Sponsors Link

3 Penyebab Flashdisk Tidak Terbaca dan Cara Mengatasinya

Flash disk (atau Flash Drive) merupakan salah satu bentuk media storage atau media penyimpanan yang saat ini sangat populer dan sudah umum untuk digunakan. Flash disk (yang seharusnya disebut sebagai flash drive) ini memiliki beragam kapasitas, mulai dari hitungan MB hingga hitungan GB. Rata-rata flash disk yang banyak beredar adalah yang memiliki ukuran 4 hingga 8 GB.

ads

Bagi anda yang sering melakukan pengurusan dokumen dalam bentuk digital, seperti word processor, spreadsheet dan sebagainya, maka flash disk ini merupakan salah satu alat yang sangat membantu, karena bentuknya yang kecil sangat praktis dan sangat mudah untuk dibawa kemana saja, dan pastinya tidak memenuhi tempat di dalam tas atau dompet anda.

Flash disk saat ini telah menjadi salah satu perangkat keras komputer yang berfungsi untuk media penyimpanan yang praktis. Akan tetapi, yang namanya produk buatan manusia, maka bisa saja mengalami kerusakan. Salah satu kerusakan atau masalah yang cukup sering terjadi adalah flash disk tidak terbaca. Apa saja yang menyebabkan flash disk atau flash drive ini tidak terbaca?

Berikut ini adalah beberapa penyebab flash disk tidak terbaca dan cara mengatasinya :

  1. Kerusakan pada flashdisk itu sendiri

Hal pertama yang merupakan penyebab flasdisk atau flash drive yang tidak mau terbaca adalah karena adanya kerusakan pada flash drive itu sendiri. Ya, ketika sebuah flash disk atau flash drive ini mengalami kerusakan yang cukup parah, maka secara ototmatis flash disk atau flash drive ini tidak akan terdetect di dalam komputer anda. Perlu diketahui, flash disk yang tidak terbaca akibat kerusakan pada flash disk ini tidak selalu disebabkan oleh virus komputer. (baca juga: bahaya virus komputer)

Faktanya, saat ini flash disk atau flash drive yang beredar di pasaran banyak memilki kualitas yang sangat buruk dan kelasnya adalah KW atau produk abal-abal. Maka dari itu kebanyakan flash drive yang anda beli dengan harga murah lebih berpotensi untuk mengalami kerusakan hardware, secara fisik.

Cara mengatasinya kerusakan pada flash disk atau flash drive

Cara mengatasi kerusakan ini adalah dengan cara mengganti flash disk atau flash drive anda dengan merk dan juga tipe yang berkualitas, dan pastinya original. Apabila flash disk yang anda miliki original, biasanya memilki garansi. Anda dapat melakukan klaim garansi tersebut, selama tidak mengalami cacat fisik pada flash drive anda.


  1. Ada masalah pada driver USB

Penyebab yang kedua adalah munculnya masalah pada driver USB di komputer atau laptop anda. driver USB merupakan software yang diinstall untuk membantu port USB dalam bekerja mendeteksi segala perangkat yang menggunakan USB (Universal Serial Bus).

Mendeteksi kerusakan pada driver Port USB:

Untuk mendeteksi apakan driver USB anda mengalami masalah atau tidak anda bisa melakukan beberapa cara. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mendeteksi dan memastikan bahwa driver usb anda mengalami masalah, yaitu :

  • Colok lebih dari 1 buah perangkat USB pada port yang sama. Apabila semuanya tidak terdeteksi, maka kemungkinan driver USB anda bermasalah. (baca juga: fungsi port pada komputer dan jenisnya)
  • Buka device manager, dengan cara klik kanan pada my computer, kemudian pilih properties, lalu kemudian pilih device manager. Buka drop down pada menu Universal Serial Bus Controller, apabila terdapat tanda seru berwarna kuning, maka itu mengindikasikan ada masalah terhadap driver USB di dalam komputer anda.

Mengatasi driver USB yang bermasalah

Nah, ketika anda sudah berhasil mengidentifikasi adanya masalah pada driver USB anda, ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk memperbaiki dan juga mengatasi masalah ini. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan dengan sangat mudah:


  • Buka kembali device manager seperti pada langkah sebelumnya.
  • Cek bagian USB controller mana yang memilki tanda seru berwarna kuning
  • Ketika sudah menemukan, klik kanan pada driver yang memiliki tanda berwarna kuning tersebut, lalu pilih Disable.
  • Setelah itu, klik kanan lagi, lalu pilih enable.
  • Apabila hal ini belum berhasil, anda bisa melakukan update pada driver USB komputer anda, caranya adalah klik kanan lagi pada bagian USB Controller, kemudian pilih Update.
  • Atau anda bisa juga mendownload secara manual driver USB komputer anda, sesua dengan merk dan juga tipe dari processor ataupun laptop yang anda miliki.
  1. Port USB yang rusak secara fisik

Penyebab berikutnya ketika flash disk atau flash drive ini tidak terbaca adalah karena port USB mengalami kerusakan secara fisik. Ada beberapa hal yang mengindikasikan port USB mengalami kerusakan secara fisik, yaitu :

  • Bagian luar dari port USB komputer atau laptop anda yang sudah berkarat
  • Bagian PCB dari port USB yang sudah rusak solderannya
  • Bagian kabel atau socket internal dari port USB yang kendor, putus ataupun terlepas

Untuk mngatasi ini, tentu saja diperlukan sedikit keahlian dan juga pengalaman dalam membongkar komputer ataupun laptop. Cara terbaik untuk mengatasi hal ini adalah dengan cara mengganti / replace port USB yang mengalami kerusakan tersebut, sehingga port USB yang rusak bisa dipergunakan lagi sebagaimana mestinya.

artikel terkait:

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 23rd, February 2016 / 09:27 Oleh :
Kategori : Troubleshooting