6 Macam Macam Email Client: Fungsi Dan Penggunaannya

Email atau yang lebih dikenal dengan istilah electronic mail (surat elektronik) adalah sebuah sarana fasilitas komunikasi di internet yang digunakan untuk mengirimkan pesan elektronik ke alamat tujuannya yang tidak terbatas oleh ruang dan waktu. Untuk membuat email sendiri tidaklah sulit dan sangat mudah untuk dilakukan. Cara membuat email baru dapat dilakukan oleh siapa saja yang memiliki akses internet.

ads

Akan tetapi dengan tersedianya berbagai macam jenis email client yang ada, seringkali membuat pengguna awam menjadi kesulitan untuk memilih jenis email client yang sesuai kebutuhan mereka. Dengan keberadaan berbagai macam email client yang memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri, tentu memilih jenis email client yang paling sesuai kebutuhan adalah hal diinginkan banyak orang.

Fungsi dan Penggunaan Email Client

Untuk dapat menggunakan email pengguna internet haruslah memiliki email client. Email client merupakan software atau aplikasi yang digunakan untuk mengakses dan juga mengelola email yang dimiliki oleh pengguna tersebut. Email secara keseluruhan terdiri dari macam – macam jenis.

  • Email Berbasis Pop Mail

Email berbasis SMTP/ Pop Mail adalah email yang menggunakan server SMTP/ POP (Simple Mail Transfer Protocol/ Post Office Protocol). Pengguna yang menggunakan email berbasis POP Mail harus menggunakan software email client yang digunakan untuk membaca dan mengirimkan email dari dan ke server SPMTP/POP untuk dapat mengelola email yang mereka miliki. Dalam email berbasis POP mail terdapat juga istilah POP 3. Protocol atau jaringan yang digunakan untuk mengambil surat elektronik atau email dari server email ke dalam device atau client email yang dimiliki penggunanya merupakan pengertian POP 3.

  • Email berbasis Web

Email berbasis Web tentunya lebih mudah dan gratis. Pengguna yang menggunakan email berbasis web menggunakan jasa layanan web email gratis seperti Yahoo Mail dan Gmail. Dengan menggunakan email berbasis web anda bisa mengecek email dari mana saja dan dengan menggunakan browser apa saja.

  • Email Forwarding

Email Forwarding merupakan layanan email yang akan membantu meneruskan email yang telah diterima pada server layanan ini ke alamat email yang lainnya. Email jenis ini akan sangat membantu apabila anda ingin mengirimkan email dari alamat yang berbeda-beda dalam satu alamat resmi. Contoh umum dari penggunaan alamat email ini adalah alamat email perusahaan. Dengan memahami karakter dari masing – masing jenis email yang sudah disebutkan di atas setidaknya kita akan memahami kelebihan dan kekurangan email secara umum

Macam  macam email client

Pada pembahasan berikut kita akan membahas mengenai macam – macam email client yang umum digunakan. Email yang berbasis Desktop (POP Mail) dan juga email berbasis web merupakan dua jenis email yang umum digunakan bagi pengguna email.

Email yang berbasis Dekstop (POP Mail)

  • Outlook

Outlook merupakan salah satu email client yang dikembangkan oleh Microsoft. Outlook telah ada sejak tahun 1990-an dan saat ini merupakan bagian dari Microsoft Office Suite dan sering diasosiasikan dengan lingkungan bisnis bagi para penggunanya. Integrasinya dengan Windows Desktop Search memberikan anda kemampuan untuk mencari dengan lebih mudah  dan mengatur semua hal mulai dari email hingga penjadwalan pada kalender yang ada pada komputer Windows yang anda gunakan.


  • Apple Mail

Aplikasi Apple Mail atau juga yang sering dikenal sebagai Mail App atau Mail, merupakan sebuah kelanjutan dari aplikasi yang dikembangkan oleh Apple. Seperti integrasi yang ada diantara Windows Desktop Search dan Outlook, Mail juga memiliki integrasi dengan Spotlight yang dapat membantu anda mengatur email yang masuk pada perangkat Mac anda.

