Home » Software » Mobile Software » 6 Fitur Tersembunyi IG yang Belum Diketahui Orang

6 Fitur Tersembunyi IG yang Belum Diketahui Orang

by Elang Hendy Subrata

Keberadaan Instagram sebagai salah satu media sosial populer di Indonesia masih belum tertandingi. Bisa dibilang Instagram dapat memahami keinginan masyarakat, khususnya di Indonesia dalam berbagi informasi melalui gambar dan video menarik. Namun, tahukah Anda jika Instagram memiliki beberapa fitur tersembunyi? Untuk memahami apa saja fitur-fitur tersembunyi tersebut, berikut ulasannya.

1. Melihat daftar like yang kita gunakan

Saat kita membuat akun instagram pertama kali, tentunya kita pernah melakukan like foto atau memberi komentar di postingan orang lain. Nah, tahukah Anda bahwa kita dapat melihat kembali aktivitas di dalam instagram seperti berkomentar atau memberi like postingan orang lain.

Caranya sendiri cukup mudah. Pertama-tama masuklah ke halaman profil instagram kita. Setelah itu, sentuh tiga titik yang posisinya ada di bagian pojok kanan atas. Nantinya Anda akan masuk ke dalam pengaturan.  Setelah itu, lihatlah bagian menu bawah dan carilah kalimat “ Kiriman yang Anda sukai”. Sentuh saja kalimat tersebut dan nantinya akan muncul foto dan video yang telah Anda like sebelumnya.

2. Membatasi data internet

Seperti yang kita tahu bahwa Instagram merupakan salah satu aplikasi yang cukup menguras data internet. Apalagi jika Anda sering menggunakan kuota, tentunya akan terasa pengaruhnya. Hal tersebut tidak mengagetkan karena untuk membuka foto dan memutar video memang membutuhkan data yang tidak sedikit. Namun, ternyata di dalam Instagram terdapat fitur untuk menghemat data.

Cara untuk mengaktifkannya sendiri pertama masuklah ke halaman profil instagram Anda sendiri. Setelah itu sentuh tiga titik yang lokasinya ada di pojok kanan atas dan masuk ke bagian pengaturan. Berikutnya, carilah kalimat “Penggunaan Data Seluler”. Setelah menemukannya, sentuhlah dan Anda akan masuk ke bagian pengaturan data seluler. Centanglah bagian “Gunakan Lebih Sedikit Data”. Jika sudah, Anda sudah mengaktifkan fitur hemat data pada Instagram. Efek yang ditimbulkan dari fitur hemat ini adalah membuka foto maupun memutar video akan lebih lama dari biasanya.

3. Mendapatkan notifikasi dari akun favorit

Umumnya ketika kita follow akun orang lain atau halaman favorit kita, maka akan selalu muncul notifikasi pada bagian home. Akan tetapi, jika kita follow akun dan halaman yang terlalu banyak, maka kita akan ketinggalan mendapatkan notifikasi dari akun favorit kita. Nah, di dalam Instagram ada satu trik yang bisa Anda coba agar bisa mendapatkan notifikasi khusus untuk akun favorit.

Cara sendiri adalah masuk dulu ke akun intagram favorit kita. Setelah itu, sentuh tiga titik yang berada di bagian pojok atas seperti halnya pada bagian profil Instagram kita sendiri. Scroll ke atas dan cari “Nyalakan pemberitahuan kiriman”. Jika sudah, maka Anda akan tidak akan ketinggalan mendapatkan notifikasi dari akun favorit.

4. Kunci akun Instagram

Saat kita difollow oleh akun yang tidak kita kenal, maka akun tersebut dapat memantau aktivitas yang kita lakukan. Untuk Anda yang merasa risih dengan hal tersebut dan ingin hanya orang-orang yang dikenal saja yang dapat melihat aktivitas kita, maka ada satu trik khusus.

Pertama-tama masuklah ke dalam profil intagram kita. Setelah itu, sentuhlah tiga titik yang bearada di pojok kanan atas kemudian masuk ke dalam menu pengaturan. Scroll ke bawah sampai Anda menemukan kalimat “Akun Privat”. Setelah menemukannya, tekan saja bagian pinggirnya hingga berwarna biru. Artinya. Jika warna Akun Privat sudah berwarna biru, maka Akun sudah dikunci sehingga hanya akun-akun yang berteman dengan Anda saja yang dapat melihat aktivitas Anda.

5. Menambah akun lain pada aplikasi Instagram

Umumnya kita hanya bisa membuka satu akun saja pada Instagram. Namun, semenjak ada pembaharuan terbaru, kini Instagram dapat membuka banyak akun di dalam satu aplikasi. Hal ini biasanya memudahkan kita dalam mengatur akun pribadi dengan akun berjualan misalnya.

Caranya sendiri pertama masuk dulu ke dalam profil instagram kita. Setelah itu, sentuh bagian tiga titik di bagian pojok kanan atas dan masuklah ke bagian pengaturan. Scroll ke bagian bawah sampai Anda menemukan “Tambahkan Akun”. Setelah menemukannya, Anda tinggal melalukan login seperti biasa.

6. Upload banyak foto sekaligus

Di dalam fitur Instagram yang terbaru, kita dapat upload foto dengan sekali tekan. Hal tersebut membuat kita tidak perlu melakukan upload foto satu persatu. Namun, batas upload foto hanya diberikan sampai 10 foto saja.

Cara untuk melakukan upload foto sekaligus adalah lakukan upload foto seperti biasanya. Setelah itu, lihatlah kebagian pojok bawah aatu tulisan “Pilih beberapa”. Setelah menemukan tulisan tersebut, tekan saja dan Anda akan melihat kita dapat menambahkan foto sampai 10 buah. Jika sudah, tinggal klik upload dan foto akan diupload secara otomatis.

Itulah 6 fitur tersembunyi IG yang belum banyak diketahui beberapa pengguna. Anda dapat mempelajari beberapa trik Instagram lainnya seperti cara mengetahui orang stalking instagram, aplikasi download video instagram, cara mengetahui siapa yang memblokir instagram, cara download story Instagram, dan masih banyak lainnya di berbagai sumber.

You may also like