4 Cara Mematikan Laptop Hang Terlengkap

Pernahkah Anda mengalami kondisi dimana laptop hang secara tiba – tiba? Maksud dari hang di sini bisa berarti dua hal, pertama ketika layar masih menyala dan windows masih berjalan namun dalam kondisi nge-hang, dan kedua ketika layar dalam kondisi mati dan OS Windows pada laptop masih berjalan. Dalam dua kondisi yang seperti ini, kadang kita menginginkan agar laptop bisa dimatikan secara cepat. Tujuannya agar setelah dimatikan dan dinyalakan kembali (restart), laptop bisa kembali berfungsi dengan normal. Lalu bagaimana caranya supaya laptop yang dalam kondisi hang bisa dengan mudah di-shutdown (dimatikan) ?

ads

Pada artikel berikut ini, kami akan memberikan beberapa cara mematikan laptop hang untuk Anda. Baiklah, berikut ini cara-caranya:

1. Kombinasi tombol Alt + F4, dilanjutkan Enter

Untuk langkah pertama, berlaku untuk kondisi dimana Anda tidak bisa mengakses software komputer yang sedang Anda gunakan dan Anda tidak bisa kembali ke tampilan desktop. Jangankan untuk ke tampilan deskop, untuk mengakses Start Menu saja rasanya lama minta ampun. Sampai-sampai, Anda sangat kesulitan untuk mematikan laptop. Untuk itu Anda bisa menggunakan bantuan lain (tanpa melihat monitor), yakni dengan bantuan kombinasi keyboard. Kombinasi tombol keyboard yang harus Anda tekan adalah tombol Alt + F4 kemudian tombol Enter

Ssaat Anda menekan kombinasi tombol ALT + F4, pada layar laptop Anda akan muncul dialog box yang berisikan pilihan shutdown OS Windows. Jika kondisi laptop saat itu dalam kondisi layar mati, maka Anda tidak bisa melihat tampilan pada layar. Selanjutnya, saat Anda menekan Enter, maka Anda secara langsung memilih menu Shutdown > OK.

Sebagai catatan, jika Anda sedang membuka beberapa program seperti browser, Windows Explorer, dan software lainnya, maka saat Anda menekan kombinasi tombol Alt + F4, Anda juga akan menutup aplikasi yang sedang berjalan. Bisa jadi ketika layar laptop Anda mati, Anda harus menekan beberapa kali kombinasi tombol Alt + F4 untuk menutup aplikasi atau software yang sedang berjalan, barulah kemudian sampai ke kombinasi Alt + F4 untuk mematikan laptop (shutdown) lalu tekan Enter sebagai langkah pamungkas.

Namun semua itu tergantung dari situasi dan kondisi ketika laptop Anda dalam kondisi nge-hang. Bisa jadi Anda hanya perlu sekali saja menekan kombinasi tombol Alt + F4 dan ENTER. Secara otomatis, laptop akan melakukan shutdown. Jika cara pertama ini belum berhasil untuk mematikan laptop Anda, Anda bisa mencoba untuk lanjut ke cara kedua.

2. Menutup layar laptop dan Menekan tombol power

Agar cara yang kedua ini bisa diterapkan, Anda butuh persiapan terlebih dahulu. Persiapan yang dimaksud adalah adanya pengaturan yang dilakukan terlebih dahulu pada jauh-jauh hari ketika laptop sedang berada dalam kondisi normal. Anda dapat melakukan pengaturan tersebut pada Control Panel > Hardware and Sound > Power Options lalu pilih “Change what the power buttons do”. Nah, selanjutnya akan muncul jendela dimana Anda akan menjumpai beberapa pengaturan sebagai berikut:


  • When i press the power button, yaitu kondisi ketika Anda menekan tombol power pada laptop
  • When i press the sleep button, yaitu keadaan ketika Anda menekan tombol sleep
  • When i close the lid, yaitu keadaan ketika Anda menutup layar laptop
  • On battery, yaitu kondisi saat laptop hanya menggunakan baterai sebagai sumber tenaga
  • Plugged in : yaitu kondisi saat laptop Anda dalam keadaan sedang di-charge ke sumber listrik

Beberapa pengaturan tersebut bisa Anda temui pada bagian tombol power (power button), tombol sleep (sleep button) dan saat menutup laptop (close the lid). Di pengaturan tersebut Anda perlu mengganti pada bagian “When i press the power button” dengan pengaturan sebagai berikut:

  • On battery : Shutdown
  • Plugged in : Shutdown

Sedangkan pada bagian “When i close the lid” juga diganti dengan pengaturan berikut ini:

  • On battery : Shutdown
  • Plugged in : Shutdown

Loh, mengapa diganti dengan “shutdown” semua? Hal tersebut agar nantinya ketika laptop Anda nge-hang, maka Anda bisa langsung mematikan laptop tanpa harus menggunakan kombinasi tombol keyboard pada cara sebelumnya. Anda jadi bisa mematikan laptop dengan cepat hanya dengan menekan tombol power atau dengan menutup layar laptop. Dengan pengaturan ini maka akan sangat memudahkan Anda untuk mematikan laptop dengan cepat ketika laptop sedang dalam kondisi nge-hang.

