Kenapa Keyboard Laptop Error ? Mungkin Ini Penyebabnya

Keyboard adalah salah satu perangkat keras komputer dan laptop yang berfungsi sebagai perangkat masukan. Dengan keyboard, kita bisa mengetikan karakter untuk isi dari pekerjaan yang kita lakukan, mulai dari tugas sekolah, laporan kerjaan, dan lainnya. Itu kenapa, keyboard menjadi salah satu komponen penting di dalam seperangkat laptop dan komputer.

ads

Namun, sama seperti kebanyakan perangkat keras lainnya, keyboard pun memiliki resiko kerusakan. Meskipun begitu, asalkan Anda mengetahui cara menjaga keyboard agar tidak cepat rusak, keyboard laptop Anda akan tetap berfungsi walaupun seiring waktu akan mengalami penurunan performa.

Biasanya, keyboard laptop akan mengalami kerusakan ringan yang disebabkan oleh faktor pemakaian penggunanya. Berikut ini adalah beberapa masalah yang biasa terjadi pada keyboard laptop:

  • Satu atau lebih tombol sangat keras sehingga agak sulit untuk ditekan
  • Satu atau lebih tombol tidak muncul karakternya di layar laptop, padahal tombol sudah ditekan
  • Keyboard tidak terdeteksi oleh laptop
  • Keyboard mati total dan tidak bisa digunakan, walaupun sudah terdeteksi
  • Keyboard malah mengetik sendiri, padahal tombol tidak ditekan sama sekali (hiiiii takuttt)

Dari beberapa masalah kerusakan keyboard tersebut, tentu saja ada satu pertanyaan, kenapa keyboard laptop error?Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kali ini kami akan mengulasnya untuk Anda di artikel berikut ini.

1. Ada debu dan pasir yang menyangkut pada bagian bawah tombol

Hal pertama yang bisa menyebabkan keyboard laptop menjadi rusak adalah adanya debu dan pasir yang kemungkinan terselip di bawah tombol keyboard. Biasanya, hal ini terjadi pada laptop yang sering digunakan di luar ruangan (outdoor), seperti taman, lapangan, dan tempat kerja yang berada di luar ruangan. Pasir dan debu yang terselip di bagian bawah tombol keyboard ini bisa menyebabkan tombol keyboard menjadi susah untuk ditekan dan jika ditekan pun malah tidak dapat memunculkan karakter.

Cara mengatasi keyboard laptop yang terselip debu dan pasir ini adalah dengan dibersihkan. Anda bisa menggunakan kuas halus untuk membersihkan debu dan pasir. Anda juga bisa melakukan cara membuka keyboard laptop, khususnya bagian tombol keyboard yang terselip debu dan juga pasir, lalu dibersihkan hingga dapat berfungsi normal.

2. Keyboard laptop ketumpahan cairan

Penyebab keyboard laptop rusak selanjutnya adalah karena keyboard laptop yang ketumpahan cairan, contohnya seperti air, minuman bersoda, dan jenis-jenis cairan lainnya. Cairan yang tumpah ke keyboard laptop, bisa menyebabkan tombol keyboard tidak dapat ditekan. Sehingga, pada layar laptop tidak akan muncul karakter yang sesuai dengan apa yang diketik oleh user menggunakan keyboard.

Untuk mengatasi masalah ini, cara yang dapat dilakukan oleh Anda sama dengan cara pertama, yaitu membuka atau mencongkel keyboard laptop, khususnya tombol – tombol keyboard laptop, lalu keyboard tersebut dibersihkan pada bagian yang kotor dan ketumpahan cairan tersebut.


3. Terlalu sering memencet salah satu tombol

Bagi Anda yang hobi bermain game di laptop, pasti Anda sering merasakan hal ini kan? Yup, saat bermain game, biasanya kita sering menekan beberapa tombol keyboard berkali – kali dan secara simultan. Nah, jika hal ini dilakukan secara terus menerus, otomatis bisa merusak tombol keyboard anda. Ciri-ciri keyboard laptop rusak akibat hal tersebut adalah kita jadi harus menekan tombol keyboard lebih lama ketimbang sebelumnya.

