputer mulai diciptakan, banyak perusahaan besar yang memiliki ruang kerja dan kantor ataupun gedung besar merasa kesulitan untuk menyatukan jaringan di dalam satu gedung tersebut. Kesulitan ini bukan tanpa alasan jaringan yang menggunakan kabel dan hanya menggunakan perangkat hub tentu saja tidak efektif untuk mengakomodir kebutuhan jaringan antar instansi dalam satu kantor yang mungkin memliki lokasi yang berjauhan.

Penggunaan WAN juga dapat diandalkan namun demikian, penggunaan WAN dapat menyebabkan data penting bisa dibajak oleh orang tak bertanggung jawab. Disinilah manfaat jaringan komputer berlaku, dengan adanya bridge ini maka penggunaan jaringan komputer lebih efisien dan lebih praktis untuk di terapkan dalam sebuah sistem.

Karena itu, diciptakan dan dikembangkanlah suatu alat yang bisa mengkoneksi suatu jaringan LAN besar, dan memecah-mecah jaringan tersebut bahkan hingga keluar kota dan juga pulau. Dengan begitu, jaringan lokal dari suatu instansi dapat terkoneksi dengan tambahan bridge.

Contoh konkret dari penggunaan bridge:

Suatu universitas memiliki satu induk sever dan juga database, yang juga merupakan host dari koneksi internet. Untuk bisa menyebarkan data dari server serta koneksi internet ke seluruh gedung kampus, yang mungkin letaknya berjauhan digunakanlah bridge untuk memecah jaringan. Jadi, suatu jaringan LAN universitas yang besar dapat dipecah ke gedung-gedung tertentu, baik menggunakan kabel ataupun pemamncar infra merah (wireless).

Semoga dengan definisi dan juga contoh dari penggunaan bridge, anda bisa menjadi lebih paham mengenai peran bridge di dalam jaringan komputer. Meski saling terhubung satu sama lainnya namun dapat

Bridge sendiri sudah pasti memiliki fungsi yang sangat vital dan juga penting bagi suatu sistem jaringan yang sangat besar dan juga luas. Berikut ini adalah manfaat bridge pada sebuah jaringan komputer:

  1. Memecah Jaringan LAN

Seperti sudah disebutkan sebelumnya fungsi bridge yang paling penting adalah untuk membantu memcah jaringan LAN yang besar ke dalam jaringan LAN yang lebih kecil, namun tetap terkoneksi satu sama lain. Bridge bertugas memecah jaringan untuk gedung dan ruangan tertetu, hal ini sangat penting bagi suatu perusahaan atau instansi besar yang memiliki banyak instansi dan juga memiliki jaringan yang sangat besar, agar bisa digunakan oleh departemen yang membawahinya.


  1. Menghemat Biaya Operasional

Daripada harus membangun server baru untuk kantor yang berada di luar kota ataupun luar pulau, maka gunakan saja bridge. Bridge dapat membantu mengkoneksikan jaringan utama ke berbabagai lokasi. Hal ini tentu saja sangat mengurangi biaya operasional karena hanya membutuhkan satu server saja untuk banyak gedung, sehingga tidak perlu membangun server baru hanya untuk kepentingan satu kantor tertentu saja.

  1. Digunakan untuk Memecah Jaringan LAN

Seperti sudah disinggung sebelumnya, bahkan kantor ataupun cabang yang berada di luar pulau pun bisa terkoneksi dengan jaringan utama yang besar hanya dengan menggunakan perangkat keras bridge. Jadi semua bagian dari sebuah kantor atau institusi akan menerima jaringan yang sama, sehingga informasi dari suatu intansi dapat diterima dengan cepat secara real time. Dari semua jenis-jenis jaringan komputer yang ada jaringan WAN akan lebih efektif di pecah dengan bridge.

  1. Menjaga Keamanan Data dari Suatu Organisasi

Dengan menggunakan bridge, maka informasi dan juga kemaanan data dari suatu instansi akan terjaga. Hal in idisebabkan karena seluruh bagian dari intansi akan menggunakan jaringan yang bersifat lokal, sehingga tidak dapat ditembus oleh orang lain yang berasal dari luar jaringan tersebut. Bayangkan apabila suatu instansi menggunakan jaringan WAN seperti internet, maka hampir pasti data penting perusahaan atau instansi dapat dibobol dengan mudah.

  1. Mempermudah Proses Monitoring

Proses monitoring pun menjadi lebih mudah. Operator hanya perlu melihat server, lalu kemudian mengecek dan memonitor bagian bagian tertentu. Misalnya, apabila ingin mengecek apakah bagian departemen HRD sudah menerima data karyawan, maka operator hanya perlu mengecek via komputer. Sangat praktis dan juga efeisen dalam hal monitoring.

Jenis – Jenis Bridge

Bridge sendiri memiliki beragam jenis, tergantung dari kebutuhan dari pengguna jaringan komputer. Berikut ini adalah beberapa jenis dari bridge:


  1. Bridge Lokal

Merupakan jenis bridge yang paling sederhana. Bridge lokal digunakan untuk melakukan pemecahan jaringan pada lokasi yang berdekatan, dan biasanya bisa dilakukan dengan menggunakan koneksi kabel biasa.

  1. Bridge Remote

Merupakan jenis bridge yang digunakan untuk membuat suatu bentuk WAN yang basicnya adalah LAN. Jadi suatu jaringan LAN bisa dibuat menjadi jaringan yang lebih luas dengan menggunakan bridge remote. Dengan begitu, komuunikasi antar instansi yang memilki lokasi cukup jauh bisa tetap terjalin dengan menggunakan koneksi jaringan LAN

  1. Bridge Wireless

Bridge wireless seringkali diimplementasikan pada penggunaan hotspot. Bridge wirelless menggabungkan koneksi kabel dengan koneksi tanpa kabel. Untuk menerima sinyal data, menggunakan kabel, sedangkan untuk meneruskan dan juga mentransmisikan data, digunakan koneksi wirelees atau nirkabel.

Itulah beberapa fungsi dari bridge, jenisnya, dan juga beberapa aplikasinya. Semoga artikel mengenai fungsi dari bridge ini dapat menambah wawasan anda, dan juga dapat bermanfaat bagi anda yang ingin mempelajari sistem jaringan komputer.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Tuesday 15th, September 2015 / 06:47 Oleh :
Kategori : Hardware Jaringan