5 Cara Mengetahui Max RAM Support Motherboard Paling Mudah

Cara Mengetahui Max RAM Support Motherboard  dibutuhkan untuk berbagai kebutuhan mulai dari pengecekan biasa, atau untuk keperluan upgrade dan overclock motherboard. Informasi kapasitas maksimum RAM sendiri bisa dilihat baik secara hardware maupun secara software. Hal ini penting agar Kita mampu memahami Penyebab RAM cepat penuh,  yang salah satunya adalah menyesuaikan kebutuhan RAM dengan pola penggunaan aplikasi yang beragam.

ads

Agar Kita paham cara mengetahui max RAM support motherboard, adalah dengan melihat hardware yaitu dengan melihat pada motherbord, atau buku manual yang disediakan. Dan untuk software bisa dilakukan dengan menggunakan tool third party yang sudah disediakan, selain juga hal itu bisa dilakukan melalui web browser dengan mengunjungi web vendor atau web thir party yang memiliki database hardware dan informasi spesifikasinya, yang menawarkan jasa pengecekan spesifikasi hardware.

1. Hal yang perlu diperhatikan dari pengecekan batasan RAM PC / Laptop

Agar Kita bisa mengetahui berapa batasan maksimal dari memori yang bisa Kita pasang dan gunakan pada PC atau Laptop Kita, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait dengan hubungan dukungan RAM sendiri dengan hardware atau sistem operasi yang digunakan, yaitu sebagai berikut :

  1. Motherboard memiliki batasan dukungan kapasitas RAM atau memori, yang perlu untuk memperhatikan jumlah slot RAM, jenis dari RAM yang digunakan (apakah itu jenis RAM DDR1, DDR2, atau DDR3), dan juga tipikal atau arsitektur dari motherboard yang digunakan. Untuk motherboard dengan batasan kapasitas RAM sampai 8 GB, maka Kita tidak bisa menggunakan atau memasang RAM di motherboard tersebut yang memiliki kapasitas yang besar dari itu, maka yang terjadi adalah kapasitas yang tidak terbaca, dan memungkinkan terjadinya unstable system atau ketidakstabilan sistem pada saat dijalankan bahkan crash;
  2. Sama halnya seperti Motherboard, setiap Sistem Operasi dan versinya memiliki limitasi atau batasan dukungan memori yang perlu diketahui agar tidak salah dalam menentukan kebutuhan akan aplikasi sistem operasi yang digunakan. Oleh karena itu penyebab RAM berkurang bisa jadi karena tidak idealnya penggunaan RAM yang terpasang. Sistem operasi dengan arsitektur 32-Bit atau 64-Bit pun turut menentukan limitasi memori yang didukung, untuk 64-Bit, dukungan RAM yang disediakan jauh lebih besar dari 32-Bit.

2. Cara Mengetahui Max RAM Support Motherboard

Untuk mengetahui memori max yang disupport motherboad ada beberapa langkah, bisa dilakukan dengan cara hardware yaitu dengan melakukan pengecekan fisik dan buku manual yang yang ada dan bisa juga dengan software yaitu bisa dilakukan dengan cara software juga. Adapun langkah yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut :

2.1 Dengan mengecek buku manual

Cara Mengetahui Max RAM Support Motherboard yang pertama bisa dilakukan untuk melakukan pengecekan memori maksimum yang disupport motherboard adalah dengan melakukan pengecekan pada buku manual motherboard yang disertakan pada paket penjualnya. Buku manul itu selain berisi panduan instalasi motherboard, troubleshooting, juga berisi informasi teknis dan spesifikasi motherboard, dukungan peripheral, dan khusus dukungan memori eksternal.

2.2 Pengecekan Via Website Vendor Motherboard

Pengecekan selanjut nya bisa dilakukan dengan cara mengunjungi web vendor dari motherboard. Caranya adalah dengan mengunjungi web tersebut, dan mencari produk terkait baik melalui menu navigasi ataupun search box yang sudah disediakan web tersebut. Hampir semua vendor motherboard menyediakan informasi spesifikasi terperinci pada websitenya mengenai produk motherboardnya, lengkap dengan spesifikasi, link support, dan drivernya.

2.3 Pengecekan Menggunakan scanner Online

Cara mengetahui max RAM support motherboard ketiga ini, bisa dilakukan dengan menggunakan bantuan tool scanner online, yaitu website crucial. Website ini selain membantu mengecek batasan memori maksimum disuport oleh vendor dan juga mengecek kapasitas harddisk, juga membantu untuk proses upgrade memori karena informasi yang diberikan. Harap mengetahui perbedaan RAM dan Hardisk, karena kedua piranti ini memiliki kesamaan fungsi tapi penggunaan yang berbeda.

