5 Cara Menghilangkan Virus di Laptop Windows 7 Wajib Dicoba

Virus adalah salah satu hal yang paling menjadi masalah dan tidak bisa tidak harus berusaha untuk dihindari oleh semua orang yang ingin agar bisa melakukan pekerjaannya dengan nyaman. Windows 7 adalah salah satu sistem operasi yang sering kali menjadi sasaran dari infeksi virus yang dilakukan oleh berbagai macam orang. Ada yang berusaha untuk merusak sistem, menanamkan trojan, dan lain sebagainya. Pada dasarnya, virus digunakan oleh para pembuatnya untuk meraih tujuan tertentu, baik mendapatkan data ataupun memiliki sumber daya baru untuk mendapatkan akses komputer untuk berbagai keperluan yang dimiliki.

ads

Lalu bagaimana cara menghilangkan virus di laptop Windows 7? Apakah kita bisa melakukannya secara mandiri tanpa perlu memberikan komputer kita pada service center terdekat? Tentu saja jawabannya adalah bisa. Walaupun kita tidak memiliki pengetahuan yang sangat mumpuni mengenai dunia virus dan penanganannya, akan tetapi dengan melakukan beberapa langkah sederhana kita sudah bisa menghilangkan virus di laptop Windows 7. bahkan, dewasa ini semakin banyak aplikasi pembantu yang bisa memudahkan kita dalam menghilangkan virus dari laptop Windows 10.

Lalu, bagaimana memang caranya agar kita bisa menghilangkan virus di laptop Windows 7 secara mandiri? Buat kamu yang ingin tahu caranya, maka artikel saat ini sangat penting untuk dibaca sampai tuntas! Jadi, bagaimana caranya? Silakan lanjutkan membaca di bawah ini ya!

1. Menggunakan Windows Defender

Windows Defender adalah salah satu antivirus bawaan yang dimiliki oleh Windows 7. Aplikasi yang satu ini bisa digunakan untuk melakukan pemindaian terhadap virus dan menghapus virus di laptop yang memiliki sistem operasi Windows 7. Dengan demikian, kita tidak perlu lagi menggunakan aplikasi-aplikasi tambahan hanya untuk menghapus virus dari laptop yang kita install Windows 7.

Cara untuk menggunakan Windows Defender juga cukup mudah, kamu hanya perlu membuka aplikasi ini melalui start menu lalu mencari Windows Defender. Pada jendela Windows Defender yang muncul, kamu bisa memilih scan untuk memulai pencarian terhadap sistem operasi yang kamu miliki. Apabila dalam sistem operasi Windows 7 mu terdapat virus y ang dikenali oleh Windows Defender, maka hasilnya akan terlihat dari laporan atau results terhadap pencarian virus yang dilakukan oleh Windows Defender.

Setelah hasil pencarian virus keluar, maka kamu bisa memilih untuk melakukan karantina, memperbaiki file yang telah terinfeksi, dan tentunya menghapus virus yang ada pada laptopmu. Apabila hal ini dirasa kurang ketika berhadapan dengan trojan, kamu bisa mencoba cara menghapus virus trojan secara manual ya.

2. Menggunakan software Antivirus

Windows Defender memang merupakan salah satu aplikasi antivirus bawaan Windows yang bisa diandalkan. Akan tetapi, pada beberapa kasus, kemungkinan besar virus yang ada pada laptopmu tidak terdeteksi juga ada. Hal ini disebabkan karena keterbatasan database yang dimiliki oleh Windows Defender. Oleh karenanya, untuk mengatasinya kamu bisa menginstall aplikasi antivirus lainnya sebagai software pelangkap untuk membantu melakukan deteksi terhadap virus yang mungkin terinstall pada laptopmu.


Menggunakan antivirus eksternal sangat layak dilakukan khususnya apabila kamu merasa bahwa laptop yang kamu miliki bekerja dengan sangat lambat, muncul iklan tidak jelas dan lain sebagainya yang sangat mengganggu kerja yang kamu lakukan. Apabila kamu menginstall aplikasi antivirus eksternal yang terpercaya, hasil yang lebih memuaskan juga bisa terjadi mengingat database dari aplikasi tersebut bisa lebih lengkap ataupun sistem deteksi yang digunakan lebih baik daripada Windows Defender bawaan Windows 7. Misalnya dalam cara menghilangkan virus autorun.

