5 Penyebab Monitor No Signal Detected

Monitor pada komputer atau PC adalah bagian dari perangkat keras komputer yang menjadi hardware utama pada sebuah jalannya komputer. Fungsi monitor komputer ataupun PC ini adalah sebagai tampilan dari komputer dan perintah-perintah apa saja yang telah dimasukkan sebagai perangkat input dan output komputer yang berjalan semestinya. Namun apa jadinya jika motor yang digunakan sebagai alat untuk melihat perintah masukan dan keluaran tidak dapat menampilkan layar yang semerstinya atau no signal?

ads

Monitor no signal detected bisanya banyak terjadi pada komputer atau PC yang sudah berusia cukup lama, ataupun PC yang benar-benar baru dirakit. Biasanya monitor no signal detected sumber masalahnya adalah dari PC itu sendiri, dimana monitor yang bisa menyala, namun tidak mampu menerima sinyal untuk menampilkan apa yang sedang diproses oleh CPU.

Ada banyak penyebab dari monitor no signal detected. Untuk memastikan penyebabnya, anda harus mengeceknya satu per satu, dan pastikan monitor yang anda berada dalam keadaan normal. Mungkin saja salah satunya adalah penyebab kerusakan harddisk, penyebab kerusakan processor, penyebab kerusakan RAM, atau mungkin penyebab tombol power laptop tidak berfungsi.

Berikut ini adalah beberapa penyebab monitor no signal detected :

  1. Kerusakan pada kabel yang menghubungkan antara monitor dan CPU

Hal pertama yang menyebabkan monitor nog signal detected adalah kerusakan pada kabel yang digunakan untuk menghubungkan antara monitor dan CPU. Kebanyakan, kabel ini berada di bagian belakang PC, sehingga jarang sekali dicek. Kerusakan pada kabel biasanya sering disebabkan oleh gigitan hewan pengerat yang sering masuk ke dalam rumah, seperti tikus dan sebagainya.

Selain disebabkan karena gigitan tikus dan hewan pengerat, biasanya, kerusakan kabel juga seringkali terjadi karena kabel diletakkan pada posisi yang terjepit, tertindih, dan terbelit secara tidak teratur, yang mana hal ini mempercepat umum dan usia pemakaian dari kabel itu sendiri. (baca juga: fungsi port komputer dan jenisnya)

  1. Kerusakan pada port VGA atau HDMI

Selain kerusakan pada kabel, biasanya monitor no signal detected itu sendiri juga disebabkan oleh kerusakan pada port HDMI atau port VGA yang digunakan untuk menghubungkan antara CPU dengan monitor. (baca juga: fungsi VGA card)

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan kerusakan pada port HDMI atau VGA, yaitu :


  • Port yang mengalami korosi, sehingga sinyal tidak dapat ditransmisikan dengan baik
  • Kabel pada port HDMI ataupun VGA putus dan mengalami kerusakan
  1. Kualitas kabel yang jelek

Kualitas kabel juga memiliki peran yang sangat signifikan dalam menyebabkan monitor no signal detected. Banyak kabel yang diproduksi dengan tidak memandang quality control yang baik, sehingga hal ini membuat kualitas dari kabel itu sendiri menjadi sangat buruk dan jelek.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan sebuah kabel VGA atau kabel HDMI memiliki kualitas yang jelek, seperti :

  • Bagian kepala (MALE VGA dan Male HDMI) yang tidak tersambung baik dengan badan kabel, sehingga mudah putus
  • Bagian dalam kabel (tembaga atau Fiber) yang digunakan berkualitas buruk, sehingga tidak mampu mengirimkan sinyal dengan baik
  • Kualitas Male VGA dan juga Male HDMI yang tidak sesuai dengan standar, sehingga tidak mau mengirimkan sinyal, sehingga membuat monitor menjadi no signal detected.

  1. Bagian slot VGA dan RAM yang kotor

Penyebab lainnya dari monitor yang no signal detected adalah kotornya slot RAM komputer atau VGA pada komputer anda. Hal ini akan menyebabkan kinerja dari VGA dan RAM menjadi terhambat, padahal VGA dan juga RAM berfungsi juga untuk menampilkan hasil pemrosesan pada CPU ke dalam layar monitor. Cara paling mudah adalah dengan cara membersihkan slot RAM dan juga VGA di dalam komputer anda.

Apabila setelah dibersihkan, masih juga monitor no signal detected, maka cobalah untuk melakukan replace RAM dan VGA, dengan catatan kondisi monitor dan kualitas kabel semuanya normal dan berfungsi dengan baik.

  1. Motherboard mengalami masalah

Apabila ternyata RAM dan VGA, serta komponen hardware lainnya tidak mengalamai masalah dan kerusakan, maka ada kemungkinan motherboard anda yang mengalami masalah. Motherboard yang bermasalah tidak akan mampu untuk memproses seluruh hardware yang tersambung, sehingga salah satu gejalanya adalah monitor yang no signal detected. (baca juga: penyebab kerusakan pada motherboard)

artikel terkait:

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Tuesday 23rd, February 2016 / 05:36 Oleh :
Kategori : Troubleshooting