Home » Hardware » Printer » 6 Fungsi Printer Inkjet yang Paling Sering Digunakan

6 Fungsi Printer Inkjet yang Paling Sering Digunakan

by Elang Hendy Subrata

Printer merupakan sebuah mesin pencetak berbagai macam dokumen dari suatu file. Printer sendiri bisa kamu temukan di berbagai tempat khusus mencetak sebuah dokumen. Printer pun ada banyak macamnya, mulai dari printer yang kecil hingga printer yang mirip dengan sebuah mesin fotocopy.

Di antara semua printer yang beredar di Indonesia, salah satu printer yang cukup banyak digunakan oleh orang-orang adalah printer inkjet. Mungkin kamu masih ada yang asing dengan apa itu printer inkjet sebab prnter inkjet sendiri sering disebut sebagai printer tinta.

Benar, printer tinta adalah sebuah printer yang menggunakan tinta biasa sebagai media untuk mencetak sebuah dokumen. Printer tinta sendiri jumlahnya yang paling umum digunakan oleh masyarakat. Tentunya ada beberapa alasan kenapa printer inkjet paling umum digunakan. Untuk mengetahui jawabannya, berikut ulasannya.

1. Mudah ditempatkan di manapun

Fungsi pertama dari printer inkjet ini adalah mudah disimpan di tempat yang kecil sekalipun. Hal ini tentunya sangat memudahkan seseorang untuk menempatkan printer di tempat manapun meskipun ruangannya kecil sekalipun. Kemudahannya itulah yang membuat printer inkjet ini begitu disukai oleh berbagai kalangan.

Selain itu, karena ukurannya yang relatif kecil, printer ini dapat dibawa kemana-mana dengan mudah. Cukup menggunakan laptop printer dan alat listrik, maka kita dapat mencetak dokumen di amnapun dan kapanpun. Hal tersebut cukup praktis digunakan.

2. Harga yang relatif lebih murah

Bila dibandingkan dengan printer dengan jenis lainnya, maka bisa dikatakan printer inkjet ini memiliki harga yang relatif lebh murah. Memang printer inkjet sendiri lebih diperuntukan bagi kelas menengah ke bawah sehingga orang-orang dapat memiliki printer sendiri di rumah.

Hal ini juga berlaku untuk komponen lainnya seperti tinta dan catridge. Untuk warna hitam-putih maupun yang berwarna, harganya sendiri masih lebih murah dibandingkan dengan printer dengan jenis lainnya. Hal ini lah yang membuat banyak orang memilih printer inkjet.

3. Mencetak foto dengan sempurna

Kelebihan paling utama dengan menggunakan printer inkjet ini adalah dapat mencetak foto dengan kualitas yang sangat baik. Warna yang dihasilkan dari printer ini cukup terang serta gambarnya pun dapat terlihat cukup nyata. Hal tersebut dikarenakan tinta yang digunakan pada printer inkjet cukup banyak yang dikeluarkan alias cukup boros dalam penggunaan tinta. oleh sebab itu tidaklah mengherankan jika kualitas foto yang dihasilkan begitu baik.

4. Sangat cepat digunakan pada pekerjaan ringan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa printer inkjet ini lebih diperuntukan bagi pengguna menengah ke bawah. Oleh sebab itu, kinerjanya pun lebih maksimal untuk mencetak beberapa halaman dokumen atau beberapa halaman foto saja. Meskipun pada dasarnya bsa juga digunakan untuk mencetak dokumen dalam jumlah yang banyak, hanya saja waktu yang dibutuhkan sangatlah lambat dan juga lama.

5. Dapat mencetak langsung dari kamera digital maupun smartphone

Kamu hanya bawa smartphone dan printer saja dan ingin mencetak dokumen ? untuk beberapa seri terbaru, ada printer yang dapat mencetak dokumen langsung dari smartphone maupun kamera digital. Untuk kamera digital, ada kabel khusus yang dapat dihubungkan langsung ke bagian printer sehingga dapat digunakan langsung untuk mencetak dokumen.

Sedangkan pada smartphone, dapat dihubungkan menggunakan kabel data atau menggunakan jaringan Wifi. Printer yang diproduksi baru-baru ini telah ditambahkan fiur wifi untuk dapat mencetak dokumen tanpa harus disambungkan menggunakan kabel data.

Cara menghubungkannya mudah seperti halnya menghubungkan headset bluetooth. Pertama nyalakan wifi di smartphone serta nyalakan wifi pada printer. Setelah itu tunggulah nama wifi yang muncul pada smartphone. Jika sudah muncul, tinggal hubungkan saja dan kamu dapat mencetak dokumen secara langsung dari smartphone saja.

6. Suku cadangnya relatif lebih murah

Jika dibandingkan printer jenis lainnya, pergantian dan perwatan pada printer inkjet jauh lebih murah. Contohnya saja pada bagian catridge. Kalaupun harus dilakukan pergantian suku cadangnya, harganya pun juga murah. Contohnya saja harga catridge pada printer inkjet pada umumnya jauh lebih murah dibandingkan catridge pada jenis printer yang lain.

Meskipun banyak kalangan yang mengatakan kelebihan printer laser dibanding inkjet cukup banyak, akan tetapi pada dasarnya ini kembali lagi kekbutuhan kita sendiri akan lebih memilih printer yang mana. Apakah lebih memilih printer inkjet atau lebih memilih printer laser? Itu tergantung pilihan kamu. Ditambah lagi, jika kamu lebih memilih menggunakan printer inkjet, pastikan kamu dapat memahami cara menyimpan printer dalam waktu lama sehingga printer dapat digunakan dalam jangka waktu yang relatif lebih lama.

You may also like