6 Cara Update Driver Windows 10 Paling Lengkap

Driver berperan sangat penting dalam menjembatani komunikasi antara perangkat keras dengan sistem operasi, tanpa driver perangkat keras tidak akan dapat berfungsi bahkan tidak di kenali sama sekali oleh sistem operasi, driver bisa menjadi salah satu cara mengatasi printer offline, performa grafis kurang optimal, webcam tidak terdeteksi dan masih banyak lagi.

ads

Sekalipun banyak perangkat keras PnP (Plug and Play) yang secara konsep dapat langsung di kenali dan di gunakan tanpa harus menginstal driver, namun sejatinya driver untuk perangkat keras tersebut telah secara otomatis terinstal pada sistem operasi.

Windows 10 sendiri di lengkapi dengan ‘segudang’ driver built-in yang memudahkan sistem operasi dalam mengenali perangkat keras yang di hubungkan ke komputer sehingga pengguna dapat menggunakan perangkat keras tersebut tanpa harus repot menginstal driver, namun kerap kali driver built-in yang di sediakan dalam paket instalasi Windows 10 telah lawas atau usang sehingga perlu di perbarui untuk mendapatkan kinerja optimal dari perangkat keras tersebut.

1. Cara update driver Windows 10 melalui Windows Update

Windows Update adalah sebuah layanan yang di tawarkan oleh Microsoft untuk memperbarui komponen Windows. Windows Update biasanya mendownload pembaruan melalui koneksi Internet, walaupun Microsoft juga mengijinkan pengguna untuk menginstal pembaruan pada komputer tanpa koneksi internet dan berbagai metode dan alternatif lain untuk menginstal pembaruan.

Windows Update menyediakan berbagai jenis pembaruan seperti pembaruan keamanan dan pembaruan penting lainnya untuk melindungi pengguna dari kerentanan terhadap perangkat lunak perusak (malware) dan eksploitasi keamanan. Pembaruan lainnya dapat memperbaiki kesalahan yang tidak terkait dengan keamanan, atau meningkatkan fungsionalitas seperti pembaruan driver yang akan menjadi fokus kita pada pembahasan kali ini.

Kelebihan dari cara update driver Windows 10 melalui Windows Update adalah, Anda akan mendapatkan ‘patch’ resmi yang di rilis langsung oleh Microsoft sehingga selain update driver Anda juga akan mendapatkan update sistem operasi, Anda juga dapat memandang hal tersebut sebagai kekurangan cara update driver Windows 10 melalui Windows Update karena pembaruan menjadi tidak efisien (maksud hati memperbarui driver saja, namun berbagai fitur lain ikut di perbarui).

Ikuti langkah – langkah berikut untuk memperbarui driver Windows 10 melalui Windows Update:

  • Buka ‘Windows Settings’, bisa dengan kombinasi tombol WinKey + I atau cari dengan keyword ‘settings’ pada Start menu.
  • Klik ‘Update & Security’ -> ‘Windows Update’.
  • Klik tombol ‘Check for updates’.
  • Akan muncul progres ‘Checking for updates…’, tunggu hingga loading selesai.
  • Jika pembaruan di temukan, Anda akan mendapat konfirmasi untuk menginstal update atau jika fitur instal update otomatis di aktifkan, Windows Update akan langsung menginstal update tersebut.
    • Anda akan melihat informasi mengenai update yang sedang di instal, misalnya ‘Security Update for Windows 10 (KB***)’ merupakan pembaruan keamanan.
    • Anda juga akan melihat sejauh mana proses update di lakukan pada persentase ‘Downloading updates’.
  • Setelah selesai, biasanya Anda akan di minta untuk me-restart komputer  untuk menerapkan update.

2. Cara update driver Windows 10 melalui Device Manager

Device Manager adalah applet dari Control Panel pada sistem operasi Microsoft Windows (FYI, applet adalah aplikasi yang sangat kecil, biasanya sebuah program utilitas yang melakukan satu atau beberapa fungsi sederhana). Device Manager memungkinkan pengguna melihat dan mengendalikan perangkat keras yang terpasang pada komputer.

Untuk setiap perangkat keras yang terpasang pada komputer, pengguna dapat:

  • Menginstal driver untuk perangkat keras tersebut (kita akan fokus pada bagian ini).
  • Mengaktifkan atau menonaktifkan perangkat keras
  • Beritahu Windows untuk mengabaikan perangkat keras yang tidak berfungsi
  • Melihat properti teknis lainnya

Ikuti langkah – langkah berikut untuk memperbarui driver Windows 10 melalui Device Manager:

  • Buka ‘Control Panel’ melalui ‘Start menu’ -> ‘Windows System’ -> ‘Control Panel’.
  • Ubah mode ‘View by:’ (lihat kanan – atas) menjadi ‘Large icons’ atau ‘Small icons’ (bila masih ‘Category’).
  • Klik ‘Device Manager’, jendela ‘Device Manager’ akan muncul dan Anda akan melihat daftar perangkat keras yang terpasang pada komputer.
  • Misalnya Anda ingin memperbarui driver VGA, klik ‘Display adapters’ -> ‘Intel(R) HD Graphics Family’ (karena komputer Saya menggunakan VGA Intel, ketahui VGA laptop Anda dengan cara cek VGA laptop yang Anda gunakan).
  • Klik kanan pada ‘Intel(R) HD Graphics Family’ kemudian klik ‘Update driver software…’.
  • Klik ‘Search automatically for updated driver software’ untuk update driver secara otomatis dari Internet.

