Home » Ilmu Komputer » Tips & Trick Komputer » 5 Tips Membeli Komputer Baru agar Tidak Tertipu

5 Tips Membeli Komputer Baru agar Tidak Tertipu

by Elang Hendy Subrata

Membeli komputer baru itu mudah-mudah susah. Mudah jika Anda memiliki anggaran yang tidak terbatas. Sedangkan bagi orang yang anggarannya tidak terlalu besar, membeli komputer barus haruslah jeli. Jika sampai salah beli bukan hanya kualitasnya yang kurang namun anggaran yang dikeluarkan pun akan menjadi sia-sia. Maka dari itu, sebelum Anda membeli komputer baru, ada baiknya simak dulu Tips Membeli Komputer Baru berikut ini agar Anda tidak menyesal membelinya.

1. Sesuaikan dengan kebutuhan

Tips Membeli Komputer Baru pertama yang perlu Anda perhatikan adalah sesuaikan dengan kebutuhan Anda nantinya. Perlu dipertanyakan tujuan Anda membeli komputer baru itu untuk apa. Jika digunakan untuk keperluan kantor, maka belilah komputer yang memiliki spesifikasi bawah ke menengah. Jika membutuhkan komputer untuk bermain game, dan melakukan pekerjaan berat lainnya, maka kamu perlu spesifikasi menengah ke atas.

2. Perhatikan spseifikasi penting dalam komputer

Meskipun semua komponen-komponen komputer penting, namun ada beberapa komponen yang sangat menentukan performa sebuah komputer. Beberapa komponen tersebut meliputi Processor, RAM komputer, Harddisk, dan Video Card.

Processor tentu merupakan otak dari komputer tersebut. Maka dari itu jika Anda memiliki anggaran yang besar, gunakanlah jenis processor yang terbaru. Begitu juga dengan kapasitas RAM yang digunakan. umumnya RAM berkapasitas 2GB sudah cukup memenuhi kebutuhan Anda dalam menggunakan komputer. Sedangkan Harddisk di zaman sekarang 500GB sudah cukup memenuhi kebutuhan Anda dalam menyimpan data-data penting dan menjalankan aplikasi-aplikasi umum. Sedangkan Video Card bisa Anda gunakan tapi juga bisa Anda abaikan. Sebab, video card hanya menentukan program yang behubungan dengan grafis. Jika Anda tidak begitu fokus pada bagian tersebut, Anda bisa mengabaikannya.

Namun dari empat komponen tersebut, semuanya sangat tergantung pada kebutuhan Anda nantinya.

3. Perhatikan perangkat pendukung lainnya

Untuk penggunaan komputer standar, Anda hanya perlu perangkat keras komputer yang pentingnya saja. Perangkat tersebut meliputi monitor, mouse, keyboard, dan sistem jaringan komputer. Perangkat tambahan lainnya Anda bisa menambahkan printer, sound system, CD ROM, dan perangkat lainnya.

Monitor dianggap menjadi barang penting karena tanpa perangkat ini, Anda tidak bisa melihat data-data yang dihasilkan dari CPU. Anda bisa pilih jenis-jenis monitor sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan monitor yang digunakan memiliki kualitas yang baik sehingga dapat digunakan dalam jangka panjang. Kalau Anda menginginkan monitor gaming, Anda bisa lakukan seurvey monitor gaming termahal di dunia saat ini.

Mouse dan keyboard juga merupakan perangkat penting karena fungsi mouse dan keyboard pada komputer adalah sebagai alat untuk memasukan data maupun mengolah data pada komputer. Anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan apakah menggunakan versi kabel atau menggunakan versi wireless.

Sistem jaringan komputer tentunya saat ini menjadi sangat penting. Hal tersebut karena perkembangan jaringan komputer yang sangat maju membuat jaringan internet menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan untuk masyarakat saat ini. sistem jaringan komputer seperti jaringan LAN, MAN, dan WAN perlu ditambahkan. Hal ini akan sangat berguna di kemudian hari.

4. Memilih software bawaan

Saat akan membeli komputer baru, akan ada penawaran tentang sofware maupun aplikasi yang diinginkan. Jika Anda menggunakan Sistem Operasi Windows, maka sudah dipastikan beberapa aplikasi maupun software bawaan Windows akan ikut terinstal. Apabila Anda meminta menginstal aplikasi-aplikasi tertentu, pastikan aplikasi tersebut dapat dijalankan pada sistem yang digunakan. hal tersebut dikarenakan tidak semua software maupun aplikasi dapat kompatibel pada semua sistem operasi.

Beberapa aplikasi penting yang harus ditambahkan adalah Antivirus. Software antivirus wajib diinstal pada komputer untuk menjaga sistem yang ada di dalam komputer. Aplikasi lainnya yang perlu diinstal adalah aplikasi pembersih sampah di dalam sistem. Aplikasi ini akan sangat berguna saat memori Harddisk tiba-tiba penuh dan membuat kinerja komputer menjadi lambat.

5. Garansi

Setiap barang elektronik perlu adanya garansi atau jaminan. Tentunya kita tidak ingin membeli perangkat komputer baru namun mudah rusak dan banyak masalah yang terjadi dalam waktu dekat. Dengan adanya garansi, kita dapat menjamin barang yang kita beli akan diganti dengan barang baru secara gratis tanpa menegluarkan biaya sepeserpun.

Namun, dengan adanya garansi ini bukan berarti kita dapat memperlakukan komputer dengan seenaknya. Sebab, ada peraturan khusus yang menyebutkan garansi dapat dilakukan apabila terjadi kesalahan yang tidak disengaja seperti korsleting listrik, terjatuh, dan beberapa kesalahan yang tidak dilakukan secara sengaja lainnya.

Itulah 5 tips membeli komputer baru agar tidak salah beli. Jika Anda memiliki anggaran yang terbatas, Anda bisa coba membeli laptop bekas namun masih memiliki kualitas yang lebih baik. Cobalah bacalah cara mengetahui spesifikasi laptop yang kamu gunakan dan tips membeli laptop bekas online di beberapa sumber terpercaya.  Semoga artikel ini bisa menjadi referensi terbaik untuk pembaca semua.

You may also like