Adapun Langkah-langkah untuk melakukan pengecekan online via scanner crucial adalah sebagai berikut :

  1. Buka situs crucial.com;
  2. Di bagian Navigasi pilih Memory;
  3. Pada bagan yang muncul : 1) Pada bagian Select Manufacturer, pilih manufaktur 2) Pada bagian Select product line, pilih jenis produk 3) Pada bagian Select model, pilih model dari produk yang Kita gunakan;
  4. Setelah itu klik tombol Find Upgrade; 

  5. Bagi yang tidak mengetahui spesifikasi atau series dari Laptop yang digunakan, bisa dilakukan dengan melakukan scanning melalui software yang sudah disediakan oleh penyedia situs, dengan cara masuk ke menu Downlod, dan klik tombol Download the Scanner;
  6. Tunggu hingga proses sampai selesai;
  7. Atau bisa dengan langkah berikut : sudo dmidecode -t 2, nanti akan muncul output berupa informasi motherboard, cek pada bagian Manufacturer dan Product Name, akan tertera brand dan seri dari motherboard yang digunakan;
  8. Untuk pengguna Windows bisa dilakukan dengan cara sbb : Masuk ke Control Panel > System > Your Windows Experience Index needs to be Refresh > View and Print Details Performance System Information > Cek pada bagian System;

 2.4 Pengecekan Menggunakan Linux

Selain bisa menggunakan tool online bisa menggunakan Linux atau sistem operasi Linux untuk melakukan pengecekan memori maksimal. Tool ini juga membantu untuk  cara menambah RAM PC , karena Kita bisa melihat berapa batasan memori yang ada.

Adapun langkahnya adalah sebagai berikut :

  1. Buka terminal Linux;
  2. Lakukan instalasi dmidecode dengan cara : mengetik sudo apt-get install dmidecode;
  3. Ketikkan perintah berikut : sudo dmidecode -t memory | grep -i size;
  4. Nanti akan menghasilkan output berupa kapasitas memori yang terpasang yang kurang lebih seperti gambar dibawah ini :

Size: 4096 MB
Size: No Module Installed
Size: 4096 MB
Size: No Module Installed

Untuk distro Linux sendiri bisa menggunakan perintah sudo dmidecode -t 16, nanti akan muncul keterangan berupa output yang berisi informasi memori maksimum yang bisa didukung oleh hardware yang digunakan.


 2.5 Dengan Pengecekan jenis Bit yang digunakan

Cara Mengetahui Max RAM Support Motherboard yang terakhir ini, bisa dilakukan dengan mengecek versi sistem operasi windows yang digunakan, apakah Windows yang berjenis 32 bit atau windows yang berjenis 64 bit. Windows memiliki batasan kapasitas RAM yang bisa dicek. Jika Kita memasang RAM yang melebihi batas kapasitas yang diperbolehkan, maka kapasitas yang lebih tersebut tidak akan terbaca di window dan tentunya tidak akan bisa digunakan.Hal ini ditentukan dari sistem windows apakah 32-bit atau 64-bit.

Untuk mengecek Windows apakah 32-bit atau 64-bit bisa dilakukan dengan cara sbb :

  1. masuk ke system properties, klik kanan ikon Computer, lalu klik Properties;
  2. 32-bit memiliki dukungan RAM mencapai 4 GB (untuk semua versi), 64-bit memiliki dukungan RAM mencapai 128 GB (Windows 10 Home) sampai dengan 2 TB (Windows 10 Education, Enterprise, Pro).

Linux dengan jenis 32 bit umumnya hanya mendukung memori hingga mencapai 4 GB, tetapi untuk distro Linux yang sudah memiliki dukungan kernel PAE atau distro Linux terbaru, maka versi 32 bitnya ini bisa mendukung RAM hingga mencapai 64 GB. Sistem Linux dengan jenis 64 bit diklaim memiliki dukungan penggunaan RAM hingga 1 TB untuk proseor Intel dan 256 untuk prosesor AMD64.

Demikianlah ulasan artikel Cara Mengetahui Max RAM Support Motherboard, Kita juga perlu memahami cara mengetahui RAM laptop DDR 2 atau DDR 3,  semoga dapat memberikan wawasan tambahan dalam yang berkaitan dengan spesifikasi Hardware dan kompatibilitasnya dengan sistem operasi khususnya, dan informasi ini juga bermanfaat untuk proses upgrade atau overclock hardware. Semoga bermanfaat.

 

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 31st, October 2017 / 02:44 Oleh :