  • Thunderbird

Thunderbird merupakan sebuah aplikasi open-source yang dikembangkan oleh Mozilla, yang juga merupakan pengembang browser open source yang banyak digunakan oleh banyak orang yakni Mozilla Firefox. Thunderbird merupakan aplikasi email client yang memiliki struktur yang solid dan yang mendukung sistem coding yang tidak jauh berbeda dengan browser Firefox.

Email berbasis Web

  • Gmail

Google memang terkenal dengan banyak fitur – fitur aplikasi menarik yang ditawarkannya. Salah satunya yang tidak dapat dipisahkan adalah Gmail yang merupakan email client yang berbasis Web. Tidak hanya anda akan mendapatkan akun email ketika anda mendaftar untuk membuat akun email. Anda juga akan memiliki integrasi terhadap layanan – layanan yang Google lainnya seperti Youtube, Google Drive, dan lain sebagainya.

Banyak fitur yang ada di Gmail bukanlah merupakan sesuatu yang revolusioner, seperti kemampuan untuk memfilter email yang masuk, menandai atau memberikan label kepada email yang ada. Fitur – fitur ini dapat ditemukan pada berbagai jenis email client lainnya. Meskipun demikian yang membuat fiturnya menjadi menarik adalah karena implementasinya yang sangat mudah sehingga tidak banyak orang yang mengalami kesulitan ketika menggunakan email client ini. Hal ini merupakan salah satu hal yang paling menarik yang membuat Gmail telah banyak digunakan oleh pengguna email.

Sebagai email client yang telah banyak digunakan oleh penggunanya. Gmail juga akan mempermudah anda untuk membantu apabila anda melupakan kata sandi yang pernah anda miliki pada email ini. Jika anda memiliki akun Google yang anda lupa kata sandinya nantinya anda dapat memulihkannya dengan melakukan cara memulihkan akun Google yang lupa kata sandi.


  • Yahoo Email Service.

Yahoo merupakan perintis layanan email gratis yang telah ada sejak tahun 90-an. Yahoo Email Services merupakan salah satu layanan penyedia email yang sempat menyaingi Gmail pada beberapa tahun yang lalu. Selain menyediakan email services, saat ini Yahoo juga menyediakan Integrasi dengan layanan penyimpanan cloud, dan penyimpanan foto DropBox dan Flickr.

  • Windows Live Hotmail

Windows Live Hotmail merupakan layanan email yang disediakan oleh Microsoft. Email client jenis ini merupakan bagian dari Windows Essensials suite yang merupakan terdiri dari program seperti Live Mail, Live Writer, Photo Gallery, Movie Maker, dan OneDrive. Kumpulan software ini sempat tersambung, dengan Messenger yang seiring perkembangannya digantikan dengan Skype. Sayangnya software suite ini tidak lagi terupdate sejak 2012.

Meskipun begitu Windows Live Mail 2012 yang pernah ada tidak akan berhenti untuk bekerja, dan anda masih akan tetap bisa menggunakannya sebagai layanan email standar. Akan tetapi semenjak tidak lagi ada dukungan, saat ini Mirosoft telah memindahkan semua layanan email yang dimilikinya dan layanan lainnya seperti Office 365, Hotmail, Live Mail, MSN Mail, Outlook dan layanan lainnya dari Microsoft ke dalam satu sistem layanan yakni Outlook.com.

Dengan memilki akun email ada berbagai macam – macam email client yang ada dapat membuat berbagai hal akun yang ada lebih mudah. Seperti cara mendaftar akun paypal menggunakan Google.

Itu tadi pembahasan mengenai mengenal macam macam email client yang sering digunakan. Sampai jumpa lagi di pembahasan selanjutnya.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Software