15 Cara Memperpanjang Umur Baterai Laptop

Umur pakai baterei bisa ditentukan sesuai dengan pola penggunaan laptop itu sendiri. Penggunaan yang tidak wajar atau tidak dengan penanganan yang baik, bisa memperpendek usia pakai baterei laptop itu sendiri. Cara memperbaiki baterai laptop yang cepat habis, diperlukan penggunaan yang wajar, dan penanganan yang baik.

ads

Di artikel kali ini akan dibahas mengenai cara memperpanjang umur baterai laptop. Selamat membaca.

1. Penggunaan wajar
Cara Memperpanjang Umur Baterai Laptop yang pertama adalah dengan menggunakan laptop secara wajar. Batas pemakaian wajar adalah dengan memperhatikan durasi atau jam penggunaan laptop itu sendiri. Baiknya setiap menggunakan laptop untuk pemakaian 2 jam, laptop diistirahatkan untuk menjaga kestabilan suhu dan kerja laptop. Waktu istirahat sendiri bisa cukup 15-20 menit saja. Hal itu menjadikan penggunaan baterai sendiri lebih terkendali.

2. Charge baterai sebelum Benar-benar habis
Langkah ini ditujukan untuk menghindari sel baterai dari kerusakan. Mungkin untuk beberapa kali penggunaan tidak akan terlihat masalahnya. Tetapi untuk jangka waktu yang lama dan frekuensi kebiasaan yang buruk ini, lambat laun dampak atau efek buruk dari hal ini akan terlihat. Dimana baterei lebih cepat drop, dan habis. Waktu charging lebih cepat, tetapi penggunaan lebih singkat.


Lakukanlah charge baterei laptop saat kondisi baterei mencapai paling sedikit 15%, atau paling aman saat berada diangka 20%, untuk menghindari dari umur baterei yang lebih pendek.

3. Gunakan aplikasi yang dibutuhkan saja
Aplikasi yang banyak dapat mengakibatkan konsumsi baterai yang lebih besar, semakin banyak aplikasi yang dijalankan dalam satu waktu, semakin besar pula pemakaian resource yang digunakan. Oleh karena itu, hanya gunakan aplikasi yang dibutuhkan saja, agar menghindari dari konsumsi baterai yang besar, dan juga mempermendek usia baterai.

4. Menghindari overcharge
Hal ini, mungkin tidak begitu masalah bagi laptop saat ini yang pada umumnya sudah menggunakan fitur ptoteksi atau pengaman, namun bila adapter laptop belum memiliki fitur proteksi, maka akan mengakibatkan masalah bila overcharge ini sampai terjadi. Selain itu, perhatikan juga cara merawat charger laptop yang baik. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan pola kebiasaan dalam melakukan proses charging ini.

5. Menggunakan kipas pendingin atau cooling pad
Cara Memperpanjang Umur Baterai Laptop ini, dilakukan dengan penggunaan cooling fan, yang mana dapat menjadikan suhu badan laptop menjadi dingin, terutaka juga batereai laptop. Dengan suhu baterei laptop yang terjaga pada batas kondisi yang aaman, akan menjadikan baterei laptop menjadi lebih awet dan tahan lama, menginat suhu kerja baterei tetap diperhitungkan dalam hal ini.

6. Membersihkan terminal atau pin baterai laptop
Pembersihan terminal atau pin baterai laptop dapat menjadikan proses konduksi atau penyaluran data baterai laptop ke laptop menjadi lebih mudah, hal ini juga diyakini sebagai cara yang baik untuk memperpanjang umur pakai baterai mengingat baterei yang memiliki pin yang bersih, memiliki tingjat konduktivitas listrik atau daya yang baik.

7. Minimalkan kontras layar
Ini sudah menjadi hal yang umum baik di laptop maupun piranti gadget mobile seperti smartphone dan tablet, dimana dengan mengurangi kontras atau intensitas cahaya dari layar, akan menjadikan konsumsi daya batere menjadi lebih rendah, dan tentunya menjadikan umur pakai baterei menjadi lebih awet. Lagipula dengan mengurangi sedikit tingkat intensitas cahaya, akan menjadikan panangan mata Kita menjadi tidak cepat lelah.

8. Non aktifkan yang tidak perlu
WIFI, bluetooth, dan beberapa device penunjang lain yang tidak dibutuhkan, hal ini karena jika WIFI, atau bluetooth di laptop masih belum dinonaktifkan padahal tidak digunakan, tetap akan menggunakan resource daya baterai yang ada. Termasuk tapi tidak terbatas pada penggunaan aplikasi penguat sinyal wifi laptop. Tentu akan lebih baik menonaktifkan fitur tersebut jika tidak digunakan dengan tujuan agar baterai tidak boros, selain itu juga akan menghemat penggunaan baterai dan membuat umur baterai menjadi lebih awet.

