Cara Membuat Kabel VGA to RCA Sendiri Paling Mudah

Kabel VGA ke RCA merupakan kabel yang dapat menghubungkan TV dengan komputer ataupun laptop. Saat ini perlengkapan kabel VGA to RCA sebenarnya dapat dengan mudah ditemui dan harganya juga cukup terjangkau. Kabel ini dapat membantu cara menghubungkan tv ke proyektor.

ads

Anda juga bisa membuat kabel ini dengan perlengkapan yang mudah didapatkan. Dengan kemampuannya untuk dapat menghubungkan TV dengan proyektor, tentunya ini akan menambah fungsi lcd proyektor.

Berikut merupakan beberapa langkah untuk cara membuat kabel VGA to RCA.

Persiapan

Untuk membuat kabel konverter ini, ada beberapa hal yang perlu disiapkan. Hal yang perlu disiapkan antara lain kabel VGA dan juga plug RCA. Jika memungkinkan sediakan juga sebuah wire cutter dan wire stripper.  Jangan lupa untuk menyiapkan solder untuk menghubungkan plug RCA dengan kabel yang sudah disiapkan. Solder yang ideal untuk menghubungkan kabel tersebut dapat berkisar antara 20 watts hingga 40 watts.

Untuk membuat kabel VGA to RCA nantinya dibutuhkan proses penyambungan antara kabel VGA dengan Jack dari RCA. Jika sudah selesai Jack inilah yang dapat dipasangkan pada sambungan yang ada panel audio video pada panel HDTV atau TV.

Membuat Sambungan Kabel VGA to RCA

  1. Sebelum memulai, pastikan kabel yang akan digunakan tidak sedang tersambung pada perangkat apapun ataupun pada komputer.
  2. Ambil wire clipper dan lepaskan plug VGA pada ujung salah satu kabel VGA yang digunakan.
  3. Gunakan wire stripper untuk mengupas kabel yang akan digunakan. Nantinya dengan terkelupasnya kabel akan memunculkan bagian dalam dari kabel yang terdiri atas kabel warna biru, hijau, dan merah. Yang masing – masingnya juga terselimuti sama seperti kabel bagian luarnya.
  4. Kupas bagian terluar dari masing -masing kaberl berwarna tadi sekitar 3 cm dari ujungnya untuk memperlihatkan bagian kabel tembaganya.
  5. Jika sudah dilakukan siapkan solder yang akan digunakan.
  6. Jangan lupa untuk memanaskan sedikit timah yang hendak digunakan kemudian lap bagian tersebut dengan menggunakan kain untuk membersihkannya.Proses ini akan mempersiapkan timah dan solder yang akan digunakan.
  7. Sambungkan kabel VGA dengan jack RCA dan kemudian lilit agar tidak mudah terlepas. Perlu diingat jika sambungannya tidak terlalu baik nantinya akan kabel ini akan menjadi salah satu penyebab monitor berkedip.
  8. Setelah itu solder menggunakan timah yang sudah disiapkan

Memastikan Sambungan yang tepat

Dalam penyambungan kabel VGA to RCA, ada hal yang perlu diperhatikan berkaitan dengan sambungan yang tepat.

  1. Kabel yang berwarna biru nantinya perlu untuk disambungkan dengan jack yang berwarna biru,
  2. kabel yang berwarna merah nantinya perlu  untuk disambungkan dengan jack yang berwarna merah,
  3. kabel yang berwarna hijau nantinya juga pelru disambungkan dengan jack yang berwarna hijau.
  4. untuk perletakkannya pada jack, juga tidak boleh dilakukan secara sembarang, untuk kabel sinyalnya perlu diletakkan pada bagian tengah jack.
  5. sedangkan yang lainnya berada disampingnya.
  6. jika terdapat kesalahan dalam pembuatan sambungan nantinya dapat menjadi salah satu penyebab monitor no signal detected

Sentuhan Akhir dari Sambungan Kabel VGA to RCA

Untuk bagian akhir dari penyambungan kabel VGA to RCA gunakan selotip atau bahan insulasi yang baik untuk menyelimuti kabel. Ini dilakukan untuk menutup tiap jenis – jenis sambungan yang telah dibuat. Dengan melakukan hal ini, nantinya akan membantu dalam membatasi terjadinya kesalahan-kesalahan mungkin terjadi terhadap sinyal – sinyal kacau yang dapat diakibatkan persentuhan dari kabel – kabel yang telah dibuat.

Jika semuanya telah selesai silahkan pasang kabel yang baru dibuat pada komputer dan tv dengan menghubungkan jack VGA pada bagian port VGA komputer dan jack RCA pada port TV untuk mengetes apakah kabel ini dapat bekerja dengan baik.

Itu tadi pembahasan tentang cara membuat kabel VGA to RCA. Dengan menggunakan kabel VGA to RCA anda membantu menyambungkan TV anda dengan komputer anda. Tapi perlu diingat juga jangan sampai hal ini membuat anda kecanduan didepan laptop terlalu lama mengingat bahaya komputer terhadap mata. Sampai jumpa lagi dipembahasan selanjutnya.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Tuesday 28th, November 2017 / 09:34 Oleh :