7 Langkah Mudah Cara Meninggalkan Grup BBM di iPhone

Dalam pembahasan kali ini kita akan membahas mengenai cara meninggalkan grup BBM di iPhone. Akan tetapi sebelum kita melanjutkan ke pembahasan tersebut mari kita kenali kembali apa itu Blackberry Messenger.

ads

Blackberry Messenger atau yang lebih dikenal dengan sebutan BBM merupakan salah satu messenger yang pernah populer beberapa tahun yang lalu. Berkat kemudahan dan juga fiturnya yang tidak bisa ditemukan di jenis HP lainnya pada masa kepopulerannya BBM atau Blackberry Messenger menjadi salah satu aplikasi instant messenger yang sempat digunakan oleh banyak orang. Mulai dari anak muda hingga para pelaku bisnis menggunakan Blackberry Messenger sebagai basis komunikasi harian mereka menggantikan penggunaan SMS yang umum pada masa itu. Selain kemampuannya untuk mengirimkan instant messenger. BBM juga dapat digunakan untuk mengirimkan pesan, gambar dan juga dapat melakukan video telepon termasuk panggilan suara diantar sesama aplikasinya.

Awalnya penggunaan aplikasi BBM hanya dapat digunakan pada sesama aplikasi Blackberry. Akan tetapi hal tersebut hanya berlaku hingga pada tahun 2013 ketika aplikasi BBM telah dirilis untuk versi aplikasi iOS dan sistem Android. Berkat perkembangan jaringan komputer dan telekomunikasi yang semakin membaik semakin banyak orang yang mulai menggunakan instant messenger di seluruh dunia mengalahkan kepopuleran SMS.

Blackberry Messenger sempat menjadi sangat populer pada tahun 2010 ke atas sampai kepopulerannya dikalahkan oleh aplikasi instant messenger lainnya seperti WhatsApp dan lainya pada tahun 2012. Hingga  pada April 2016, mulai banyak orang – orang yang meninggalkan BBM. Ketertinggalan ini banyak diakui oleh pengamat industri smartphone sebagai dampak dari ketidakmampuan dari Blackberry memberikan inovasi yang lebih baik di tengah – tengah perkembangan teknologi smartphone yang semakin pesat.

Keterbatasan penggunaan Blackberry Messenger yang hanya dapat digunakan pada HP Blackberry, dan performa dari HP Blackberry yang dikalahkan oleh HP smartphone seperti Android pada masa itu membuat banyak orang mulai meninggalkan BBM. Meskipun pada tahun 2013 akhirnya BBM telah tersedia di versi Android dan iPhone, banyak yang mengakui bahwa hal tersebut tidaklah banyak memberikan dampak positif mengingat ketertinggalan BBM untuk melakukan inovasi.

Satu – satunya negara dimana pengguna BBM masih menempati peringkat tertinggi adalah Indonesia. Di Indonesia sendiri pengguna BBM hingga beberapa tahun terakhir mencapai jumlah sekitar 87.5 % dari semua pengguna Android yang tersebar di Indonesia. Penggunaan BBM yang sempat populer membuat banyak orang merasakan dampak positif dan negatif internet.

Kelebihan dan Kekurangan BBM

Saat ini pengguna dari Blackberry yang merupakan platform original Blackberry Messenger telah semakin berkurang. Semakin banyak platform gadget digital lainnya yang telah menyaingi Blackberry dalam hal keamanan, manajemen perangkat ataupun fitur – fitur lainnya yang sempat populer di Blackberry. Meskipun pengguna Blackberry semakin berkurang. Pengguna Blackberry Messenger saat ini masih ada di beberapa negara – negara berkembang termasuk di Indonesia. Sama seperti semua aplikasi yang ada, Blackberry Messenger memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan yang sempat membedakan aplikasi ini dengan aplikasi instant messenger lainnya. Berikut merupakan beberapa kelebihan dan kekurangan BBM sebagai aplikasi.

