Home » Ilmu Komputer » Tips & Trick Komputer » 7 Cara Membersihkan Iphone 4 Agar Tidak Lemot

7 Cara Membersihkan Iphone 4 Agar Tidak Lemot

by Elang Hendy Subrata

Iphone 4 merupakan salah satu produk unggulan dari perusahaan komputer terkenal di dunia, Apple di zamannya. Sekitar tahun 2010, smartphone ini pernah berjaya dan bahkan termasuk barang mewah yang sangat diidamkan beberapa orang. Bahkan, ponsel ini termasuk smartphone kelas elit di zamannya.

Namun seiring dengan perkembangan zaman, Iphone 4 sekarang sudah tergantikan dengan generasi-generasi baru. Terkadang Iphone sudha mulai “menua” dengan semakin hari semakin lemot saat digunakan. untuk Anda yang menggunakan Iphone 4 dan merasa kesal dengan lemotnya smartphone ini, ikutilah beberapa Cara Membersihkan Iphone 4 Agar Tidak Lemot.

1. Lakukan Restart

Cara Membersihkan Iphone 4 Agar Tidak Lemot pertama yang bisa Anda lakukan adalah melakukan restart. Proses Restart akan membuat beberapa memori cache dapat dibersihkan. Untuk caranya sendiri Anda bisa menahan tombol power sampai keluar logo Apple. Setelah logonya keluar, Anda akan melihat beberapa pilihan, tekan saja restart. Nantinya iphone akan melakukan restart secara otomatis.

2. Bersihkan cache browsing history

Di dalam Sistem Operasi Ios, kebanyakan terdapat aplikasi bawaan dari Apple. Salah satunya Safari. Safari merupakan browser terbaik dari Apple untuk penggunanya. Meskipun begitu, Safari tidaklah berbeda dengan browser pada umumnya. Setiap kita menggunakan browser safari, maka semakin banyak cache yang menumpuk. Cache ini nantinya akan menjadi sampah data yang membuat kinerja Iphone menjadi lelet.

Maka dari itu, sebaiknya Anda bersihkan cache pada browser Safari. Untuk caranya sendiri, pertama bukalah browser Safari. Setelah itu, pilih menu Setting dan bukalah pengaturan browser Safari. Usap ke bawah sampai menemukan “Clear History and Webiste data”. Jika Anda sudah menemukannya, tekan saja dan secara otomatis Cache browsing history pada browser Safari akan terhapus.

3. Uninstal Aplikasi

Salah satu penyebab Iphone 4 mulai lelet adalah terlalu banyak aplikasi yang diinstal. Sepeti yang telah diketahui bahwa kapasitas memori di Iphone 4 cukup kecil untuk ukuran sekarang yakni 8 GB. Sama halnya dengan barang elektronik lainnya semakinn banyak aplikasi yang diinstal maka semakin lambat smartphonenya karean memori internal yang digunakan semakin sedikit. Maka dari itu, sebaiknya Anda hapus atau uninstal aplikasi yang jarang digunakan. atau aplikasi yang ukurannya sangat besar.

4. Mematikan fitur yang jarang digunakan

Beberapa fitur di dalam Iphone 4 mungkin ada yang berguna untuk keseharian Anda. Akan tetapi, beberapa fitur tersebut ada yang tidak dibutuhkan oleh Anda dan bahkan membuat Iphone menjadi lambat. Untuk itu, jika Anda ingin mematikan fitur yang tidak dibutuhkan, pertama masuklah ke  dalam setting. Setelah itu, usapkan sampai Anda menemukan fitur bernama General Bacground App Refreshes.  Jika sudah, Anda dapat memilih aplikasi mana saja yang ingin dimatikan sehingga tidak muncul pada background.

5. Mematikan asisten pribadi

Sama halnya dengan Android yang memiliki asisten pribadi bernama Google Assist. Pada Iphone juga memiliki asisten pribadi yang bernama Siri. Fitur Siri ini dapat memberikan saran ketika melakukan pencarian dalam IOS. Akan tetapi, penggunaan Siri cukup berat sehingga dapat membuat Iphone menjadi lambat.

Untuk mematikannya, masuklah ke dalam setting lalu masuk ke bagian general. Selanjutnya carilah Spotlight Suggestions lalu pilih Siri Suggestions. Setelah masuk, Anda dapat mematikan fitur ini. Cara lainnya adalah mematikan fitur “Hey Siri”. Untuk caranya sendiri pun hampir sama dengan cara sebelumnya, yakni masuk ke bagian setting lalu pilih General. Di sanalah Anda ilih bagian Siri dan nonaktifkan.

6. Mematikan fitur download Otomatis

Mungkin sebagian orang masih belum sadar bahwa di dalam Iphone 4 terdapat fitur download otomatis. Fitur ini memang sangat berguna untuk Anda yang tidka ingin repot-repot melakukan update secara manual. Akan tetapi, fitur download otomatis ini tidak hanya menyedot kuota Anda secara diam-diam, tetapi juga dapat membbuat memori di dalam Iphone cepat penuh. Untuk mematikannya, masuklah ke dalam setting lalu pilih App and ITunes Stores. Apabila Anda memiliki banyak perangkat yang menggunakan satu ID Apple, maka Anda perlu menonaktifkan Apple ID tersebut.

7. Matikanlah Background App

Mungkin sebagian dari kita tidak menyadari bahwa setiap aplikasi yang berjalan pada Background dapat membebani kinerja pada Iphone 4. Apalagi aktivitas seperti sinkronasi data serta pembaharuan konten pun sering berjalan tanpa kita sadari. Untuk mematikan Background App ini, masuklah ke bagian setting lalu pilih general. Jika sudah, pilih Background App  Refresh lalu matikanlah semua aplikasi yang berjalan sesuai dengan keinginan Anda. Jika sudah, aplikasi yang sudah dimatikan tidak akn berjalan lagi pada background.

Itulah 7 Cara Membersihkan Iphone 4 Agar Tidak Lemot. Anda pun bisa membaca referensi lainnya seperti cara cek IMEI Iphone, cara menghapus virus Iphone, dan juga fitur tersembunyi IOS 10 yang jarang diketahui.  Semoga bisa memberikan banyak manfaat pada semua.

You may also like