10 Cara Mematikan Laptop Dengan Keyboard Termudah Diterapkan

Komputer atau laptop dilengkapi komponen untuk menggerakkan kursor, yaitu mouse. Pemakaian mouse memang sangat penting dalam menggunakan PC maupun laptop. Segala aktivitas apapun dalam komputer bisa dengan mudah dikontrol dengan mouse. Tahukah anda, ternyata ada cara mematikan laptop dengan keyboard tanpa menggunakan mouse.

ads

Mematikan laptop dengan langsung menekan tombol power adalah tindakan yang salah. Banyak resiko yang akan terjadi jika anda mematikan laptop dengan cara ini. Alih-alih memiliki laptop yang awet, anda justru akan merusaknya. Mematikan laptop dengan menekan tombol power bisa berakibat kerusakan pada komponen laptop, seperti motherboard maupun softwarenya.

Cara mematikan laptop dengan wajar adalah menggunakan mouse, dengan menekan bottom start pada monitor anda, kemudian mencari ‘shut down’ dan mengkliknya. Namun jika anda seorang yang biasa bekerja dengan laptop maupun PC, tentu punya banyak cara mematikan laptop dengan keyboard. Tanpa mouse, bisa jadi pekerjaan mematikan laptop menjadi lebih ringkas.

Selain itu, cara ini bisa dilakukan jika tiba-tiba mouse anda macet atau rusak. Jika anda belum mengetahui cara mematikan laptop dengan keyboard, bisa dipastikan anda menekan tombol power lama agar laptop anda mati. Cara seperti ini bisa merusak komponen laptop anda dan menyebabkannya tidak berumur panjang. Selain memencet tombol power, mencabut baterai laptop juga termasuk cara yang cepat untuk mematikan laptop. Tapi cara seperti ini dapat mengakibatkan eror pada sistem windows laptop, bahkan rusak pada hardwarenya.

Keuntungan mematikan laptop dengan keyboard :

  • Tidak ribet. Mematikan laptop dengan keyboard mempersingkat waktu anda untuk mengklik ini itu. Untuk yang sudah sangat mengerti, bahkan bisa mengerjakannya hanya dengan sekali tekan, sangat singkat.
  • Sebagai solusi jika mouse macet atau rusak. Ada kalanya mouse mengalami kemacetan atau hang. Cara mematikan laptop dengan keyboard menjadi solusinya.

Kali ini akan kami menguraikan cara mematikan laptop dengan keyboard. Cara ini bisa anda pakai pada berbagai merk laptop seperti Asus, Toshiba, Acer, Lenovo, HP, Dell, dan sebagainya. Anda tidak perlu khawatir, karena cara ini aman untuk diterapkan pada laptop anda. Untuk orang yang biasa bergelut di bidang komputer, mungkin cara ini sudah menjadi kebiasaan.

  • Cara Pertama :

Cara mematikan laptop dengan keyboard cara pertama cukup mudah. Tekan ALT+F4 bersamaan, maka laptop anda akan shut down dengan sendirinya. Caranya adalah, tekan tombol ALT, sesaat kemudian tekan F4. Lalu akan muncul pilihan untuk shut down, maka pilihlah shut down. Terakhir adalah tekan ENTER, maka laptop anda akan mati dengan sendirinya.

  • Cara Kedua :

Cara yang kedua ini lebih singkat daripada cara yang pertama. Anda cukup menekan CTRL+ALT+DEL, kemudian akan muncul pilihan pada pojok kanan bawah. Pilihkan shut down, maka laptop anda akan mati. Cara ini sebenarnya sering dilakukan jika laptop anda mengalami hang atau macet pada aplikasi tertentu. Agar lancar kembali, aplikasi bisa dikurangi dengan cara ini. Jika anda menginginkan laptop agar mati, maka anda bisa memilih shut down.


  • Cara Ketiga :

Cara mematikan laptop dengan keyboard yang ketiga ini adalah cara yang paling umum. Caranya adalah tekan tombol windows pada keyboard anda. Kemudian pilih shut down dengan menaik turunkan tombol panah keyboard anda. Cara ini jelas berhasil mematikan laptop dengan normal

  • Cara Keempat :

Cara keempat ini digunakan untuk laptop yang beroperasi pada Windows XP. Pertama adalah tekanlah tombol windows pada keyboard anda. Lalu ketiklah U dan U. Maka perlahan tapi pasti, laptop anda akan shuting down dengan sendirinya.