3. Cara update driver Windows 10 menggunakan perangkat lunak driver updater

Driver updater merupakan perangkat lunak utilitas dengan fungsi utama memindai perangkat keras yang terpasang pada komputer, memindai driver yang terinstal pada sistem operasi (khususnya Windows 10) dan membandingkannya dengan versi driver yang ada pada database yang di milikinya.

Jika driver yang terinstal pada komputer (dengan sistem operasi Windows, khususnya Windows 10) telah usang atau ada versi yang lebih baru, maka perangkat lunak tersebut akan menawarkan untuk mendownload dan menginstal driver yang bersangkutan untuk memperbaruinya.

Berikut ini adalah beberapa perangkat lunak driver updater gratis yang bisa Anda gunakan:

  • Driver Booster (iobit.com/en/driver-booster.php)
  • Free Driver Scout (freedriverscout.com)
  • Driver Talent
  • DriverMax (drivermax.com)
  • DriversCloud (driverscloud.com)
  • DriverIdentifier (driveridentifier.com)
  • Driver Easy (drivereasy.com)
  • Device Doctor (devicedoctor.com)

4. Cara update driver Windows 10 menggunakan perangkat lunak driver pack

Nama ‘driver pack’ banyak di gunakan sebagai nama produk oleh beberapa produsen perangkat lunak, namun Saya menganggap ‘driver pack’ adalah jenis perangkat lunak yang memiliki paket (pack) berisi kumpulan driver, kelebihan penggunaan perangkat lunak ini adalah Anda tidak perlu koneksi Internet tiap kali mengupdate driver, namun konsekuensinya adalah Anda harus mendownload terlebih dahulu file (biasanya ISO) dengan ukuran yang cukup besar.

Berikut ini adalah beberapa perangkat lunak driver pack gratis yang bisa Anda gunakan:

  • DriverPack Solution Offline
  • Snappy Driver Installer (SDI) Full
  • Sam Drivers 15.5
  • Cobra Drivers Pack 2013
  • Easy Driver Pack

Kelima driver pack di atas Saya bahas secara khusus pada pembahasan mengenai software pencari driver otomatis tanpa koneksi Internet, jika Anda tertarik pada metode ini, ada baiknya Anda membaca lebih lanjut pembahasan tersebut.

5. Cara update driver Windows 10 dengan mendownload driver dari situs resmi manufaktur perangkat keras.

Anda bisa mengunjungi situs resmi manufaktur perangkat keras Anda, misalnya untuk mendownload driver VGA ‘Intel(R) HD Graphics Family’ Anda dapat mengunjungi situs web intel.com dan mendownload driver terbaru yang di sediakan sesuai dengan model VGA yang Anda gunakan

Cara ini sangat efisien dalam mendapatkan driver spesifik versi terbaru, namun Anda harus benar-benar mengenal model perangkat keras yang Anda gunakan serta versi (arsitektur) Windows 10 yang Anda gunakan, 32-bit (x86) atau 64-bit (x64), Anda bisa coba berbagai cara mengetahui driver yang belum terinstal di Windows 10, untuk memudahkan membuat list driver yang akan di download.

6. Cara update driver Windows 10 dengan mendownload driver dari situs resmi manufaktur komputer.

Komputer dan laptop bahkan notebook (mini laptop) yang tidak memiliki ODD (optical disk drive) pun biasanya di sertai dengan disc yang berisi driver (untuk notebook tentunya Anda harus tahu cara instal driver tanpa CD), namun tentu saja tidak selengkap dan se-update apabila Anda mendownload-nya dari manufaktur perangkat keras, namun hal tersebut akan sangat merepotkan.

Untuk mengatasi hal tersebut Anda dapat memanfaatkan layanan yang di sediakan oleh manufaktur laptop tersebut dengan mendownload kumpulan driver yang di sediakan khusus untuk laptop yang bersangkutan, misalnya untuk mencari kumpulan driver khusus untuk laptop yang Saya dengan merek Lenovo, Saya cukup mengunjungi situs web pcsupport.lenovo.com dan mengikuti arahan untuk mendownload semua driver yang di butuhkan laptop Lenovo Saya.

Oke, Saya pikir cukup sekian pembahasan mengenai cara update driver Windows 10, sebenarnya cara di atas dapat di implementasikan pada hampir semua Windows mulai dari Windows 7 hingga Windows 8/8.1, walaupun beberapa dapat di implementasikan juga pada Windows XP dan Vista namun dukungannya kurang optimal, walau bagaimanapun tidak ada salahnya di coba, good luck.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Wednesday 29th, November 2017 / 04:28 Oleh :