Kelebihan


  • Memiliki enkripsi yang cukup aman dan dapat diandalkan
  • Memiliki fitur panggilan suara, jaringan sosial, dan juga fitur chat yang terintegrasi antara yang satu dengan yang lainnya
  • Penggunaan PIN sebagai identitas akun.
  • UI yang cukup mudah untuk digunakan (meskipun tampilannya sederhana)

Kekurangan

  • Batasan pengiriman file pada ukuran tertentu, sehingga penggunaannya cukup terbatas.
  • Penggunaannya sendiri hanya dibatasi pada pengguna Blackberry, Android dan iPhone.

BBM di iPhone

Sejak tahun 2013 Blackberry Messenger atau BBM telah tersedia untuk versi Android dan juga iPhone. Secara umum tidaklah ada perbedaan yang terlalu significant diantara versi BBM pada smartphone dan versi Blackberry. Perbedaan yang ada umumnya terlihat dari perbedaan pengaturan menu User Interface. Bagi orang yang belum terbiasa menggunakannya mungkin akan mengalami kesulitan untuk memanfaatkan fitur Blackberry Messenger di iPhone. Jika anda menggunakan iPhone mungkin anda akan sedikit bingung karena cara pengaturannya yang agak berbeda dengan sistem operasi yang ada di Blackberry.

Berikut merupakan beberapa hal yang dapat anda lakukan dengan menggunakan Grup BBM yang ada di aplikasi ini.

  • Melakukan chatting dengan teman kelompok yang tidak tercatat dalam kontak di perangkat anda.
  • Membuat topik tertentu untuk memulai percakapan dalam grup.
  • Membuat daftar tugas pada grup BBM
  • Membuat jadwal pengingat pada suatu event atau kegiatan.

Salah satu fitur yang banyak digunakan oleh pengguna Blackberry Messenger adalah fitur obrolan Grup. Meskipun aplikasi ini umumnya  mudah untuk digunakan. Kadang kala ada waktu dimana anda ingin keluar dari suatu grup BBM yang pernah anda ikuti. Grup ini dapat menjadi sebuah cara yang sangat baik untuk mengatur komunikasi dengan orang banyak dan membantu kemudahan dalam berkomunikasi dalam suatu kelompok.

Tapi mungkin anda tidak selamanya ingin bergabung pada suatu kelompok atau grup pesan di BBM. Jika anda ingin keluar dari grup BBM di HP Blackberry atau di Android mungkin hal tersebut tidaklah akan menjadi hal yang sulit akan tetapi jika anda menggunakan BBM di iPhone mungkin anda akan mengalami kesulitan untuk keluar dari hal tersebut.

Ada beberapa alasan yang membuat seseorang keluar dari grup. Berikut beberapa hal tersebut.

  • Grup BBM yang diikuti tidak lagi dibutuhkan.
  • Anggota Grup BBM tidak lagi aktif.
  • Grup BBM yang diikuti cukup mengganggu.

Cara keluar dari Grup BBM di iPhone

Dalam pembahasan berikutnya kita akan membahas cara keluar dari grup BBM di iPhone. Untuk keluar dari grup BBM di iPhone sebenarnya tidaklah sulit hanya ada beberapa langkah – langkah yang perlu anda perhatikan. Berikut merupakan cara meninggalkan grup BBM di iPhone.

  1. Langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah membuka aplikasi BBM pada iPhone yang anda gunakan
  2. Jika anda sudah membuka aplikasi BBM anda akan melihat tab All dan tab Group.
  3. Pilh Tab Group untuk memperlihatkan semua Groups yang pernah anda ikuti.
  4. Selanjutnya pilih grup yang ingin anda keluar dari keanggotaannya.
  5. Pilih menu yang ada di bagian sudut kanan atas layar.
  6. Kemudian pilih Leave Group
  7. Jika diminta konfirmasi Tap Leave untuk mengkonfirmasi bahwa anda benar – benar ingin keluar dari grup tersebut.

Mengingat BBM juga memiliki fitur sosial media maka jika anda salah satu pengguna BBM yang seperti orang kebanyakan maka anda harus memperhatikan dampak positif dan negatif sosial media agar anda bisa memanfaatkan aplikasi ini secara maksimal. Itu tadi pembahasan mengenai cara meninggalkan grup BBM di iPhone. Tidak sulit bukan? Sampai jumpa lagi di pembahasan selanjutnya.

, , ,
Oleh :
Kategori : Software