6 Cara Mengatasi Tinta Printer Tidak Mengalir yang Mudah

Pernahkah ketika Anda menggunakan printer, lalu hasil cetakannya kurang sempurna karena ada satu atau beberapa warna yang tidak keluar dari head printer? Masih mending jika Anda hanya mencetak tulisan yang hanya membutuhkan tinta warna hitam saja. Bagiamana jika Anda sedang mencetak foto atau dokumen yang memiliki aneka ragam warna? Wah, rasanya pasti nyebelin banget kan? Udah mah ngeluarin kertas, ehh hasilnya tidak sesuai harapan. Lebih nyebelin lagi jika dokumen berwarna tersebut cukup banyak. Jadi terkesan buang-buang kertas dehh.

ads

Jika Anda pernah mengalami masalah seperti yang dijelaskan pada paragraf di atas, Anda berarti pernah mengalami masalah yang sering muncul pada tinta infus pada printer inkjet, yaitu tinta yang tidak mau keluar atau selang tinta tersumbat. Masalah tersebut biasa disebut juga dengan istilah “masuk angin”. Loh kok disebut masuk angin?

Begini, tinta printer itu sifatnya agak cair tapi agak kental juga. Bisa dibilang, kekentalannya hampir sama dengan cat. Walaupun begitu, tinta printer masih lebih encer ketimbang cat. Nah, cairan yang kental memiliki kerawanan akan terperangkapnya udara di cairan tersebut. Jika hal tersebut terjadi pada tinta printer di selang menuju head printer, maka tinta tidak bisa mengalir melewati selang tersebut karena jalur tinta tersebut terhalang oleh tinta yang terjebak di dalam cairan tinta.

Gejala sebuah printer mengalami “masuk angin” adalah adanya warna yang bermasalah dan tidak muncul pada hasil cetakan. Kemudian ketika dicek, pada selang tinta warna yang bermasalah tersebut, ada ruas – ruas di bagian selang yang tidak terisi oleh tinta. Ruas – ruas tersebut adalah udara yang terperangkap di selang warna printer. Selain itu, printer tidak bisa dilakukan cleaning karena head printer tidak mau menyedot tinta yang berada di dalam tabung atau cartridge. Inilah salah satu penyebab printer macet yang sering terjadi pada printer inkjet.

Sebagai salah satu perangkat input dan output komputer yang sering digunakan, maka Anda perlu mengetahui cara untuk memperbaiki masalah tersebut. Tenang saja, pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai cara mengatasi tinta printer tidak mengalir. Cara – cara yang kami bahas di bawah ini bisa diterapkan untuk semua tipe dan merek printer inkjet yang ada di pasaran. Cara mengatasi tinta printer tidak mengalir tidak sama dengan cara mengatasi tinta printer tidak keluar, karena tinta printer tidak keluar bisa diakibatkan oleh adanya endapan tinta pada selang menuju head printer atau malah pada head printernya.

Tentu saja, Anda tidak bisa melakukan cara-cara di bawah ini pada macam-macam printer lainnya seperti printer laser dan printer dot matrix. Dan tentu saja, cara mengatasinya bukan dengan meminum obat masuk angin hehehe. Berikut cara-caranya:

1. Siapkan sebuah suntikan tanpa jarum

Tenang, kita ga bakal nyuntik siapa-siapa kok hehehe. Suntikan ini berguna untuk mendorong tinta ke tabung, agar tinta mengalir ke selang dan mengisi ruas – ruas kosong yang berisi udara yang terjebak di dalamnya.

2. Lepaskan cartridge dari printer

Langkah selanjutnya, buka printer dan keluarkan catridge yang ada di dalamnya. Jangan lupa untuk membersihkan cartridge menggunakan lap kering. Bila Anda tidak mau sekeliling Anda kotor karena terkena tinta, Anda bisa menambahkan alas sebagai tempat menaruh cartridge printer.


3. Masukan suntikan ke dalam lubang tabung

Setelah cartridge berada di luar dan terlepas dari printer, sekarang Anda masukan suntikan yang sudah disiapkan sebelumnya ke dalam lubang tabung atau cartridge tinta yang bermasalah.

Selanjutnya tekan tinta di dalam selang menggunakan suntikan tersebut, agar udara yang berada di dalam suntikan mendorong tinta yang berada di selang untuk masuk ke tabung. Jangan lupa juga untuk menahan selang tinta yang bermasalah menggunakan penjepit

Anda juga bisa menekan tinta dari selang menggunakan tangan Anda sendiri (ya iyalah, masa mau pinjem tangan orang? wkwkwk). Caranya, tangan Anda menahan bagian ujung selang yang menuju cartridge. Tujuannya agar tinta tidak meluber kemana – mana.

