Home » Hardware » Baterai » 6 Cara Memperbaiki Charger Kodok Tidak Mengisi dan Rusak

6 Cara Memperbaiki Charger Kodok Tidak Mengisi dan Rusak

by Elang Hendy Subrata

Apakah Anda pernah menggunakan charger kodok? Charger yang satu memang tidak berbentuk sama persis dengan kodok. Hanya saja, charger ini disebut kodok karena memiliki bentuk yang besarnya seperti kodok. Jika Anda pengguna ponsel sekitar tahun 2009 awal, biasanya sudah tidak asing lagi dengan charger satu ini.

Sistem kerja charger ini cukup unik karena tidak seperti kabel charger yang biasa digunakan pada ponsel maupun smartphone pada umumnya. Pada cahrger kodok ini, baterai ponsel harus dilepas dan kita pasang kedudukannya pada charger ini. Akan tetapi, terkadang charger ini bisa mengalami kerusakan yang tentunya membuat kita menjadi repot dibuatnya. Jika Anda ingin tahu bagaimana cara memperbaiki charger ini, berikut ulasannya.

Alat dan bahan

Tentunya Anda harus mempersiapkan beberapa alat yang diperlukan sebelum memperbaikinya. Alat-alat tersebut antara lain, obeng berbentuk bunga, dan solder. Cara memperbaikinya bisa Anda simak dibawah ini.

Kabel putus

  1. Hal pertama yang harus dilakukan adalah bongkar terlebih dahulu chasing chargernya menggunakan obeng. Pada umumnya baut pada charger kodok memiliki 4 buah.
  2. Setelah dibongkar, selanjutnya adalah periksa terlebih dahulu apakah ada kabel yang putus atau ada beberapa kotoran yang mengganggu aliran listriknya.
  3. Apabila Anda menemukan kabel yang terputus, maka bisa dipastikan itulah penyebab charger mengalami kerusakan.
  4. Untuk memperbaikinya pun cukup mudah, setelah Anda memiliki alat solder, maka Anda dapat dengan mudah “menyatukan” kabel charger yang putus tadi.
  5. Solder saja pada bagian kabel yang putus saja sampai kabel benar-benar menyatu.
  6. Setelah dilakukan solder, tutup rapat kembali chargernya dan masukan kembali bautnya.
  7. Cobalah kembali melakukan pengecasan. Jika pada saat pengecasan berhasil, maka bisa dikatakan itulah sumber masalahnya.

Kotoran

  1. Pertama bukalah casing charger menggunakan obeng. Untuk bagian in sama halnya dengan poin pertama di atas.
  2. Setelah itu, bukalah beberapa komponen listrik charger dengan hati-hati.
  3. Jika sudah, selanjutnya adalah bersihkan beberapa debu maupun kototan lainnya yang menempel pada komponen listrik charger.
  4. Cara membersihkannya sendiri adalah menggunakan kuas atau sikat yang ujungnya lembut. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi terjadinya kerusakan apabila menggunakan sikat yang kasar.
  5. Pastikan saat melakukan pembersihan dilakukan dengan cara pelan-pelan namun terarah sehingga kotoran pun dapat terangkat.
  6. Setelah beberapa kotorannya sudah tidak menempel pada komponen listriknya, maka selanjutnya adalah pasang kembali seperti semula dan cobalah.
  7. Jika chargernya sudah dapat digunakan kembali, maka permasalahan charger sudah selesai.

Faktor kerusakan charger lainnya

  • Kerusakan komponen listrik

Bisa jadi komponen listrik yang ada di dalam charger kodok mengalami kerusakan yang cukup parah. Kerusakan ini bisa terjadi karena beberapa faktor. pertama adalah terbakar karena perbedaan arus listrik yang diterima, kedua, bisa jadi karena transistor pada bagian regulator AC matic mengalami kerusakan total atau putus.

Jika kerusakan terjadi pada komponen listriknya, maka kita tinggal menggantinya saja dengan komponen listrik yang baru. Umumnya, kita bisa mendapatkannya di berbagai toko peralatan listrik yang berada di daerah masing-masing. Biasanya komponen listrik pada charger kodok selalu ada.

  • Konektor ke stop kontak sudah longgar

Faktor lainnya yang bisa saja memengaruhi terhadap charger kodok ini adalah konektor sudah longgar sehingga tidak ada aliran litrik yang masuk. Hal ini bisa terjadi karena terlalu sering melakukan charger pada colokan yang sama secara terus-menerus. Untuk memperbaiki masalah ini kita harus mengganti konektornya dengan jenis konektor yang baru.

  • Resistor kopel mengalami gosong

Faktor selanjutnya adalah adanya resistor kopel yang mengalami kebakaran. Kebakaran tersebut bisa terjadi karena terlalu lama melakukan pengecasan sehingga membuat banyak komponen yang menerima panas terlalu berlebihan. Untuk bisa mengatasi hal tersebut, caranya adalah dengan mengganti resistor yang gosong dengan resistor yang baru.

  • Terdapat kerusakan pada bagian trafo

Penyebab lainnya adalah kemungkinan terjadinya kerusakan pada bagian trafo regulator. Umumnya, jika dioda penyearah setelah trafo regulator putus, maka charger tersebut tidak dapat digunakan sebagaimana mestinya. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda hanya perlu melakukan pemasangan kembali seperti halnya pada poin kabel putus. Biasanya metode yang dilakukan tidak jauh berbeda.

Itulah beberapa cara memperbaiki charger kodok tidak bisa mengisi dengan mudah. Apabila Anda sudah melakukan semua tindakan dan masih tidak menyala juga, sebaiknya Anda lebih memilih untuk mengganti charger kodok yang lama dengan charger kodok yang baru. Apabila Anda membutuhkan alat suply baterai lain seperti power bank, sebaiknya Anda pelajari tips memilih Power Bank yang bagus dan berkualitas. Pelajari juga cara agar baterai Android awet serta cara memperpanjang usia baterai android sebagai salah satu referensi terpercaya. Semoga bisa memberikan banyak manfaat bagi Anda dan para pembaca lainnya.

You may also like