Untuk memperbaiki masalah ini sebenarnya cukup sulit, karena akan berkaitan dengan keseluruhan sistem keyboard di dalam laptop. Cara terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah mengganti keyboard laptop yang bermasalah tersebut. Sebelum hal tersebut terjadi pada laptop Anda, maka mulai dari sekarang Anda bisa mengurangi penggunaan keyboard laptop Anda. Caranya dengan menggunakan keyboard eksternal yang dihubungkan ke port USB atau keyboard eksternal yang dikoneksikan secara wireless.

4. Terlalu sering ditindih oleh benda berat atau terlalu sering digunakan

Nah, penyebab keyboard laptop mengetik sendiri dan bermasalah bisa jadi karena kesalahan kita sebagia pengguna. Biasanya, kita sering meletakkan benda yang sangat berat di atas keyboard tanpa kita sadari. Hal tersebut bisa menyebabkan tombol keyboard menjadi tertekan sangat keras, sehingga tombol keyboard menjadi sangat sensitif.

Selain itu, seperti yang kami bahas pada poin sebelumnya, terlalu sering menekan satu atau beberapa tombol keyboard secara ekstrim juga bisa menyebabkan kondisi keyboard laptop menjadi sangat sensitif. Terlalu sensitifnya keyboard bisa mengakibatkan keyboard mengetik sendiri.

5. Masalah pada driver keyboard laptop

Biasanya, masalah yang muncul pada perangkat keras komputer atau laptop, penyebabnya tidak jauh-jauh dari masalah driver. Driver sebuah komponen di dalam laptop atau komputer bisa mengalami masalah karena sudah out of date, tidak kompatibel lagi dengan sistem, dan ada kesalahan ketika proses instalasi. Hal tersebut bisa terjadi juga pada keyboard laptop Anda.

Cara yang bisa Anda lakukan cukup mudah kok. Anda hanya perlu menginstal ulang driver keyboard laptop Anda. Cara lainnya, Anda bisa melakukan update driver keyboard laptop Anda.

6. Karet pada tombol keyboard mengalami kerusakan

Jenis kerusakan keyboard laptop lainnya juga bisa disebabkan oleh karet yang ada di bawah tombol keyboard mengalami kerusakan. Biasanya hal ini terjadi karena Anda terlalu banyak dan sering menggunakan keyboard laptop secara tak wajar. Bisa juga kerusakan pada karet keyboard diakibatkan oleh pengaruh usia dari laptop Anda. Hal tersebut karena seiring waktu, bagian karet yang ada di balik tombol keyboard laptop menjadi getas dan semakin lama akan semakin menipis. Jika sudah begitu, keyboard laptop nanitnya tidak bisa ditekan dengan optimal seperti biasanya.

Untuk mengatasi hal tersebut, maka Anda dapat mengganti tombol keyboard tersebut dengan yang baru dan asli dari produsen laptopnya. Namun, biasanya Anda mau tak mau harus mengganti keyboard laptop Anda dengan yang baru. Sehingga keyboard laptop anda bisa digunakan lagi seperti biasanya. Anda juga bisa menggunakan keyboard eksternal yang dihubungkan ke port USB atau yang dikoneksikan secara wireless. Tujuannya untuk mengurangi penggunaan keyboard internal pada laptop Anda.

7. Laptop terjatuh

Kenapa keyboard laptop error, padahal saya sudah merawat laptop saya dengan baik? Mungkin, laptop Anda pernah terjatuh ke lantai atau benda keras lainnya.


Iya, laptop yang terjatuh memang menjadi salah satu bencana yang sangat besar, karena bisa mempengaruhi semua komponen hardware dan sistem yang ada di dalam laptop. Mulai dari harddisk, RAM, prosesor, sampai keyboard. Jika keyboard laptop Anda mengalami masalah dan rusak, bisa saja hal tersebut diakibatkan laptop anda sebelumnya sudah pernah terjatuh. Saat laptop Anda jatuh, mungkin saja keyboard laptop Anda mengalami masalah, mulai dari port atau ada socket yang lepas dan kendor, ada tombol yang tidak berfungsi, hingga keyboard yang retak dan mengalami rusak.

Jika sudah begitu, Anda harus mengecek laptop Anda secara keseluruhan. Bisa saja, tak hanya keyboard saja yang mengalami masalah. Syukur-syukur jika hanya keyboard saja yang bermasalah. Jadi, Anda bisa menggantinya dengan yang baru.

Sekian artikel kami kali ini untuk menjawab pertanyaan kenapa keyboard laptop error? Semoga artikel kami kali ini bisa menambah informasi Anda untuk merawat laptop dengan baik.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Keyboard