Home » Software » Microsoft » Windows » Inilah Perbedaan Windows 10 Pro dan Home

Inilah Perbedaan Windows 10 Pro dan Home

by Elang Hendy Subrata

Sistem Operasi Windows merupakan sebuah sistem operasi yang banyak digunakan oleh komputer dan laptop di dunia saat ini. Sistem Operasi Windows banyak digunakan oleh berbagai kalangan karena sangat mudah dioperasikan. Mulai dari orang yang awam dalam dunia komputer sampai orang yang sudah ahli di dalamnya dapat menggunakan sistem operasi ini dengan mudah.

Terlepas dari kelebihan dan kekurangan Microsift Windows, sistem operasi ini terbukti paling populer di dunia. Saat ini, pembaharuan Windows sudah mencapai versi 10. Di dalam versi 10 ini, cukup banyak perubahan-perubahan yang dilakukan agar dapat memuhi kebutuhan  pengguna.

Nah, Windows 10 ini memiliki keunikan salah satunya adalah adanya versi Home dan juga versi pro. Tentunya kamu bertanya-tanya apa itu versi home dan juga versi pro. Untuk mengetahui jawabannya, berikut adalah ulasannya.

Windows 10 Home dan Pro

Windows 10 dan pro sebenarnya menggunakan sistem yang sama. Windows 10 Home lebih diperuntukan untuk pengguna secara pribadi sedangkan Windows 10 Pro lebih diperuntukan untuk pengguna di sebuah perusahaan atau lebih tepanya untuk usaha. Seperti yang sudah disinggu sebelumnya bahwa sistem yang digunakan sama namu memiliki beberapa fitur yang berbeda. Apa saja perbedaan fitur yang digunakan oleh dua jenis sistem operasi ini? Berikut ulasannya.

  • Sisi kemananan

Jika kita lihat lebih dalam mengenai fitur-fitur utama yang digunakan, baik Windows 10 Home maupun Windows 10 Pro tidak terlalu mengalami perbedaan yang signifikan. Hanya saja, ada beberapa fitur yang tidak ada di dalam Windows Home. Salah satu fitur tersebut adalah fitur keamanan.

Dari sisi fitur keamanan, Windows Pro memiliki fitur tambahan yang bernama “Enterprise Data Protection”. Fitur keamanan yang satu ini memang lebih ditujukan untuk Windows 10 Pro. Sebab, seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa versi pro untuk perushaan atau untuk usaha. Maka dari itu, sistem keamananannya jauh lebih banyak dibandingkan versi Home atau pribadi.

Selain itu, ada fitur tambahan untuk dilakukan pengamanan data. Fitur tersebut bernama Bitlocker. Bitlocker merupakan sebuah enkripsi khusus yang dapat dihubungkan dengan Windows. Enkropsi tersebut berujuan untuk mengamankan data-data agar tidak sembarangan orang dapat membukanya. Dengan begini data-data yang ada di dalam komputer atau laptop akan sangat aman.

  • Sisi Pembaharuan

Jika diihat dari sisi update atau pembaharuan, Windows 10 Home dan Pro juga memiliki perbedaan. Untuk versi Home, pembaharuan selalu dilakukan secara otomatis dan kita tidak bisa mematikan mode otomatis tersebut. Apalagi, jadwal pembaharuan pada versi Home tidak menentu sehingga adanya koneksi internet yang stabil dan kuota yang memadai perlu disiapkan.

Berbeda dengan versi Home, untuk versi Pro, pembaharuan dilakukan setiap 8 bulan sekali. Dengan begitu, kita dapat mengatur jadwal untuk menyiapkan jaringan internet saat dilakukan pembaharuan. Meskipun begitu, pada versi Pro, pembaharuan juga dilakukan secara otomatis hanya saja waktunya sudah ditentukan.

  • Fitur Bisnis

Untuk yang satu ini, tampaknya sangat jelas bahwa pada versi Pro jauh lebih banyak fitur-fitur yang sangat diperlukan dalam usaha atau untuk perusahaan. Pada versi Pro, kita dapat menggunakan berbagai fitur tambahan yang berhubungan dengan bisnis. Contoh Fitur bisnis yang berbeda adalah Group Policy Remote Desktop.

Group Policy adalah fitur yang terdapat di dalam Sistem Operasi Windows. Fungsi drai Group Poilicy ini terdapat berbagai pengaturan-pengaturan tambahan yang jauh lebih menyeluruh. Pada umumnya, fitur ini sering digunakan oleh para administrator dalam melakukan pengaturan terhadap komputer. Selain itu, fungsi Group Policy juga dapat digunakan untuk melarang berbagai akses yang mencurigakan.

Sedangkan Remote Desktop merupakan sebuah fitur yang memiliki fungsi untuk dapat mengontrol komputer dari jarak jauh. Cara untuk mengontrolnya sendiri menggunakan alat tambahan. Fitur Remote Desktop sangat diperlukan untuk kamu yang ingin melakukan presentasi menggunakan laptop. Untuk fungsi dari sisi teknisi, mereka  dapat mengetahui permasalahan yang ada di dalm komputer atau laptop tanpa harus ada di tempat.

Hal ini tentunya sangat membantu untuk Anda yang ingin mencoba berbisnis dengan menggunakan Windows 10. Oleh sebab itu, jika kamu memiliki dana yang lebih, kamu bisa mencoba untuk menggunakan windows versi Pro dibandingkan versi Home.

Itulah perbedaan Windows 10 Pro dan Home yang perlu kamu ketahui. Setelah melihat perbedaan-perbedaannya, kini kamu dapat memutuskan apakah akan menggunakan Windows versi Pro atau versi Home. Jika kamu menginginkan fitur yang lebih lengkap, tentunya pilih versi Pro. Akan tetapi harga yang ditawarkan versi Pro jauh lebih mahal. Ditambah lagi kelebihan dan kekurangan Windows 10 Pro final bisa menjadi pertimbangan sendiri untuk kamu.

Sedangkan versi Home, kamu dapat menggunakan berbagai macam fitur yang yang umum digunakan saja serta biayanya pun jauh lebih murah. Jika kamu sudah memutuskan ingin menggunakan versi yang mana, selanjutnya kamu dapat mempelajari cara instal windows 10 di laptop baru. Semoga artikel ini dapat memberikan pengetahuan lebih kepada kamu semua.

You may also like