Home » Ilmu Komputer » Tips & Trick Komputer » Lakukan 15 Cara Mengatasi Komputer Tidak Bisa Masuk Bios yang Mudah Ini

Lakukan 15 Cara Mengatasi Komputer Tidak Bisa Masuk Bios yang Mudah Ini

by Elang Hendy Subrata

Kemajuan teknologi komputer saat ini telah memberikan dampak yang signifikan pada banyak orang. terutama bagi beebrapa bidang. Seperti yang telah kita ketahui bahwa banyak bidang yang telah merasakan manfaat jaringan komputer ini. contoh mudahnya adalah saat ini sistem ujian dan sistem rekrutmen karyawan menggunakan teknologi komputer.

Oleh karena itu, kebutuhan manusia dengan komputer sudah hampir mendekati kebutuhan pokok. Saat ini kita bisa melakukan belanja hanya melalui komputer dan smartphone. Hal ini juga sama ketika kita membutuhkan alat transportasi atau mencari hiburan hanya menggunakan sistem komputer maupun smartphone.

Hanya saja, sama halnya dengan alat elektronik lainnya. Sewaktu-waktu, komputer dapat mengalami masalah. Ditambah lagi masalah yang cukup pelik pada komputer cukup rumit. Contohnya saja komputer tidak bisa masuk bios. Permasalahan tersebut cukup membuat pusing bagi orang-orang yang tidak terlalu mengerti dunia komputer. Namun sebelum melakukan perbaikan, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu apa penyebab terjadinya komputer tidak masuk BIOS.

Penyebab tidak ada bisa masuk BIOS :

  • Ada bagian Harddisk yang mengalami kerusakan atau tidak terdeteksi

Jika BIOS atau sampai tidak ada bunyi beep di CPU, maka bisa dipastikan ada masalah yang terjadi pada bagian harddisk. Bisa jadi bagian harddisk mengalami kerusakan atau ada salah satu komponennya yang tidak berfungsi dengan baik. Untuk dapat mengetahuinya perlu dilakukan pengecekan.

  • Masalah software

Karena BIOS sangat erat hubungannya dengan software atau aplikasi, maka bisa jadi ada sebuah software yang yang tidak kompatbel atau dipaksakan untuk diinstal pada komputer. Selain dipaksakan, kemungkinan lainnya adalah bisa jadi ada software atau aplikasi yang sudah lama terpasang di komputer namun mengalami kerusakan atau error secara tiba-tiba. Hal tersebut cukup sering terjadi pada komputer-komputer lama.

  • Ada komponen yang sudah dimakan usia

Komponen komputer tetaplah ada usianya. Jika komputer tersebut lebih dari lima tahu dan tidak pernah diganti salah satu komponennya, maka kejadian tidak dapat masuk BIOS maupun tidak adanya bunyi beep pun bisa sangat mungkin terjadi. Ditambah lagi, komponen tersebut tidak pernah mendapatkan perawatan yang layak, maka sudah sewajarnya akan muncul kerusakan semacam itu.

  • Sering mengalami kepanasan

Apakah kamu sering menggunakan komputer hingga beberapa komponennya sering kepanasan atau overheat? Perlu kamu ketahui bahwa ketika komputer terlalu sering mengalami overheat, maka beberapa komponen komputernya bisa saja mengalami kerusakan yang cukup parah.

  • Masalah pada Motherboard

Salah satunya adalah masalah pada bagian motherboard. Seperti yang kita ketahui bahwa fungsi motherboard adalah sebagai “stasiun”nya beberapa komponen komputer untuk dapat saling terhubung sehingga dapat menjadi sebuah komputer secara utuh. Apabila terjadi sesuatu pada motherboard, maka hal tersebut juga sangat memengaruhi kinerja komputer.

Cara mengatasi Komputer gagal masuk BIOS

Setelah mengetahui apa saja penyebabnya, berikut adalah cara mengatasinya setahap demi setahap.

  1. Cabut semua kabel-kabel yang tersambung dengan listrik
  2. Setelah itu, bukalah kesing CPU secara perlahan-lahan.
  3. Jika sudah langkah selanjutnya adalah keluarkan beberapa komponen yang tersambung dengan bagian motherboard. Contohnya RAM, VGA card, dan Harddisk, Setelah itu, sisakan motherboardnya saja.
  4. Pasangilah kabel power CPU untuk menghidupkan komputer.
  5. Disinilah kita bisa mendengar suara bunyi beep di dalam CPU. Jika motherboard tidak mengeluarkan suara beep, maka permasalah ada pada bagian motherboard. Jika kamu memiliki motherboard cadangan kamu bisa mencobanya terlebih dahulu pada CPU.
  6. Matikan kembali CPU dan gantilah motherboarnya dengan morherboard cadangan.
  7. Setelah motherboard diganti, maka langkah selanjutnya adalah hubungkan kembali ke arus listrik.
  8. Jika sudah ada bunyi suara beep, maka permasalahan mengenai suara beep sudah selesai.
  9. Sekarang tinggal bagian komponen lainnya. Ceklah terlebih dahulu RAM, VGA card, dan Harddisk.
  10. Ceklah terlebih dahulu apakah komponen tersebut mengalami tanda kerusakan atau tidak.
  11. Untuk mengantisispasinya kamu bisa mencoba gunakan komponen bekas yang masih berfungsi dengan baik. Jika tidak ada cobalah kembali dirakit terlebih dahulu ketiga komponen tersebut.
  12. Jika masalah tidak dapat masuk BIOS karena software, maka langsung tekan F5 pada keyboard. Setelah itu, kamu dapat uninstal software yang sekiranya menjadi penyebab gagal masuk BIOS.
  13. Jika sudah lakukan restart.
  14. Apabila masih belum bisa, maka harus ada beberapa komponen yang diganti seperti RAM, VGA Card maupun Harddisk. Tidak harus membeli yang sangat baru, bekas pun bisa digunakan asalkan kondisinya masih bagus.
  15. Selesai.

Perlu diperhatikan lagi! Jika beberapa tips tersebut masih tetap mengalami kegagalan, maka jalan terakhir adalah mereparasinya ke tempat servis yang bisa dipercaya.

You may also like