Itulah beberapa cara mematikan laptop dengan keyboard. Ini bisa menjadi alternatif untuk anda yang mengurangi ribet anda. Selain itu, ini bisa menjadi solusi jika laptop mengalami macet atau hang. Untuk anda yang biasa bekerja dengan laptop dengan mobilitas tinggi, mematikan laptop dengan keyboard akan sangat membantu pekerjaan anda. Misalnya anda harus selalu berpindah tempat, maka laptop anda harus standby.

Sebelum anda melakukan cara-cara di atas, ada baiknya anda perhatikan dulu hal-hal tertentu sebelumnya. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam mematikan laptop menggunakan keyboard adalah :

  1. Pastikan seluruh aplikasi laptop anda sudah dalam keadaaan menutup atau close. Anda memiliki resiko kehilangan data pekerjaan anda pada aplikasi-aplikasi tersebut jika memaksakan ‘force shut down’ pada saat mematikan laptop.
  2. Jangan meninggalkan flashdisk, USB atau apapun ada di laptop sebelum dimatikan. Termasuk mengeluarkan CD jika masih ada di ROM CD laptop.
  3. Jika sebelumnya anda menggunakan internet, disarankan untuk membersihkan riwayat atau cache aktivitas anda. Ini tidak akan menghapus file, hanya membersihkan jejak-jejaknya saja. Cache yang menumpuk membuat laptop kelamaan menjadi lemot. Maka dari itu anda harus tahu cara menghapus cache anda.
  4. Usahakan jangan mematikan laptop dengan menekan tombol power. Jika sering terjadi, laptop anda bisa mengalami kerusakan yang fatal.
  5. Saat sedang loading untuk shuting down, bersabarlah. Jangan paksa menutup laptop anda jika proses shuting down belum selesai. Jika anda melanggar hal ini, laptop anda tidak akan shuting down dengan sempurna. Bisa jadi laptop anda hanya akan berada dalam mode sleep. Maka dari itu pastikan laptop anda benar-benar sudah mati, kemudian bisa ditutup.

  6. Selain membersihkan riwayat internet, anda juga disarankan untuk membersihkan cache pada laptop anda melalui registry. Fungsi registry adalah menyimpan cache segala aktivitas dengan laptop anda. Cache ini lama-lama akan menjadi berukuran besar jika tidak sering dibersihkan. Banyak cache pada setiap spesifikasi laptop bisa saja berbeda. Laptop pada jaman dahulu dengan mudah membuat cache, dan tidak bisa dimodifikasi
  7. Setelah laptop mati, segera simpan di tempat yang aman. Tugas wajib anda adalah meneliti kalau ada barang yang terselip ke laptop saat anda menutupnya. Ada beberapa kasus LCD laptop pecah karena ketelodoran. Misalnya saja masih ada barang yang terselip ke laptop.

Pada dasarnya cara mematikan laptop dengan keyboard merupakan jalan pintas yang bisa diterapkan semua orang. Dan itu merupakan suatu kemudahan. Tetapi disarankan untuk mematikan laptop tetap pada caranya sebelumnya. Mematikan laptop dengan keyboard bisa menjadi referensi anda ketika lelah dan tidak ingin ribet serta lebih singkat waktunya.

Dengan memperhatikan hal-hal tersebut di atas sebelum mematikan laptop, laptop anda akan terjaga keawetannya. Jangan karena kebiasaan buruk anda yang tidak bersabar dalam mematikan laptop bisa menjadikan kerusakan pada laptop anda. Hanya pada saat-saat tertentu saja anda boleh menekan tombol power lama untuk mematikan laptop. Yaitu pada saat laptop hang.

Itulah 4 cara mematikan laptop dengan keyboard yang dapat kami ulas. Belajar teknologi tidak akan pernah ada habisnya. Karena teknologi selalu berkembang. Mengetahui hal-hal dasar dari suatu device adalah keharusan. Pastikan anda menggunakan semua gadget anda dengan hati-hati.

, ,
Oleh :
Kategori : Keyboard