Sebenarnya pengaturan ini bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan masing – masing. Berhubung saat ini kami sedang membahas cara mematikan laptop hang, maka pengaturan yang kami bahas adalah pengaturan untuk mematikan laptop. Jika pengaturan di atas sudah diubah, simpan pengaturan Anda dengan menekan tombol “Save change” pada layar laptop Anda.

3. Menekan lama tombol power

Selain dengan kombinasi tombol keyboard, Anda juga bisa mematikan laptop ketika nge-hang hanya dengan menekan lama tombol power di laptop. Untuk cara ini, Anda tak perlu mengatur apa-apa, karena biasanya produsen laptop menyematkan fungsi “emergency” ini di semua tipe laptopnya.

Caranya cukup gampang kok, Anda hanya perlu menekan lama tombol power pada laptop Anda selama kurang lebih 3 sampai 4 detik. Selanjutnya, layar laptop Anda akan padam dan suara dari dalam laptop akan berhenti seketika. Cara ini dikenal dengan nama “hard shutdown”. Dan cara ini adalah salah satu langkah terakhir jika laptop Anda tidak bisa dimatikan dengan dua cara yang telah kami bahas di atas.

4. Mencabut Baterai Laptop

Cara terakhir lainnya yang menjadi solusi pamungkas ketika laptop Anda berada dalam kondisi nge-hang, adalah dengan langsung mencabut daya atau mencabut baterai laptop. Cara ini sebaiknya tidak terlalu fatal, karena efeknya hanya seperti ketika Anda mengguanakan laptop dan tiba – tiba pasokan listrik dari PLN mati.

Cara ketiga dan keempat adalah beberapa cara mengatasi laptop ngehang saat baru dinyalakan, karena Anda tidak mungkin untuk menekan kombinasi tombol keyboard atau mengatur shutdown otomatis saat laptop baru Anda nyalakan.

Namun, baik cara ketiga dan cara keempat sebaiknya tidak dilakukan terlalu sering, karena bisa mengakibatkan rusaknya komponen elektronik di dalam laptop Anda. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui beberapa penyebab laptop atau komputer sering hang, diantaranya:

  1. OS Windows pada laptop Anda bermasalah. Hal tersebut bisa jadi karena adanya missing file system, corrupt dan virus. Untuk mengatasinya, coba Anda lakukan scan registry dengan CCleaner dan scan virus dengan software antivirus.
  2. RAM dan kipas laptop kotor. Untuk mengatasinya, tentu saja dengan cara dibersihkan. Anda bisa membersihkan RAM menggunakan penghapus karet. Sedangkan untuk kipas laptop menggunakan kuas atau vacuum cleaner. Jika Anda ragu, bawa laptop Anda ke teknisi yang terpercaya.
  3. Kemungkinan lainnya bisa Anda tinjau ulang dengan lebih baik, bisa saja disebabkan oleh motherboard laptop yang bermasalah. Untuk mengatasinya, sebaiknya bawa saja laptop Anda ke teknisi atau service center terdekat. Jika Anda ingin mencobanya sendiri, konsulasikan kepada orang-orang yang lebih ahli terlebih dahulu.

  4. Bisa jadi ketika Anda mengunjungi situs ilegal atau mendownload program yang aneh-aneh, laptop Anda terkena virus yang berdampak pada kinerja laptop Anda. Untuk itu, Anda perlu berhati-hati dan selalu melakukan scan dengan antivirus terbaik. Untuk penyebab satu ini, Anda perlu tahu cara mengatasi laptop hang saat internetan.
  5. Menumpuknya temporary file (file sementara), cache dan history pada browser Anda. Coba bersihkan semua hal tersebut dengan software CCleaner.
  6. Jika laptop hang terjadi ketika Anda sedang bermain game, kemungkinan besar penyebabnya karena spesifikasi laptop Anda yang kurang memadai. Hal tersebut dapat terindikasi dari kipas laptop yang mati, harddisk bermasalah, VGA Card (kartu grafis) dan Processor terlalu panas, serta RAM atau VGA Card mengalami kerusakan. Cara mengatasi laptop ngelag saat main game atau ngehang saat game masih berlangsung bisa Anda simak di situs kami.

Sekian artikel kami kali ini mengenai cara mematikan laptop hang. Agar laptop Anda bisa kembali digunakan, Anda harus melakukan beberapa cara mengatasi laptop hang yang pernah kami bahas di situs ini. Semoga artikel kami kali ini bisa bermanfaat bagi Anda untuk memperbaiki laptop yang berada dalam kondisi nge-hang.

, ,
Oleh :
Kategori : Troubleshooting