10 Cara menghubungkan TV ke Proyektor Dengan Mudah

Ingin menyambungkan TV anda ke proyektor tapi tidak tahu harus mulai dari mana? Dengan mengetahui cara menyambungkan TV ke proyektor kita dapat menyaksikan program yang ada dalam siaran TV dengan suasana baru. Apalagi di musim-musim  nonton bareng entah itu nonton bareng bola ataupun nonton bareng balap GP.

ads

Dengan menonton melalui proyektor kita dapat nonton bareng bersama banyak orang dan ini akan membuat tontonan kita menjadi semakin seru. Fungsi LCD proyektor sendiri adalah membantu menampilkan proyeksi gambar dari komputer ke suatu bidang seperti layar yang cukup lebar.

Entah itu untuk sebagai alat pembantu dalam suatu meeting, pembelajaran, hingga acara nonton bareng. Proyektor sendiri tidak bisa dilepaskan dalam kehidupan sehari – hari di dunia modern. TV dan proyektor dapat digunakan sebagai perangkat input dan output komputer.

Disini saya ingin berbagi tentang cara menghubungkan TV ke proyektor.  Untuk dapat membuat sambungan ini ada beberapa hal yang anda butuhkan agar bisa menyelesaikan sambungan ini. Mulai dari proyektor yang akan anda gunakan dan jenis – jenis kabel yang akan digunakan nantinya. Berikut merupakan beberapa langkah – langka untuk menghubungkan TV ke proyektor.

  1. Pertama lihat panduan penggunaan dari proyektor yang anda akan gunakan. Hal ini perlu diperhatikan untuk mengetahui bagaimana pengaturan yang tepat untuk penyambungan proyektornya.
  2. Hubungkan kabel yang ada dari jack video out di belakang tv menuju ke jack video in dibelakang bagian proyektor. Tipe koneksi yang ada akan bergantung pada kedua model yang ada pada tv dan proyektor anda. Koneksi yang umum digunakan termasuk RCA, dan HDMI. Fungsi kabel HDMI disini akan membantu untuk input dari sumber TV ke bagian proyektor. Untuk tv keluaran baru seringkali menggunakan kabel HDMI sedangkan untuk TV keluaran lama biasanya menggunakan kabel RCA.
  3. Jenis tipe kabel yang digunakan akan tergantung pada jenis tipe koneksi yang akan anda buat. Anda bisa mencoba untuk menghubungkan Jack “Video Out” RCA pada bagian belakang TV menuju ke bagian jack “Video in” pada belakang proyektor. Kebanyakan proyektor baru telah menyertakan koneksi kabel RCA.
  4. Nyalakan TV anda.
  5. Kemudian tentukan setting TV anda dengan menggunakan remot atau kontrol yang ada pada TV. Cari pengaturan yang menunjukkan “Enable Video Out” atau “Auxiliary Video Out” dan atur pengaturan tersebut menjadi “On”
  6. Nyalakan Proyektor anda.
  7. Setelah itu tekan “Menu” atau tombol “Setting” pada proyektor untuk mengakses menu setting yang ada. Ganti  “Input Source” kepada jack yang sesuai dengan proyektor yang tepat dimana anda bisa menghubungkan video dengan proyektor. Jika ada permasalahan coba perhatikan gejala – gejala penyebab monitor no signal detected. Permasalahan itu merupakan salah satu permasalahan yang kadang muncul pada proyektor.
  8. Apabila belum terdeteksi , silahkan coba untuk tekan tombol source pada proyektor. Tunggu sampai proyektornya menemukan av port.
  9. Jika sudah nantinya tayangan yang dalam TV akan muncul dalam proyeksi dari proyektornya.
  10. Siapkan tempat yang nyaman dan anda bisa menyaksikan tayangan yang anda inginkan pada proyektor anda. Untuk dapat memberikan suasana yang lebih asik anda dapat mencoba untuk mengurangi cahaya disekitar anda.

Pada langkah – langkah yang disebutkan tidak ada penggunaan komputer dalam penyambungan tv ke layar proyektor. Kadang di layar proyektor akan muncul “computer no signal”. Anda tidak perlu memperhatikan hal itu. Jadi anda tidak perlu memperhatikan cara mengatasi komputer no signal pada layar proyektor. Itu tadi cara menghubungkan TV ke proyektor. Sampai jumpa lagi di pembahasan selanjutnya.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Friday 24th, November 2017 / 09:36 Oleh :