3. Format partisi

Cara menghilangkan virus di laptop Windows 7 berikutnya yang bisa kamu coba adalah dengan cara melakukan format terhadap partisi yang telah diduga terkena virus. Cara yang satu ini tergolong beresiko dan tidak menjamin kesuksesan yang bisa kamu raih. Akan tetapi, hal ini bisa dicoba khususnya apabila virus yang kamu alami adalah virus yang bersemayam atau berada di flashdisk atau memory card. Selain itu, jangan lupa juga untuk mencoba cara membuat flashdisk menjadi antivirus ya.

4. Menghapus manual

Selain menggunakan antivirus, kamu juga bisa menggunakan cara manual untuk menghilangkan virus di laptop Windows 7. Akan tetapi, untuk melakukan hal ini kamu harus memiliki kepastian bahwa file yang akan kamu hapus tersebut benar-benar merupakan file virus. Cara ini biasanya perlu dilakukan apabila file virus yang ditemukan oleh antivirus mu tidak bisa dihapus secara langsung, ataupun karena file virus yang terdapat pada laptopmu telah kamu kenali dengan pasti bahwa itu adalah virus sehingga kamu tidak perlu membuang waktu lagi untuk melakukan instalasi dan pencarian melalui antivirus.

Ketika melakukan penghapusan secara manual, kamu juga perlu memastikan bahwa file registry virus juga telah terhapus. Caranya adalah dengan melihat pada aplikasi registry editor dan carilah segala entri yang berhubungan dengan file virus di harddisk yang kamu hapus. Dengan demikian, file virus tersebut benar-benar bersih baik dari harddisk ataupun dari entri registry yang bisa membuat file virus masih bisa memasuki memory atau RAM yang dimiliki oleh laptopmu. Kamu bisa menggunakan Cara menghapus virus dengan CMD untuk melakukan penghapusan secara manual.

5. Install ulang

Langkah lain yang bisa kamu lakukan untuk menghapus virus pada laptopmu dan mungkin merupakan salah satu cara yang menjadi opsi terakhir adalah dengan cara melakukan install ulang pada laptop Windows 7 yang kamu miliki. Install ulang bisa kamu lakukan apabila infeksi yang terjadi pada Windowsmu telah sedemikian parah hingga aplikasi antivirus pun tidak bisa mengatasinya dengan baik. Oleh karena itulah, cara yang satu ini merupakan opsi terakhir yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah infeksi virus pada laptop Windows 7 yang kamu miliki.

Sebelum memutuskan untuk melakukan cara yang satu ini, pastikan bahwa kamu telah memiliki backup data-data yang penting dari laptop yang kamu miliki. Dengan demikian, ketika kamu melakukan instalasi ulang, data penting pada laptopmu tidak akan ikut terhapus. Melakukan instalasi ulang tentu membutuhkan usaha yang tidak sedikit, karena kamu pun perlu melakukan instalasi driver dan berbagai aplikasi lain yang dibutuhkan agar kamu bisa bekerja kembali dengan baik setelah instalasi Windows 7 selesai dilakukan. Cara yang sama juga bisa kamu gunakan sebagai cara menghapus virus shortcut lo.


Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkanvirus di laptop Windows 7 yang kamu miliki. Apabila cara-cara di atas telah kamu lakukan akan tetapi kamu belum juga berhasil mengatasi masalah virus pada laptopmu, maka mungkin saatnya untuk membawa laptop Windows 7 yang kamu miliki ke service center terdekat untuk diperiksa dengan lebih detail apa yang menyebabkan virus pada sistem operasi yang kamu miliki tidak bisa dihilangkan dengan baik. Semoga dengan beberapa langkah di atas kamu bisa mengatasi masalah virus pada laptopmu ya!

Jangan lupa untuk membaca berbagai macam artikel lain dari DosenIT ya!

, , ,