Home » Software » Microsoft » Windows » 4 Cara Mempercepat Koneksi Wifi Windows 10 di Laptop dan Komputer

4 Cara Mempercepat Koneksi Wifi Windows 10 di Laptop dan Komputer

by Elang Hendy Subrata

Sejak jaringan internet mulai dikenal melalui WiFi. Banyak tempat-tempat hotsopt yang bertebaran di mana-mana. Baik di restoran, kafe, perpustakaan, bahkan hotel pun sebagian besar telah menempatkan jaringan Wifi sebagai salah satu fasilitas tambahan untuk pengunjung. Namun, bagaimana jika kita menggunakan jaringan Wifi tapi koneksinya sangat lambat? Tentu saja hal tersebut membuat kita kesal. Untuk itu, untuk dapat mempercepat koneksi Wifi, ikutlah langkah-langkah berikut ini.

1. Lakukan network reset dan flushing DNS

Cara yang pertama adalah dengan melakukan network rest dan flushing DNS. Cara ini dilakukan dengan mereset bagian cache pada bagian DNS client atau bagian komputer yang sedang digunakan untuk menyamakan berbagai informasi. Hal tersebut akan ada perubahan yang umumnya terjadi pada bagian domain, server, dan juga DNS. Hal ini dapat dilakukan untuk memperbaiki koneksi internet yang bermasalah.

2. Mematikan Autotuning

 Di dalam Windows 10, terdapat sebuah fitur yang hanya ada di dalam sistem operasi tersebut. Fitur tersebut bernama Windows Autotuning. Fungsi Windows Autotuning ini adalah menaikan performa beberapa program untuk dapat menangkap data yang berasal dari TCP. Fitur Windows Autotuning ini sendiri pada dasarnya sudah dapat diaktifkan secara default. Selain itu, fitur ini juga akan otomatis melakukan pembaharuan ketika komputer atau laptop terhubung dengan internet.

Untuk dapat mematikannya cukup mudah. Pertama-tama bukalah CMD atau command prompt. Setelah program CMD sudah terbuka, langkah selanjutnya adalah ketikan saja “netsh interface tcp show global”. Jika sudah, tekan saja enter. Nantinya aka muncul TCP Global Parameters. Lihatlah pada “Receive Window Auto-Tuning Level”. Jika terlihat dengan status normal atau enable, maka kamu ketiklah “netsh int tcp set globa autotuninglevel=disabled” dan enter. Jika berhasil, maka akan muncul keterangan OK yang menandakan proses mematikan autotuning dimatikan.

3. Atur batasan bandwith

Cara berikutnya adalah dengan mengatur batasan bandwith internet  di dalam komputer atau laptop. Pada umumnya, Windows memakai lebih kurang 20 persen dari bandwith internet yang digunakan untuk bagian sistem operasi. Sedangkan sisanya untuk keperluan kamu untuk berselancar di dunia maya.

Untuk dapat memaksimalkan bandwith menjadi seratus persen, maka hal yang pertama dilakukan adalah dengan masuk ke bagian computer configuration. Untuk dapat masuk ke dalam computer configuration, caranya adalah buka program “Run” dan ketik “gpedit.msc” lalu enter. Setelah itu, kamu akan menemukan computer configuration, klik saja. setelah masuk, kamu cari “Administrative Templates” dan masuklah. Setelah itu, pilih “network” lalu “Qos Packet”. Jika sudah, cari bagian “limit reservable bandwith” dan klik. Setelah itu kamu klik “Enabled” dan ubahlah angka pada “bandwidth limit” dari 80 menjadi 0. Jika sudah, kilik apply dan pengaturannya sudah disimpan.

4. Matikan update otomatis

Pada Windows 10, fitur update otomatis sudah terpasang default pada komputer maupun laptop. fitur update otomatis ini pada dasarnya memiliki manfaat yang baik untuk selalu memperbaharui sistem yang ada di dalam komputer maupun laptop. khususnya dalam menangkal virus-virus yang bisa mengancam sistem. Akan tetapi, update otomatis pun terkadang dapat menjadi penghambat kita saat menggunakan jaringan internet.

Oleh sebab itu, untuk dapat menonaktfkan update otomatis ini, masuklah ke bagian control panel. Setelah masuk ke dalam control panel, ketik saja di kotak “search” dengan kata kunci “Administrative Tools”. Setelah muncul, tinggal kamu klik. Setelah berhasil diklik, temukanlah “Service” lalu klik. Setelah itu, carilah “Windows update”. Jika berhasil menemukannya, klik sebanyak dua kali. Nantinya kamu akan diarahkan ke bagian “Windows Update Properties”. Lihatlah “service status: running” kliklah tombol “Stop”. Dengan begitu, komputer atau laptop akan menghentikan update otomatis. Langakh terakhir adalah dengan melakukan restart pada laptop maupun komputer.

Dari ulasan di atas bisa disimpulkan bahwa meskipun Windows 10 merupakan salah satu sistem operasi yang cukup baik, namun hal tersebut tetap memiliki kekurangan, terutama pada bagian jaringan internet. Semoga artikel ini bisa menjadi salaha satu referensi buat kamu semua. Selain itu, kamu juga dapat mempelajari cara mengatasi Wifi Limited Windows 10 untuk dipelajari lebih lanjut.

You may also like