Home » Kuliah IT » Pemrograman » 6 Kegunaan Struktur Data dalam Sebuah Pemrograman

6 Kegunaan Struktur Data dalam Sebuah Pemrograman

by Elang Hendy Subrata

Dalam pembuatan sebuah program komputer. Mengkin dari kita pernah mendengar sebuah istilah yang cukup sering mendengarnya atau sering membacanya secara sekilas. Istilah tersebut adalah struktur data. Buat kamu yang sering membuat sebuah kode-kode dalam pemrograman, pastinya pernah mendengar istilah tersebut. Sebelum ke bagian kegunaannya, alagkah baiknya jika kita pahami dulu apa itu struktur data terlebih dahulu.

Pengertian Struktur Data

Berdasarkan pengertian dari istilah komputer, struktur data merupakan sebuah cara penyimpanan, susunan  serta pengaturan sebuah data di dalam penyimpanan komputer. Jika pengertian dari data sendiri merupakan sebuah personifikasi dari fakta yang dimasukan.bentuknya sendiri bisa bermacam-macam. Tulisan, bunyi, sinyal, simbol, dan macam-macam lainnya.

Nah, setelah memahami pengertian dari struktur data sekarang kita ulas apa saja manfaat struktur data dalam sebuah pemrograman berikut ini.

1. Memberikan kemudahan dalam proses pemrograman

Kegunaan pertama dari struktur data ini adalah dapat memberikan kemudahan dalam membuat sebuah program. Bisa kita bayangkan ketika sedang membuat perintah dalam bentuk bahasa pemrograman namun kita tidak mengetahui seperti apa bentuk perintah yang diberikan pada komputer. Tentu saja hal ini akan menyulitkan untuk kita sebagai programmer. Oleh sebab itu, dengan adanya struktur data ini, programmer dapat terbantu dan tentunya sangat memudahkan programmer dalam memberikan perintah pada komputer.

2. Memudahkan dalam menggunakan konsep algoritma

Seperti yang kita ketahui bahwa konsep algoritma yang berhasil diterapkan pada bahasa pemrograman harus menggunakan struktur data yang baik pula. Dengan struktur data yang baik, maka konsep algoritma yang digunakan pun akan baik. Begitu juga dengan sebaliknya, jika struktur data tidak baik, maka konsep algoritma pada proses pemrograman pun juga tidak akan baik. Dengan memahami algoritma, suatu program akan mudah dilakukan. Hanya saja, untuk dapat memahaminya tentu diperlukan suatu metode. Dan metode itulah yang dinamakan sebuah struktur data.

3. Efisiensi memori yang dipakai

Bisa dibayangkan ketika saat kita melakukan proses pemrograman dalam jumlah yang banyak, maka berapa memori yang dibutuhkan untuk dapat menyelesaikan sebuah program. Itu baru satu program saja untuk bagian user, belum ditambah dengan memori yang digunakan untuk bagian admin. Jika struktur data diterapkan, maka tentunya sebuah perintah program dapat lebih disederhanakan dan tentunya memori yang dibutuhkan lebih sedikit.

4. Memudahkan dalam pengaturan data

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa kegunaan strukur  data ini memudahkan dalam pembuatan sebuah program oleh programmer. Nah, salah satu bagian yang memudahkan itu adalah dalam hal pengaturan data-data yang diamsukan. Jika kita analogikan dalam menyimpan sebuah buku ke dalam satu rak, maka untuk memudahkan dalam merapikan buku ke dalam rak adalah dengan mengurutkan buku berdasarkan kategori. Misalnya pada rak paing atas adalah buku-buku milik ayah. Lalu, bagian tengah milik ibu, sedangkan paling bawah milik anak-anak.

Nah dengan contoh analogi seperti itu, struktur data dapat mengatur data-data yang dimasukan agar rapi dan sangat teroganisir. Contoh lainnya bisa kita lihat pada saat penerapan perkalian matriks, tabel, dan juga visualisasi matriks Hal tersebut tentunya juga sangat memudahkan baik user maupun programmer itu sendiri.

5. Mempercepat dalam menemukan masalah saat coding

Nah, salah satu kelebihan dengan adanya struktur data ini adalah dapat mempercepat ditemukannya kesalahan-kesalahan atau error ketika akan diujicobakan. Contohnya saja, ketika kita melakukan ujicoba sebuah program dan ditemukan adanya serror, maka kita sebagai programmer akan jauh lebih cepat menemukan masalahnya ketimbang tanpa menggunakan struktur data. Jika menggunakan struktur data, maka lokasi terjadinya error ketika  melakukan coding akan ketahuan dan dapat diperbaiki dengan cepat.

6. Memudahkan dalam menyusun bahasa pemrograman

Berbagai macam bahasa pemrograman tngkat tinggi perlu dikuasai agar program tersebut dapat kebal terhadap berbagai serangan seperti hacker maupun virus. Oleh sebab itu, dengan adanya struktur data, pemasangan bahasa program yang sesulit apapun akan lebih mudah untuk diterapkan. Dengan begitu, programmer yang masih belum memahami tingkat kesulitan suatu bahasa pemrograman akan lebih mudah dalam penerapannya. Jika kamu masih belum menguasai bahasa program tingkat tinggi, akan lebih baik jika kamu mencoba contoh bahasa pemrograman tingkat menengah terlebih dahulu agar kamu dapat terbiasa ketika harus menggunakan bahasa program tingkat tinggi.

Dari ulasan di atas, bisa kita simpulkan bahwa struktur data sangatlah penting di dalam sebuah pemrograman. Tanpa adanya struktur pemrograman, maka bisa dipastikan pembuatan sebuah program pun akan sangat kesulitan.

Oleh sebab itu, jika kamu menginginkan menjadi seorang programmer, kamu harus memahami terlebih dahulu fungsi bahasa pemrograman agar kamu dapat lebih mengenal apa saja fungsinya sehingga bahasa program begitu dibutuhkan. Selain itu, kamu juga dapat mempelajari bahasa pemrograman web paling populer lainnya. Semoga bisa memberikan pembelajaran untuk kamu dan kita semua.

You may also like