Home » Software » Microsoft » Windows » 7 Fitur Tersembunyi Windows 10 yang Jarang Diketahui

7 Fitur Tersembunyi Windows 10 yang Jarang Diketahui

by Elang Hendy Subrata

Windows 10 merupakan versi terbaru saat ini dari Sistem Operasi Windows. Di dalam Windows 10 ini, cukup banyak update yang dilakukan Microsoft untuk menunjang kinerja pengguna dalam menggunakan komputer dan laptop. selain beberapa fitur baru di dalam Windows 10, ternyata ada beberapa fitur tersembunyi yang belum diketahui oleh beberapa  orang. untuk mengetahui apa saja fitur tersembunyi di dalam Windows 10, berikut ulasannya.

1. Menu rahasia

Untuk masuk ke dalam menu di Windows 10 sebenarnya tidak jauh berbeda dengan windows versi sebelumnya, yakni dengan klik start yang biasanya ada di bagian pojok kiri bawah. Namun, di dalam Windows 10, kita dapat menemukan sebuah fitur rahasia sehingga kita dapat masuk ke dalam menu-menu penting secara cepat.

Caranya sendiri adalah Anda klik kanan pada menu Start. Jika sudah, Anda akan menemukan beberapa menu pilihan dengan lebih cepat. Contohnya saja seperti Task manager, Control panel, File Explorer, Command Prompt, dna berbagai menu penting lainnya. Selain dengan mengeklik kanan pada mouse, Anda juga dapat menggunakan shortcut pada keyboard dengan menekan kombinasi “Win + X”.

2. Tombol rahasia

Cobalah Anda arahkan mouse ke bagian sudut kiri, tepatnya di samping ikon notifikasi. Di bagian itu, ada sebuah tombol kecil yang seolah-olah tombol tidak terlihat. Jika Anda klik bagian tersebut maka secara otomatis semua program yang berjalan akan masuk ke mode minimize.

Anda dapat mengatur fungsi dari tombol tersebut dengan cara klik kanan pada mouse yang diarahkan pada tombol tersebut. Setelah Anda tekan klik kanan, maka Akan muncul dua pilihan yakni “Show Desktop” dan “Peek at desktop”. Jika Anda ceklis bagian “Peek at Desktop”, maka Anda dapat melakukan minimize pada semua program yang berjalan pada komputer.

3. Memutar layar

Keunikan lainnya dari Windows 10 ini adalah dapat memutarkan layar layaknya smartphone. Dengan fitur rahasia ini, Anda dapat memutarkan monitor menjadi 90 derajat pada sisinya. Bahkan, cara ini juga dapat memutarbalikan layar seseuai dengan keinginan.

Caranya sendiri adalah dengan menekan tombol kombinasi di keyboard, yakni “CTRL+Alt+D serta arah panah”. Contohnya saja, jika Anda menggunakan arah panah ke atas, maka layar akan berputar secara 90 derajat ke arah vertikal. Begitu juga dengan arah lainnya, Anda dapat mengatur-atur tampilan layar dengan sanagt unik.

4. Fitur unik Slide to Shutdown

Fitur tersembunyi lainnya yang ga kalah unik adalah fitur “Slide to Shutdown”. Fitur ini adlaah memungkinkan kita untuk melakukan shutdown komputer tanpa harus melakukan tombol shutdown yang biasa dilakukan. Biasanya pada saat kita melakukan shutdown, maka kita selalu kilk Start lalu klik Shut Down. Namun, ada cara yang lebih praktis.

Pertama klik kanan pada dekstop. Setelah itu, klik New dan pilih Shortcut. Setelah muncul sebuah Windows Pop-Up, masukanlah kode baris seperti dibawah ini.

Nantinya, di dalam monitor akan muncul sebuah ikon yang dapat dikilik. Anda pun dapat mengganti nama beberapa ikon tersebut yang sesuai dengan keinginan.  Cara untuk melakukan shutdown adalah memanfaatkan slide-down. Anda tinggal melakukan double klik pada ikon yang sudah dibuat tadi. Setelah itu, tariklah ke bawah layar. Dengan begitu, komputer akan melakukan shut down secara otomatis. Pastikan saat akan melakukan shutdown, semua program sudah dimatikan.

5. Fitur Multiple Screen

Fitur rahasia lainnya adalah adanya Multiple Screen. Dengan menggunakan fitur ini, kita dapat membuka dua program di dalam satu screen. Bahkan, Anda juga dapat membuka berbagai aplikasi dalam satu layar secara bersamaan.

Untuk dapat menggunakan fitur ini, ada dua cara, yakni menggunakan keyboard dan menggunakan mouse. Jika Anda menggunakan keyboard, maka Anda tinggal menggunakan kombinasi tombol “Win + Tombol panah yang sesuai dengan keinginan”. Untuk menggunakan mouse, Anda tinggal seret aplikasi ke bagian sudut layar. Secara otomatis, program akan terbagi dengan sendirinya.

6. Fitur Cortana pada bagian Lockscreen

Cortana pada Windows 10 tidak hanya dapat standby di bagian desktop, tetapi juga dapat dilakukan pada saat masuk ke mode lockscreen. Secara defaultnya, kita dapat mengatur Cortana secara aktif pada bagian pengaturannya. Bisa dibilang, kita dapat memanggilnya dengan menulis “Hey Cortana” pada lockscreen diikuti dengan perintah. Contohnya seperti “Hey Cortana… mainkan musik”, maka secara otomatis akan muncul lantunan musik yang sudah diatur oleh Anda. Lantunan musik tersebut akan terus diputar secara otomatis.

7. Fitur Print To PDF

Keunggulan yang cukup jarang terjamah oleh beberapa orang saat menggunakan Windows 10 adalah adanya fitur print to PDF tanpa harus menggunakan aplikasi tambahan. Dengan adanya fitur ini, kita bisa mengetahui cara convert word ke PDF gratis tanpa menggunakan software.

Itulah 7 fitur tersembunyi Windows 10 yang belum banyak diketahui oleh orang banyak. Anda bisa membaca beberapa fitur unik lainnya seperti cara mengatasi windows 10 lemot, cara mempercepat konseksi wifi windows 10, cara melhat password wifi di laptop windows 10, dan lain-lain. Jika Anda berencana ingin menggunakan Windows 10, pastikan pelajari dulu perbedaan windows 10 pro dan home sebelum menggunakannya.

You may also like