8 Cara Menghapus Virus di iPhone Paling Mudah

Kebanyakan orang berpikir bahwa gadget Apple memiliki sistem operasi yang cukup tahan terhadap serangan infeksi virus ataupun malware lainnya. Akan tetapi sayangnya hal tersebut tidaklah sepenuhnya benar dan juga tidak sepenuhnya salah. Dalam beberapa tahun terakhir hacker ataupun pembuat virus sudah mulai mengalihkan perhatiannya kepada sistem operasi ini sebagai target tujuan selanjutnya. Kebanyakan permasalahan malware tersebut biasanya disebabkan oleh tindakan penggunanya yang berusaha untuk mendapatkan kontrol lebih terhadap gadget mereka melalui jailbreak.

ads

Siapapun yang pernah menggunakan gadget Apple pasti telah mengetahui bahwa Apple memiliki sistem operasi yang memiliki lingkungan yang cukup aman dalam hardware Apple. Ini berarti hanya aplikasi – aplikasi ataupun software yang telah disetujui oleh vendor Apple yang tersedia dari App Store saja yang bisa anda install pada gadget iPhone. Akan tetapi ini tidak akan berlaku apabila smartphone anda merupakan jenis iPhone yang telah mengalami proses jailbreak. Jika anda melakukan hal tersebut anda akan beresiko untuk menghadapi baik itu bahaya virus komputer atau virus iPhone.

Apa Itu Jailbreak?

Secara singkat jailbreak merupakan suatu tindakan yang memungkinkan smartphone atau dalam hal ini iPhone untuk melakukan pengaturan – pengaturan yang sebelumnya tidak dapat dilakukan. Hal ini nantinya akan membuat anda memiliki akses penuh terhadap HP iPhone anda.

Akan tetapi perlu diketahui bahwa proses jailbreak pada HP iphone sebenarnya memberikan lebih banyak dampak negatif bila dibandingkan dampak positif. Jailbreak akan membuat HP anda menjadi rawan terhadap virus komputer ataupun malware lainnya. Gadget iPhone yang telah mengalami jailbreak sangatlah rentan terhadap infeksi virus ataupun malware – malware lainnya yang dapat merugikan pengguna iPhone. Infeksi virus ini dapat mengakibatkan pencurian data, perubahan pengaturan pada iPhone dan bahkan pencurian data pribadi di iPhone oleh para hacker.

Berita baiknya, virus iPhone sangatlah jarang ditemukan pada penggunaan gadget pada umumnya. Sangatlah sulit untuk iPhone ataupun gadget lainnya yang memiliki sistem operasi iOS untuk terinfeksi oleh virus dikarenakan tingkat keamanan yang telah dibuat secara default dari pihak Apple. Sayangnya proses jailbreak yang telah digunakan oleh banyak orang memungkinkan melemahnya tingkat keamanan pada gadget tersebut hal inilah yang dapat memberikan kemungkinan lebih tinggi terhadap infeksi virus.

Virus di iPhone

Dalam iOS, setiap aplikasi yang diinstall akan dibatasi dalam sistem sandbox. Sistem ini akan membuat setiap aplikasi, pengaturannya dan juga data – data yang berhubungan dengan aplikasi tertentu dibatasi pada sebuah lokasi unik yang ada didalam file sistem dan tidak ada aplikasi yang dapat mengakses pengaturan atau data aplikasi lainnya pada iOS. Lebih lanjut lagi, setiap aplikasi yang dijalankan di iOS hanya dapat menjalankan sebuah kunci rantai itemnya sendiri. Jadi tidaklah mudah bagi virus untuk dapat melakukan infeksi pada sistem operasi iOS ini juga berlaku untuk virus yang sekelas virus android paling berbahaya.

Karena setiap aplikasi ataupun program yang ada di iOS itu dikekang oleh sistem sandbox, data yang anda miliki, pengaturannya ataupun hal lainnya juga tidaklah mudah untuk dibaca, ataupun dimodifikasi oleh pihak – pihak yang tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu jika anda tidak menggunakan iPhone yang telah di jailbreak anda tidak perlu khawatir akan bahaya virus tertentu seperti ransomware ataupun melakukan tindakan cara menghilangkan virus ransomware yang dapat merugikan waktu yang anda miliki.