Posisi selang harus berada di dalam cartridge. Lakukan penekanan menggunakan suntikan sampai maksimal lima kali. kemudian lepaskan tekanan dari suntikan perlahan – lahan pada penekanan kelima. Lakukan hal tersebut berulang kali sampai tinta menyentuh atau sudah masuk ke lubang cartridge.

4. Cabut selang yang bermasalah

Selain cara ketiga di atas, Anda juga bisa melakukan cara lain, yaitu mencabut bagian selang yang bermasalah dari cartridge. Kemudian saat ditekan menggunakan suntikan, Anda biarkan tinta keluar atau mengalir dari selang. Nah, untuk cara ini, posisi selangnya tidak menyatu dengan cartridge. Anda juga harus menyiapkan sebuah wadah untuk menampung tinta yang dialirkan dari selang. Setelahnya, Anda bisa meminum menuangkan tinta tampungan tersebut kembali ke cartridge.

5. Lakukan Head Cleaning

Bila Anda sudah melakukan cara ketiga atau keempat, selanjutnya pasang kembali cartridge ke dalam printer. Sebelum printer ditutup, lakukan penekanan tinta kembali menggunakan suntikan sekitar satu sampai dua kali tekanan. Kemudian tutup printernya kembali.

Selanjutnya pada komputer atau laptop Anda, masuklah ke bagian pengaturan printer. Caranya adalah pilih Start Menu, lalu pilih Control Panel > Devices and Printers. Kemudian, klik kanan pada nama printer Anda dan pilih “Printing Preferences”. Pada jendela yang muncul, klik tab “Maintenance” dan klik Cleaning. Ikuti petunjuk selanjunya yang ada di layar. Cara untuk melakukan head cleaning sebenarnya sama saja, jadi jika Anda melakukan cara cleaning printer HP pun, caranya sama dengan yang kami jelaskan sebelumnya di awal paragraf ini.

Anda jangan kaget jika pada proses head cleaning, tinta yang sebelumnya ditekan ke selang yang bermasalah malah mengali lagi ke selang tersebut. Hal tersebut karena pada proses head cleaning memang membutuhkan aliran tinta untuk membersihkan endapan tinta yang kemungkinan menempel pada head printer.

6. Uji coba hasil cetakan pada kertas

Bila sudah selesai melakukan Head Cleaning, sekarang Anda coba untuk mencetak satu halaman kertas dari printer Anda. Tujuannya agar Anda tahu apakah hasil perbaikan yang Anda lakukan sudah berhasil dalam menangani masalah tinta printer tidak mengalir. Caranya adalah pilih Start Menu, lalu pilih Control Panel > Devices and Printers. Kemudian, klik kanan pada nama printer Anda dan pilih “Printing Preferences”. Pada jendela yang muncul, klik tab “Maintenance” dan klik “Print Check Pattern”. Tunggu sampai printer selesai mencetak pola default untuk uji coba cetakan printer yang sudah terprogram oleh produsen printer Anda.


Jika semua warna pada pola tercetak pada keras, maka itu tandanya printer Anda sudah beroperasi kembali dengan normal. Jika masih belum, ulangi langkah perbaikan yang telah kami berikan di atas sekali lagi. Jika masih belum berhasil, mungkin itu tandanya Anda harus melakukan beberapa cara memperbaiki cartridge printer. Atau Anda bawa printer Anda ke service center terpercaya atau ke tukang servis printer terdekat.

Dalam beberapa kasus, Anda bisa saja mengalami kasus dimana saat tabung printer ditekan menggunakan suntikan, tinta mengaliri ruang – ruang udara kosong yang terdapat pada selang. Namun saat tekanan dilepas, tinta malah kembali lagi atau tidak turun untuk mengisi ruang – ruang kosong pada selang. Untuk mengatasinya, coba Anda lakukan penekanan secara berulang – ulang.

Sekian informasi yang bisa kami berikan kali ini mengenai cara mengatasi tinta printer tidak mengalir, khususnya untuk printer inkjet. Semoga informasi yang kami bahas pada artikel kali ini bisa bermanfaat bagi Anda yang hendak memperbaiki printer Anda, terutama yang memiliki masalah tinta printer tidak keluar.

 

, , ,
Oleh :
Kategori : Printer