9. Matikan wallpaper
Cara Memperpanjang Umur Baterai Laptop berikutnya adalah dengan mematikan wallpaper, dengan warna solid, atau warna hitam lebih baik. Hal ini bertujuan untuk menghemat konsumsi penggunaan layar, meski bisa dibilang secara selisih range daya yang diporsir tidak sebaik saat diterapkan pada gadget smartphone berbasis android. Meski begitu, tidak ada langkah ini dilakukan, agar menjadikan baterai laptop sedikit lebih hemat dari sisi penggunaan daya dan tentunya lebih awet. 


10. Gunakan profil Hemat Daya
Profil hemat daya bisa digunakan dengan tujuan memiliki profile “tweak” terbaik untuk laptop. Jika tidak sedang menggunakan laptop untuk produktivitas yang padat, hal ini bisa dilakukan. Beberapa pengaturan tertentu seperti, aktivasi fitur seperti bluetooth, wifi, kontras layar tentunya, akan disesuikan sesuai dengan profil yang digunakan. Atau jika diinginkan, Kita bisa melakukan pengaturan sendiri dengan membuat profil baru, dan mengatur opsi terbaik dari beberapa opsi tweaking yang disediakan.

11. Menaruh laptop di tempat yang tidak panas
Hal lain yang harus diperhatikan adalah meletakkan baterei atau laptop pada area yang tidak terkena panas atau sinar matahari langsung, bukan hanya sinar matahari langsung sebenarnya, tetapi juga suhu ruangan yang cukup tinggi dapat mengakibatkan kerusakan pada baterai atau sel baterai.

12. Menyesuaikan life cycle baterai dengan waktu charging
Setiap piranti atau hardware PC dan laptop memiliki umur siklus penggunaan atau dalam bahasa teknis biasa disebut life cycle. Life cycle dari setiap piranti atau hardware pc dan laptop memiliki nilai yang berbeda, tergantung jenis hardware, dan kapasitas atau spesifikasi yang diusungnya. Pengecesan saat baterai hampir Benar-benar habis beresiko merusak sel baterai dan mengurangi life cycle baterai. Tetapi pengecesan pada kondisi baterai diatas 40-50% adalah baik untuk kelangsungan baterai dan menjaga penurunan nilai life cycle baterai menjadi lebih konstan.

13. Simpan baterai jika tidak digunakan
Jika baterai tidak digunakan, sebaiknya baterai disimpan kedalam suhu ruangan yang baik dan sejuk, jangan disimpan pada suhu yang kurang baik untuk digunakan sebagai suhu ruangan. Ada beberapa testimonial yang menyatakan sebaiknya disimpan di dalam kulkas yang utama di dalan freezer yang mana hal ini juga diklaim merupakan salah satu cara mengatasi baterai laptop tidak mengisi,  meski begitu, hal ini paling banyak terbukti dilakukan pada baterai laptop yang memang sudah drop atau tekor, dan juga memiliki permukaan yang mengelembung.

14. Melakukan kalibrasi baterai
Hal lain yang bisa dilakukan, adalah dengan melakukan kalibrasi baterai laptop, pada siklus pengisian 40x charging baterai. Artinya dalam setiap pengisian baterai setiap 40x, Kita perlu melakukan kalibrasi baterai. Adapun cara melakukan kalibrasi baterai laptop adalah dengan menggunakan baterai laptop hingga habis,kemudian charge laptop. Adapun alasan untuk melakukan kalibrasi baterai laptop ini adalah, menjaga keakurasian elemen dari bagian dalam baterai.

15. Tidak membongkar baterai Sering-sering
Cara Memperpanjang Umur Baterai Laptop yang terakhir adalah dengan tidak sering melakukan bongkar-pasang baterai laptop jika dirasa tidak begitu bendesak. Melakukan bongkar-pasang baterai secara sering dapat menjadi sebab penurunan kualitas daya tahan baterai. Jadi bisa dikatakan untuk menjaga kualitas baterai tetap baik adalah dengan menghindari terlalu sering melakukan bongkar-pasang baterai laptop.

 

Demikianlah ulasan dari artikel cara memperpanjang umur baterai laptop ini, atau dalam kata lain juga bisa dikatakan sebagai cara menghemat baterai laptop. Semoga artikel yang sudah dituliskan ini dapat memberikan pengetahuan dan wawasan tambahan bagi pembaca dalam hal menambah referensi pengetahuan tentang penanganan baterai laptop yang baik.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Saturday 18th, November 2017 / 22:52 Oleh :
Kategori : Baterai