Bagaimana caranya mengetahui apakah iPhone yang anda gunakan telah terinfeksi oleh virus?

Jika gadget anda telah mengalami proses jailbreak anda harus memperhatikan gejala – gejala atau tanda – tanda berikut.

  • Penggunaan data yang tidak terkontrol. Salah satu hal yang akan anda lihat pada gadget iPhone anda yang telah terinfeksi virus adalah peningkatan dalam penggunaan data. Sebuah virus akan dapat sangat mudah untuk mengkonsumsi data kuota internet, oleh karena itu anda haruslah memperhatikan penggunaan kuota data pada HP anda untuk mengetahui apakah hp anda telah terinfeksi virus. Apabila anda melihat ada peningkatan data yang tidak anda ketahui berasal dari mana, maka ada kemungkinan besar gadget anda telah terinfeksi oleh virus.
  • Aplikasi yang mudah crash. Jika gadget anda telah terinfeksi virus maka kemungkinan besar ada beberapa aplikasi yang mulai tidak dapat dapat bekerja dengan normal. Aplikasi – aplikasi tersebut akan mulai crash secara berkelanjutan ketika anda hendak menggunakannya.
  • Munculnya Pop Ups yang mengganggu. Ketika anda sedang browsing online menggunakan browser anda. Jika gadget anda telah terinfeksi oleh virus anda akan melihat pop ads yang mengganggu yang merupakan tanda bahwa gadget anda telah terinfeksi oleh virus. Gejala ini agak mirip dengan ciri – ciri browser kena virus.

Cara Menghapus Virus di iPhone

Jika anda mencurigai bahwa gadget iPad ataupun iPhone yang anda miliki telah terinfeksi oleh malware janganlah panik. Untuk membersihkan virus di iPhone yang anda curigai telah terinfeksi oleh virus ikuti langkah – langkah berikut. Cara ini memiliki tingkat kesulitan yang tidak jauh berbeda dengan cara menghapus virus browser.

  1. Gunakan iCloud untuk membackup semua data dan pengaturan yang ada pada gadget anda.
  2. Pergi ke bagian Settings, kemudian General, lalu ke bagian Reset untuk mengembalikan iPhone anda kembali ke pengaturan awal.
  3. Tap bagian Erase All Content and Settings untuk membersihkan semua apps dan data – data yang ada di HP anda. Karena ini akan membersihkan semua apps dan data – data yang ada di HP anda oleh karena itu penting untuk melakukan backup data – data penting yang anda miliki sebelum memulai proses penghapusan.
  4. Jika sudah selesai Restart Perangkat iPhone anda dan nyalakan kembali HP anda.
  5. Setelah selesai restart iPhone anda dan masuk kembali ke aplikasi iCloud untuk mengembalikan data backup yang sudah anda atur sebelumnya.
  6. Jika dibutuhkan download kembali apps yang anda inginkan dari Apps Store.

  7. Anda juga dapat menyambungkan iPhone atau iPad ke Mac dan gunakan fitur “Restore iPhone/iPad pad abagian iTunes untuk mengembalikan perangkat anda ke pengaturan pabrikan.
  8. Dengan melakukan langkah – langkah diatas HP anda akan dibersihkan dari semua program – program tambahan termasuk malware, yang mungkin saja telah menginfeksi HP anda. Data dan file yang ada miliki seharusnya masih tetap da, meskipun mungkin beberapa pengaturan pada palikasi tertentu telah hilang.

Cara membuat iPhone anda aman dari Infeksi Virus

Memang dengan mengetahui cara menghapus virus di iPhone anda akan merasa sedikit lebih aman. Akan tetapi akan lebih baik lagi apabila anda mengetahui cara mencegah iPhone anda bebas dari infeksi virus. Dengan sedikit pengetahuan tambahan anda akan mencegah iPhone anda bebas dari infeksi virus. Berikut adalah beberapa hal yang harus anda perhatikan untuk membuat iPhone anda terbebas dari infeksi virus.

  • Jangan pernah melakukan jailbreak pada iPhone anda.
  • Selalu jaga pengaturan iPhone anda dalam kondisi yang paling terbaru dengan update terbaru.

Itu tadi pembahasan mengenai bagaimana 8 langkah mudah cara menghapus virus di iPhone. Sampai jumpa lagi di pembahasan selanjutnya.

, , , ,
Oleh :